Pasti Seru Main Bareng Buah Hati ke 10 Tempat Wisata Anak di Jogja Ini!

Liburan sekolah tahun ini bingung ajak anak liburan ke mana? Hmm… bagaimana kalau ke Jogja? Jogja punya banyak destinasi wisata yang menyenangkan yang bisa dinikmati siapa saja. Kalau liburan ke Jogja bersama anak-anak, Anda pun tak akan sulit menemukan tempat wisata yang cocok untuk mereka. Ya, sudah banyak pilihan tempat wisata anak di Jogja yang tak hanya seru untuk anak-anak, tapi juga menyenangkan untuk orangtua. Diantaranya 10 tempat wisata berikut ini:

1. Gembira Loka Zoo

Anak kecil biasanya selalu semangat kalau diajak ke kebun binatang. Kalau di Jogja, ajak saja anak-anak ke Gembira Loka Zoo untuk menyenangkan hati mereka. Alamatnya di Jl. Kebun Raya No.2, Kotagede, Kota Yogyakarta. Anak-anak bisa melihat berbagai binatang, mulai dari ikan, burung, harimau, hingga pinguin. Untuk keliling kebun binatang pun tak perlu takut capek karena adalah transportsi keliling. Ada pula wahana ATV, bumper boat, dan banana boat yang cukup menegangkan. Plus, ada fasilitas free Wi-Fi!

tempat wisata anak di jogja
Foto: gembiralokazoo.com

tempat wisata anak di jogja
Foto: gembiralokazoo.com

2. Taman Pintar Yogyakarta

Sesuai namanya, Taman Pintar Yogyakarta tak cuma menyenangkan untuk rekreasi, tapi juga sarat akan unsur edukasi. Lokasinya cukup dekat dengan Keraton Yogyakarta, tepatnya di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Kota Yogyakarta. Taman ini memiliki macam-macam alat peraga IPTEK yang interaktif. Anda bisa mengajak anak untuk menjelajah aquarium air tawar, belajar kehidupan prasejarah, mengenal zona tata surya beserta benda-benda angkasa, hingga merasakan guncangan gempa melalui simulasi digital.

tempat wisata anak di jogja
Foto: tamanpintar.com

tempat wisata anak di jogja
Foto: IG @lilik_edputra

3. Kids Fun Yogyakarta

Kids Fun Yogyakarta beralamat di Jl. Wonosari KM 10, Kabupaten Sleman. Ada lebih dari 20 wahana seru yang bisa dijajal, antara lain Aquasplash, Magic Castle, Mini Wheel, Zyclon Coaster, Wall Climbing, dan Gokart. Di Aquasplash yang menjadi zona unggulan taman bermain ini, Anda dan keluarga bisa main air sepuasnya. Ada berbagai kolam renang lengkap dengan wahana-wahana khas waterboom. Ada kolam renang khusus untuk toddler juga lho! Saat akhir pekan atau high season, anak-anak juga bisa menyaksikan pertunjukan opera yang menarik dan edukatif. Serunya lagi, ada pula beberapa wahana menantang adrenalin yang dirancang khusus untuk orang dewasa.

tempat wisata anak di jogja
Foto: kidsfun.co.id

tempat wisata anak di jogja
Foto: kidsfun.co.id

4. Jogja Bay Pirates Adventure

Sejak diresmikan pada Desember 2015, Jogja Bay Pirates Adventure kerap ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar Jogja. Taman air bertema bajak laut yang diklaim terbesar dan tercanggih se-Jogja ini beralamat di Jl. Stadion, Maguwoharjo, Kabupaten Sleman. Terdapat berbagai wahana air seru yang bisa dicoba di sana, seperti Memo Racer, Donte Wild River, Bekti Adventure, Volcano Coaster, dan South Beach. Para orangtua juga tidak akan bosan karena ada juga fasilitas spa, restoran, dan toko merchandise yang menjual aneka suvenir bertema bajak laut. Plus, ada mercusuar dengan tangga di dalamnya yang bisa dinaiki pengunjung untuk melihat pemandangan sekitar menggunakan teleskop dari ketinggian 25 meter.

tempat wisata anak di jogja
Foto: jogjabay.com

tempat wisata anak di jogja
Foto: jogjabay.com

5. Sindu Kusuma Edupark

Satu lagi taman rekreasi di Jogja yang juga menarik untuk dikunjungi ketika liburan bersama anak-anak, yaitu Sindu Kusuma Edupark. Ada banyak opsi wahana yang bisa dinikmati Anda maupun si kecil di taman yang beralamat di Jl. Jambon, Sinduadi, Kabupaten Sleman ini. Mulai dari keliling taman naik kereta, jelajah Dino Park, uji nyali di rumah hantu, naik komidi putar dan biang lala, hingga nonton film 8 dimensi, semuanya seru untuk dicoba!

tempat wisata di jogja
Foto: wisatasenibudaya.com

tempat wisata anak di jogja
Foto: kusuma-edupark.com

6. DeMata & DeArca Museum

Begitu menginjakkan kaki di DeMata & DeArca Museum, Anda akan melupakan kesan wisata museum yang monoton. Museum yang terletak di kawasan Pasar Seni XT-Square ini bisa jadi opsi ketika Anda mencari tempat wisata keluarga di Jogja yang lokasinya di tengah kota. Di DeMata, Anda bisa berfoto dengan latar gambar 3D yang menciptakan efek tipuan mata yang memukau. Sedangkan di DeArca, Anda bisa berfoto dengan patung lilin tokoh-tokoh terkenal. Patung-patung di sana karya seniman asli Jogja lho!

tempat wisata anak di jogja
Foto: IG @khazninurbaniyusuf

tempat wisata anak di jogja
Foto: jogja.space

7. Museum Dirgantara Mandala

Putera-puteri Anda bercita-cita menjadi pilot? Jika iya, mereka pasti antusias kalau diajak wisata ke Museum Dirgantara Mandala. Museum ini berlokasi di Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiono, Banguntapan, Kabupaten Bantul. Di sana, Anda bisa mengenalkan sejarah aviasi Indonesia pada si kecil sambil melihat beragam pesawat milik TNI AU dari jarak dekat. Selain itu, si kecil pun bisa masuk ke dalam pesawat untuk melihat bagian dalam pesawat.

tempat wisata anak di jogja
Foto: IG @museumdirgantara

tempat wisata anak di jogja
Foto: IG @museumdirgantara

8. Upside Down World Jogja

Setelah mendapat respon positif di Bali, Upside Down World juga dihadirkan di Jogja sejak Juli 2016, tepatnya di Jl. Ringroad Utara No. 18, Kabupaten Sleman. Di sana, para pengunjung bisa berfoto dengan pose terbalik yang seolah melawan gaya gravitasi bumi. Kok bisa? Bukan sulap dan bukan pula pengunjungnya yang dibuat terbalik. Upside Down World Jogja menyediakan 12 ruangan untuk spot foto yang di dalamnya dilengkapi beragam perabotan rumah tangga layaknya rumah pada umumnya. Perabotan tersebut ditata terbalik alias menempel di atap. Dengan begitu, ketika difoto, Anda akan terlihat seperti melawan gravitasi. Perabotan yang ada di Upside Down World semuanya asli lho!

tempat wisata anak di jogja
Foto: IG @upsidedownworldjogja

tempat wisata anak di jogja
Foto: IG @upsidedownworldjogja

9. Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi berlokasi di Monjali (Monumen Jogja Kembali), tepatnya di Jl. Ringroad Utara, Ngaglik, Kabupaten Sleman. Buka mulai pukul 5 sore, taman ini dapat menjadi alternatif wisata malam di Jogja selain Alun-alun Kidul dan Malioboro. Taman pelangi dihiasi banyak lampion beraneka warna dari berbagai macam bentuk dan karakter. Karenanya, taman ini menyajikan pemandangan warna warni yang indah kala malam hari. Tak hanya menikmati lampion, terdapat pula berbagai wahana seru, seperti trampolin, becak mini, perahu dayung, speed boat, dan bom-bom car.

tempat wisata anak di jogja
Foto: jogja.korinatour.co.id

tempat wisata anak di jogja
Foto: jogja.korinatour.co.id

10. Desa Teletubbies

Di daerah Prambanan, ada desa wisata unik yang menarik untuk dikunjungi kala liburan bersama anak-anak. Desa itu ialah Desa Wisata Domes yang terletak di Dusun Nglapen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Yang membuat desa ini unik adalah rumah-rumah penduduknya yang berbentuk kubah (dome). Rumah-rumah di sana dirancang tahan gempa karena sebelumnya lokasi desa tersebut terkena dampak gempa Jogja tahun 2006 yang cukup parah. Kemudian, banyak orang yang menganggap rumah berbentuk ini seperti rumah Teletubbies. Karenanya, Desa Rumah Domes juga terkenal dengan sebutan Desa Teletubbies sehingga membuatnya ramai dikunjungi wisatawan. Ketika hari Minggu atau libur nasional, di sana biasanya ada badut karakter-karakter Teletubbies yang bisa diajak berfoto bersama. Ada juga kereta yang bisa dinaiki anak-anak untuk mengelilingi desa.

tempat wisata anak di jogja
Foto: IG @jogjatodaydotcom

tempat wisata anak di jogja
Foto: IG @devalyndarbsr