Rasakan Keseruan Datang ke Tempat Wisata Anak di Bandung

Kota Bandung semakin berkembang menjadi surganya wisata keluarga. Ada ratusan lokasi wisata yang siap memanjakan ribuan pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Berikut ini tempat wisata anak di Bandung yang selalu ramai dikunjungi.

1. Dago Dream Park

Dago Dream Park
Dago Dream Park. Sumber foto: http://www.destinasibandung.co.id

Permainan di Dago Dream Park
Permainan di Dago Dream Park. Sumber foto: http://www.destinasibandung.co.id

Menunggang kuda di Dago Dream Park
Menunggang kuda di Dago Dream Park. Sumber foto: http://www.destinasibandung.co.id

Dago Dream Park dibangun khusus untuk anak dan keluarga. Temanya Fun in Nature. Di tempat ini, Anda dan keluarga bisa bersenang-senang di alam terbuka. Semua wahana di sini bisa mengedukasi dan melatih fisik. Anak-anak bermain bebas tanpa menyadari mereka sedang berolah raga. Ada area outbond, lintasan bersepeda, otopet, becak mini, kereta choo choo, perahu dayung, sepeda air, flying fox, memancing, berkuda, wisata ternak, dan lain-lain.

Tempat wisata anak di Bandung ini berada di daerah Mekarwangi, tepatnya di Jalan Dago Giri km 2.2. Daerah ini merupakan daerah perbukitan dengan hutan pinus yang masih rindang. Suasananya yang asri ini didukung oleh suhu udara yang dingin dan sejuk. Luas Dago Dream Park mencapai 1 hektar. Tersedia bus wisata yang siap mengantar pengunjung dari area bawah ke atas, dan sebaliknya.

Harga tiket masuk kawasan ditetapkan sebesar Rp 20 ribu per orang. Untuk setiap wahana dikenai tiket dengan harga variatif, mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 40 ribu. Area foodcourt di sini dibuat terbuka dengan konsep food truck. Stand makanan berupa mobil yang kebanyakan VW Combi zaman dulu. Setiap food truck memasang tenda untuk tempat makan pengunjung. Dago Dream Park buka pukul 09.00 – 17.30 WIB.

2. Farm House Lembang

Farmhouse Lembang Bandung
Farmhouse Lembang Bandung. Sumber foto: Urbandung.com

Gift shop house di Farm House Lembang
Gift shop house di Farm House Lembang. Sumber foto: http://mixedupalready.com

Toko-toko di Farmhouse Lembang Bandung
Toko-toko di Farmhouse Lembang Bandung. Sumber foto: Jadiberita.com

Berkunjung ke Farm House Lembang, Anda akan merasa seperti berkunjung ke pedesaan Eropa. Tempat wisata anak di Bandungsatu ini memang mengusung konsep alam dan rumah desa khas Eropa. Jadi, jika ingin merasakan suasana desa Eropa, datanglah ke Farm House ini yang beralamat di Jalan Raya Lembang nomor 108. Tike masuknya seharga Rp 20 ribu per orang. Buka pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Ada apa saja di sini? Ada Rumah Hobbit seperti di Film Lord of The Ring. Rumah hobit di Farm House ini dibuat menyerupai rumah Hobbiton di New Zealand. Rumah mungil ini dibuat tampak seperti berada di dalam bukit karena atapnya dipenuhi tanaman. Kita harus membungkukkan badan saat melewati pintunya. Rumah ini menjadi spot utama pengunjung untuk berfoto dan bervideo.

Ada stand foto bagi pengunjung wanita yang ingin mencoba bergaya ala gadis desa Eropa. Kostum dan peralatannya bisa disewa seharga Rp 50 ribu untuk dikenakan selama 2 jam. Berfoto dengan latar belakang rumah khas Eropa, akan terkesan seperti benar-benar sedang berada di suatu desa di Eropa.

Spot bagus berikutnya adalah taman bunga yang ditata sedemikian rupa mirip dengan taman bunga yang ada Belanda. Ada juga air terjun mini, cafetaria oldies, serta spot gembok cinta ala Jembatan Pont des Arts Perancis. Jangan lewatkan mengunjungi peternakan mini untuk bermain dengan kelinci, iguana, kambing, angsa, burung, dan masih banyak lagi.

3. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung. Sumber foto: http://www.wisatabdg.com

Ragam Wahana di Trans Studio Bandung
Ragam Wahana di Trans Studio Bandung. Sumber foto: http://www.thethemeparkguy.com

Wahana Giant Swing di Trans Studio Bandung
Wahana Giant Swing di Trans Studio Bandung. Sumber foto: meykkesantoso.com

Ingin bermain wahana tanpa takut panas atau hujan? Trans Studio Bandunglah tempatnya. Tempat wisata anak di Bandungini memiliki puluhan wahana keren dalam ruangan yang super luas. Anda dan keluarga bisa bermain, bertualang, dan mengujii nyali. Ada apa saja di sini?

Ada Yamaha Racing Coaster yang meluncur secepat 120 km/jam, Giant Swing yang berputar-putar di ketinggian 18 meter, Dunia Lain yang berisi hantu-hantu terkenal di Bandung, Pulau Liliput, Negeri Raksasa, Racing Cars untuk balapan secepat 40 km/jam, Trans Broadcast Museum, Science Center, Special Effects Action yang mengungkap efek-efek spesial dalam film, bioskop simulator 4D Marvel Superheroes, dan masih banyak lagi.

Trans Studio Bandung terletak di area Bandung Supermall, Jalan Gatot Subroto nomor 289. Buka pukul 10.00 – 19.00 pada hari kerja dengan tiket Rp 180 ribu – Rp 200 ribu, dan 09.00 – 21.00 pada akhir pekan dan hari libur dengan tiket Rp 280 ribu.

4. Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari
Kampung Batu Malakasari. Sumber foto: www.panoramio.com

Kawasan Wisata Edukasi dan Outbound yang sangat sejuk
Kawasan Wisata Edukasi dan Outbound yang sangat sejuk. Sumber foto: http://www.infobdg.com

Kolam Renang Kampung Batu Malakasari
Kolam Renang Kampung Batu Malakasari. Sumber foto: http://tempatwisatadibandung.info

Kampung Batu berada di Jalan Raya Banjaran, Baleendah, Kabupaten Bandung. Tempat yang tepat untuk berwisata sekaligus mengedukasi anak-anak. Ada apa di sini?

Ada Tektona Waterpark yang terdiri dari berbagai jenis kolam renang, seperti kolam anak & balita, kolam arus, kolam ombak, kolam olympic, serta seluncuran Mega Slider. Ada wahana outbond seperti flying fox sepanjang 120 meter yang melintasi danau, jaring laba-laba rumah pohon, jembatan goyang, burma bridge, dan loop bridge. Ada juga penangkaran rusa tutul dan rumah kelinci, memancing di danau, berperahu mengelilingi danau, berternak aneka unggas, berkebun, serta belajar kebudayaan Sunda.

Tiket masuk Kampung Batu Ecopark sebesar Rp 10 ribu untuk dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak dengan tinggi di bawah 80 cm. Tiket terusan berlaku untuk Tektona Waterpark sebesar Rp 50 ribu.

5. Rumah Strawberry Cihideung

Rumah Stroberi di jalan Sersan Bajuri
Rumah Stroberi di jalan Sersan Bajuri. Sumber foto: http://www.liburananak.com

Outbound & Playground di Rumah Stroberi
Outbound & Playground di Rumah Stroberi. Sumber foto: http://www.liburananak.com

Petik Strawberry di Rumah Stroberi
Petik Strawberry di Rumah Stroberi. Sumber foto: http://www.liburananak.com

Tempat wisata anak di Bandung yang menjadi favorit berikutnya adalah Rumah Strawberry Cihideung. Terletak di Jalan Cigugur Girang nomor 145, Parompong, Lembang. Tempat ini merupakan kebun stroberi, rumah makan, dan penginapan yang dilengkapi sarana bermain anak berupa playgorund dan arena outbond.

Di sini, pengunjung bisa memetik stroberi langsung di kebunnya dengan membeli tiket paket seharga Rp 150 ribu. Area makan dibagi menjadi beberapa zona nuansa berbeda, ada yang berupa saung lesehan khas Sunda, oriental khas Tiongkok, ala koboi Amerika, serta klasik oldies. Pemandangan di sekitarnya berupa bukit berundak yang hijau dan asri. Arena playground bisa dimasuki dengan tiket Rp 25 ribu, highrope Rp 50 ribu, flying fox Rp 20 ribu, sedangkan mengendarai ATV seharga Rp 35 ribu.

Jika ingin menginap, tersedia kamar dan villa dengan suasana berbeda, seperti Villa Butik, Rumah Joglo, dan Rumah Swiss. Harga paket menginap mulai Rp 1 juta hingga Rp 2,75 juta per malam.