GRATIS Voucher KlikHotel Rp 50.000!


Kalau gratis, saya tidak mau

Mari Berkunjung ke 7 Tempat Wisata di Bandung Timur

Potensi wisata Bandung memang sudah tidak diragukan lagi. Anda pasti kenal dengan wisata-wisata di Lembang sebagai kawasan wisata Bandung Utara atau Ciwidey di Bandung Selatan. Tapi, sudahkah Anda menjelajah wisata-wisata di Bandung Timur? Memang, tempat-tempat wisata di Bandung Timur belum begitu tenar. Tapi, bukan berarti tempat wisata di Bandung timur tak menarik. Kalau wisata-wisata di utara dan selatan sudah sering Anda kunjungi, yuk sekarang eksplor wisata di Bandung Timur! Berikut adalah 7 tempat wisata di Bandung Timur yang bisa Anda kunjungi:

1. Saung Angklung Udjo

tempat wisata di bandung timur
Pertunjukan angklung Saung Angklung Udjo. Foto: topindonesiaholidays.com

Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata di Bandung Timur yang mudah letaknya tak terlalu jauh dari pusat kota. Berjarak sekitar 5 km dari pusat Bandung, objek wisata seni budaya ini berlokasi di Jl. Padasuka No. 118, Pasirlayung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung. Bisa dibilang Saung Angklung Udjo ini merupakan pusatnya produksi, penelitian, hingga pertunjukan angklung di Bandung. Saung Angklung Udjo ini pun sukses menarik banyak perhatian wisatawan. Setiap kegiatan pertunjukan di Saung Angklung Udjo kerap dipenuhi pengunjung lokal maupun mancanegara. Selain menyaksikan berbagai pertunjukan angklung dan budaya Sunda lainnya, di Saung Angklung Udjo juga terdapat toko yang menjual angklung untuk dibawa pulang dan berbagai jenis cendermata berbahan dasar bambu lainnya.

2. Curug Batu Templek

tempat wisata di bandung timur
Curug Batu Templek. Foto: IG @deafitaalss

Setelah dari Saung Angklung Udjo, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Curug Batu Templek. Objek wisata air terjun ini berjarak sekitar 7 km dari Saung Angklung Udjo, tepatnya di Kampung Cisanggarung Lebak, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Curug Batu Templek memiliki keindahan dengan ciri khas tersendiri. Pemandangan air terjun ini didominasi tebing batu cadas. Uniknya lagi, airnya mengalir dari sela-sela bebatuan tersebut. Para ahli berpendapat bahwa ini merupakan fenomena yang khas dari cekungan Bandung.

Baca Juga:  Bukan di Jogja, Tapi Ini Gurun Pasir di Pulau Bintan!

3. Kampung Pasir Kunci

tempat wisata di bandung timur
Alam Pasir Kunci. Foto: Instagram @kita_dari_indonesia

Kampung Pasir Kunci terletak di kawasan Ujungberung. Letaknya sekitar 2 km dari pasar Ujungberung. Kampung ini merupakan salah satu kampung kreatif yang diperkenalkan oleh pemerintah kota Bandung. Mengusung tema lingkungan, di sini Anda bisa menikmati hamparan sawah yang asri, memancing ikan, dan bersantap sajian tradisional. Menariknya lagi, Anda juga bisa belajar tentang seni gulat tradisional Sunda yang disebut seni benjang.

4. Cantigi Camp

tempat wisata di bandung timur
Permainan di Cantigi Camp. Foto: IG @bunda_atharie

Cantigi Camp merupakan tempat wisata di Bandung Timur yang cocok untuk wisata outbound bersama keluarga. Letaknya di Jl. Manjah Beureum, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Di tempat wisata ini, Anda dan keluarga bisa melakukan berbagai aktivitas wisata petualangan di alam terbuka yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Tak hanya melatih fisik, kegiatan-kegiatan di Cantigi Camp ini juga baik untuk perkembangan emosional dan spiritual. Sarana pendukung berbagai kegiatan outbound di sini pun terjamin keamanannya karena didampingi leader berpengalaman. Tak hanya untuk rekreasi bersama anak-anak, Cantigi Camp juga dapat dijadikan tempat untuk company gathering.

5. Situs Batu Kuda

tempat wisata di bandung timur
Hutan pinus Batu Kuda. Foto: IG @dian_permanaaaaa

Situs Batu Kuda merupakan gerbang pendakian gunung Manglayang, selain Bumi Perkemahan Kiara Payung, Palintang, dan Baru Beureum. Disebut Batu Kuda karena memang di sini terdapat sebuah batu besar yang dinamai Batu Kuda yang berkaitan erat dengan legenda zaman dulu. Saat ini, objek wisata di Bandung Timur ini tak hanya didatangi oleh para pendaki gunung, tapi juga ramai didatangi orang-orang yang hanya bersantai menikmati pemandangan alamnya saja. Ya, selain Batu Kuda itu sendiri, objek wisata yang beralamat di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung ini juga menyuguhkan keindahan hutan pinus yang saat ini kerap jadi buruan untuk hammocking dan berselfie ria. Saat akhir pekan tiba, tempat wisata ini juga kerap dikunjungi banyak anak muda yang bertujuan untuk camping.

6. Pondok Wisata Aki Enin

tempat wisata di bandung timur
Pondok Wisata Aki Enin. Foto: sepanjangjk.wordpress.com

Mencari penginapan bernuansa alam di Bandung Timur? Anda bisa mempertimbangkan untuk berlibur di Pondok Wisata Aki Enin. Tempat wisata di Bandung Timur ini tak hanya sekedar penginapan, tapi juga dikemas dengan sarana rekreasi yang beragam. Di sini terdapat kolam renang, area bermain anak, dan kolam pemancingan. Anda juga bisa mengelilingi pondok wisata dengan berkuda dan menyantap aneka sajian khas Sunda di saung-saung yang dikelilingi hamparan sawah. Lokasinya cukup jauh dari riuh kehidupan kota, tepatnya di Jl. Raya Curug Sindulang Km. 5, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Lokasinya ini cukup dekat dengan Curug Cinulang yang berada di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:  Surga tersembunyi Pulau Wakatobi

7. Taman Buru Masigit Kareumbi

tempat wisata di bandung timur
Rumah Pohon TBMK

Dari Pondok Wisata Aki Enin, Taman Buru Masigit Kareumbi (TBMK) berjarak sekitar 7 km. Objek wisata ini terletak di Bandung paling timur dan berbatasan dengan Kabupaten Sumedang. Meski kedengarannya tampak seram karena dinamai taman buru, tidak ada hewan liar yang berbahaya di sini. Ini karena hewan-hewan buru di sini masih dalam tahap “penyiapan”. Di sini, Anda bisa trekking, bersepeda gunung, mengunjungi penangkaran rusa, camping, menginap di rumah pohon, atau menginap di rumah penduduk lokal sambil belajar tentang kesehariannya. Anda juga bisa ikut serta dalam menjaga kelestarian hutan TBMK melalui program penanaman pohon yang dinamai Wali Pohon.

Itulah 7 tempat wisata di Bandung Timur. Yuk rencanakan berpetualang ke Bandung Timur!

Facebook Comment

Related Post

More in bandung timur, batu kuda, cantigi camp, gunung manglayang, kampung kreatif bandung, pondok wisata aki enin, rumah pohon, saung udjo, Taman Buru Masigit Kareumbi
Mari Menginap di Rumah Pohon yang Asri Ini!

Saat semasa kecil saya menonton film Tarzan dan melihat bagaimana Tarzan tinggal di rumah pohon yang nampak keren, saya jadi...

Close