Tempat Ngabuburit Favorit di Kota Bandung

 

Menunggu buka puasa di bulan Ramadhan asiknya sambil beraktivitas, jadi tidak terlalu lapar rasanya. Orang Sunda biasa menyebutnya ngabuburit. Aktivitasnya bisa apa saja, jalan-jalan dengan keluarga atau teman, beribadah, membaca buku, hunting foto, apa saja! Asalkan jangan ngemil, hehehe…

Kalau pilihan Anda adalah ngabuburit dengan jalan-jalan dan menikmati suasana kota Bandung, enaknya di tempat yang punya pemandangan bagus, tapi tidak jauh dengan tempat makanan atau jajanan, supaya bisa langsung menyegerakan buka puasa. Nah, tempat ngabuburit favorit di Bandung dimana saja sih? Ini dia listnya!

1. Jalan Asia Afrika dan Alun-Alun Bandung

Siapa yang tidak tahu, jalan Asia Afrika setelah peringatan KAA ke-60 yang lalu sudah direnovasi dan diperindah sedemikian rupa. Membuat orang-orang Bandung betah untuk menyusuri jalan yang semakin malam semakin indah dengan lampu-lampunya. Asik ngabuburit di Asia Afrika sambil foto di bawah jembatan yang bertuliskan quote Pidi Baiq yang terkenal itu! Duduk-duduk di kursi taman sepanjang Jalan, berfoto ria di prasasti dan batu bertuliskan negara-negara peserta Konferensi Asia-Afrika. Setelah berjalan-jalan, tujuan akhirnya adalah masjid Raya Bandung. Buka puasa dengan ta’jil yang disediakan gratis oleh panitia di masjid, menyantapnya sambil duduk-duduk manis di hamparan rumput hijau sintetis Alun-Alun Bandung, jangan lupa shalat Maghrib!

Asia-Afrika. (news.detik.com)
Asia-Afrika (news[dot]detik[dot]com)

Alun-Alun Mesjid Raya. (merdeka.com)
Alun-Alun Mesjid Raya. (merdeka[dot]com)

2. Alun-Alun Ujung Berung

Tempat favorit untuk ngabuburit di Bandung lainnya adalah Alun-Alun Ujung Berung. Alun-Alun ini baru diresmikan genap setahun di tanggal 15 Juni 2016. Alun-Alun ini sangat cocok untuk tempat keluarga hang out dan pastinya ngabuburit. Anda bisa buka puasa dengan jajan-jajan di depan alun-alun. Sambil menunggu waktu berbuka, anak-anak bisa main ayunan di area permainan, dan Anda bisa menikmati aliran air kolam panjang atau sekadar menikmati ramainya alun-alun. Memang ngabuburit enaknya di tempat ramai, sangat terasa atmosfir bulan kemenangan ini!


Alun-Alun Ujung Berung (beritaplatmerah[dot]com)
Alun-Alun Ujung Berung (beritaplatmerah[dot]com)

3. Cikapundung Riverspot

Nah, yang satu ini juga pasti ramai menjadi pilihan ngabuburit favorit di Bandung. Masih terletak di kawasan Asia-Afrika, Cikapundung Timur dengan aliran sungai aduhainya. Sekarang, untuk menikmatinya ada banyak kursi-kursi merah yang disediakan untuk umum. Di tengahnya juga ada air mancur buatan dan saat malam hari disinari lampu warna-warni nan cantik. Anda bisa membawa makanan untuk berbuka disini, atau sekedar menunggu adzan Maghrib sebelum meluncur ke tempat makan yang sudah di-reserve (jangan sampai tidak reserve untuk buka puasa, atau Anda akan kesulitan cari tempat makan! Ini Bandung bung!)


Air Mancur di Cikapundung Riverspot (sg[dot]netcj[dot]co[dot]id)
Air Mancur di Cikapundung Riverspot (sg[dot]netcj[dot]co[dot]id)

4. Taman Tematik Bandung

Kota Bandung yang kini terkenal dengan berbagai tema taman kotanya. Taman-taman ini patut dicoba untuk tempat ngabuburit di Bandung. Untuk sekedar foto-foto, berWiFi ria menggunakan WiFi Bandung Juara, atau tidak jarang pula ada komunitas-komunitas yang mengadakan acara di taman-taman ini, semoga saja ada ta’jil gratisnya, hehe. Tujuan taman bisa Anda tentukan sesuai tema yang Anda minati tentunya. Tapi, untuk taman Jomblo bukan berarti Anda minat jadi jomblo terus 🙂 Berikut adalah daftar taman tematik Kota Bandung dan alamatnya:

Taman Musik Centrum (citizenmagz[dot]com)
Taman Film (yukpiknik[dot]com)

5. Islamic Center Jawa Barat (PUSDAI)

Pusdai (Pusat Studi Dakwah Islam) yang terletak di Jalan Diponegoro ini juga menjadi tempat favorit untuk ngabuburit di Bandung, bukan bagi warga Bandung saja, tapi juga bagi para pengunjung dari berbagai kota lain. Khususnya untuk Anda yang ingin menambah berkah, menunggu waktu buka puasa dengan membaca Al-Qur’an, mendengarkan dakwah, dan ibadah lainnya, Masjid Pusdai adalah tempat yang cocok.


Masjid Pusdai (skyscrapercity[dot]com)
Masjid Pusdai (skyscrapercity[dot]com)

6. Masjid Salman ITB

Tempat ngabuburit favorit di Bandung selanjutnya adalah Masjid Salman ITB. Terletak di seberang Kampus ITB (Jalan Ganeca), masjid ini cukup luas dan tepat di luarnya, ada banyak sekali jajanan yang bisa Anda beli untuk berbuka puasa. Untuk ta’jil, biasanya akan dibagikan secara gratis oleh panitia masjid. Sambil menunggu bedug Maghrib, ada beberapa pilihan kegiatan untuk Anda. Beribadah di dalam masjid Salman, jalan-jalan menyusuri kampus ITB, atau menunggangi kuda mengelilingi Jalan Ganeca.


salmanitb[dot]com
salmanitb[dot]com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *