Taman Sejarah Bandung, Taman Tematik Baru di Balai Kota Bandung

Bandung yang dikenal sebagai kota kreatif memang selalu punya hal baru yang bikin penasaran. Beberapa tahun belakangan ini, Bandung semakin dipercantik dengan dihadirkannya taman-taman kota tematik sebagai ruang terbuka publik. Di setiap peresmiannya, tempat atau taman kota baru di Bandung kerap jadi perbincangan di media sosial. Misalnya, Taman Labirin ketika diresmikan pertengahan tahun lalu. Banyak orang yang dibuat penasaran setelah melihat foto-fotonya yang instagrammable. Baru-baru ini dibuka pula Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas sebagai ruang terbuka untuk penyuka kuliner dan belanja. Bersamaan dengan peresmian Skywalk Cihampelas, tanggal 4 Februari 2017 lalu diresmikan pula taman kota baru, yakni Taman Sejarah Bandung.

Tanggal 15 Februari 2017, saya dan sepupu mengunjungi Taman Sejarah Bandung karena dibuat penasaran dengan taman yang sedang hits satu ini sekalian nonton film di BIP (Bandung Indah Plaza). Taman Sejarah Bandung terletak di kompleks Balai Kota Bandung, dekat Taman Sungai Cikapayang dan Taman Labirin. Mungkin karena bertepatan pula dengan libur nasional pilkada serentak, taman-taman di kawasan Balai Kota dipadati pengunjung.  Banyak muda-mudi yang nampaknya beromantis ria dan latihan dance. Banyak pula anak-anak yang hilir mudik main sepatu roda. Antusiasme masyarakat mengunjungi Taman Sejarah juga tinggi sekali. 

Seperti taman-taman tematik lainnya, Taman Sejarah Bandung dirancang begitu unik dan menarik. Taman ini dulunya merupakan lahan parkir para pegawai Pemkot yang kemudian disulap menjadi taman cantik yang menampilkan catatan sejarah kota Bandung sejak zaman penjajahan Belanda hingga sekarang dengan cara penyampaian yang asyik. Pembangunan Taman Sejarah Bandung sebetulnya satu paket dengan Museum Sejarah Bandung. Sayangnya, museum yang berlokasi di gedung bekas Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung itu belum resmi dibuka.

taman sejarah bandung

Di Taman Sejarah, kita bisa lebih banyak tahu mengenai kepemimpinan Bandung dan kondisi Bandung sebelum jadi kota modern seperti sekarang ini. Terdapat media kaca yang menampilkan gambar para wali kota Bandung, mulai dari masa kepemimpinan Bertus Coops (1928-1934) hingga Ridwan Kamil (2013 sampai sekarang). Tak hanya bagus untuk berfoto, di media kaca tersebut juga dicantumkan informasi ringkas mengenai tokoh yang dipajang.

taman sejarah bandung

Hal lain yang cukup menarik perhatian saya adalah adanya spot dinding yang bertuliskan “SEJARAH BANDUNG DI ERA WIRANATAKUSUMAH”. Area dinding di bawah tulisan tersebut terdapat relief memanjang yang menggambarkan kondisi Bandung masa penjajahan hingga masa kini pasca kemerdekaan. Sebagai bapak pendiri Bandung, nama Raden Adipati Wiranatakusumah memang tak begitu familir di telinga banyak orang karena tak banyak diekspos di buku-buku sejarah. Bahkan, warga Bandung sendiri mungkin tak banyak yang kenal beliau. Oleh karenanya, Taman Sejarah Bandung dihadirkan sebagai salah satu bentuk penghargaan untuk Raden Adipati Wiranatakusumah. Dengan demikian, diharapkan orang Bandung tidak lupa dengan sejarah kotanya.

taman sejarah bandung

Taman Sejarah Bandung juga rupanya dihadirkan sebagai alternatif piknik untuk melepas penat di akhir pekan yang murah meriah karena tidak dipungut untuk masuk ke dalamnya. Di taman seluas 2.000 meter persegi ini terdapat kolam yang tidak terlalu dalam. Walaupun hanya kolam renang kecil, terlihat pada waktu itu banyak anak-anak yang tertawa lepas bermain basah-basahan. Sementara para orangtua mengawasi sambil duduk santai di amphiteater dan kursi-kursi yang disediakan.

Saya dan sepupu tidak berlama-lama di Taman Sejarah karena suasana waktu itu sangat ramai. Untuk berfoto pun susah menemukan spot yang lengang saking banyaknya pengunjung. Perjalanan kami lanjutkan untuk melihat-melihat Taman Labirin dan kemudian berteduh dan rehat sejenak di kursi-kursi yang ada di area Taman Sungai Cikapayang. Tak lama setelah itu, kami jalan kaki menuju BIP untuk membeli tiket bioskop.

Overall, menurut saya, Taman Sejarah ini cocok sekali untuk destinasi piknik bersama anak-anak. Murah meriah dan lokasinya yang di pusat kota mudah dijangkau berbagai angkutan umum, angkot maupun bus DAMRI. Buat Anda yang dari luar Bandung, sesekali datanglah ke kompleks Balai Kota Bandung dan mengeksplor taman-taman di dalamnya, termasuk Taman Sejarah Bandung. Dijamin menyenangkan!