7 Tempat Wisata Keren Ini Ada di Cianjur Lho!

Klikers, mungkin Anda akan berpikir dua kali ketika ada yang mengajak untuk liburan ke Cianjur. Ya, kabupaten yang terletak antara Bandung dan Jakarta ini memang lebih dikenal sebagai produsen beras pandan wangi, tak menonjol di bidang pariwisata. Tapi, jangan salah, Cianjur sebetulnya punya tempat-tempat wisata keren lho! Belakangan ini pun, sejumlah tempat wisata di Cianjur cukup ramai diperbincangkan di media sosial. Yuk sesekali main ke Cianjur dan kunjungi tempat wisata di Cianjur yang keren berikut ini!

1. Kota Bunga

Kota Bunga beralamat di Jl. Hanjawar, Desa Sukanagalih, Cipanas, Cianjur. Ketika menginjakkan kaki di tempat wisata di Cianjur ini, siapkan kamera karena mata Anda akan dimanjakan bangunan-bangunan megah beragam gaya, diantaranya gaya Jepang dan Eropa. Bangunan-bangunan tersebut merupakan villa yang disewakan. Di Kota Bunga ini, ada kawasan wisata yang begitu menarik perhatian, yaitu Little Venice. Ya, kawasan ini memang dihadirkan sebagai replika kota Venesia di Italia lengkap dengan danau dan berbagai macam wahana. Ada sepeda air, perahu bebek, kapal mississipi, dan tentunya gondola yang menjadi ciri khas Venesia. Setiap akhir pekan, Kota Bunga selalu ramai pengunjung. Tak hanya yang menginap, tapi juga yang penasaran dengan keindahan arsitektur villa dan wisata gondola.

wisata di cianjur
Wisata gondola di Little Venice. Foto: IG @deejase

2. Taman Bunga Nusantara

Selain Kota Bunga, tempat wisata di Cianjur yang tak kalah keren adalah Taman Bunga Nusantara. Taman edutainment seluas 35 hektar yang beralamat di Jl. Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur ini memiliki banyak tema. Diantaranya yang populer adalah Taman Gaya Jepang dengan dekorasi khas Jepang yang cukup kental, Taman Gaya Perancis yang akan membuat Anda serasa di Eropa, dan Taman Rahasia yang berkonsep labirin. Anda juga bisa mengelilingi area Taman Bunga Nusantara dengan cara yang seru, yaitu dengan naik Dotto Trains, Garden Tram, atau Mobil Wara Wiri.

wisata di cianjur
Taman Bunga Nusantara. Foto: palacehotel.co.id

3. Taman Nasional Gede Pangrango

Kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGGP) mencakup tiga wilayah, yaitu Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Bagi yang suka mendaki gunung, Anda pasti tahu atau setidaknya pernah mendengar bahwa salah satu daya pikat dari taman nasional ini adalah padang Edelweis yang indah. Padang Edelweis di sini pun disebut-sebut sebagai salah satu padang Edelweis terbaik di Indonesia. Spot untuk menikmati keindahan bunga abadi di TNGGP ini ada di Alun-alun Suryakencana dan Lembah Mandalawangi. Tapi ingat, bunga Edelweis tidak diperkenankan untuk dipetik!

wisata di cianjur
Alun alun Suryakencana. Foto: bandung.panduanwisata.id

4. Kebun Raya Cibodas

Memiliki luas hampir 80 hektar, Kebun Raya Cibodas terletak di Kompleks Hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, pada ketinggian 1.275 mdpl. Oleh karenanya, tempat wisata berhawa sejuk ini juga menjadi salah satu gerbang pendakian Gunung Gede Pangrango. Banyak yang bisa dieksplor di Kebun Raya Cibodas. Anda bisa belajar mengenai berbagai jenis pepohonan dari ribuan spesies, mengunjungi rumah kaca yang di dalamnya terdapat berbagai jenis kaktus, anggrek, dan tanaman langka, atau trekking menuju air terjun. Bagi orang Cianjur sendiri, Kebun Raya Cibodas populer sebagai destinasi wisata rombongan dari berbagai sekolah.

wisata di cianjur
Kebun Raya Cibodas. Foto: cibodasoutbound.com

5. The Jhon's Cianjur Aquatic Resort

The Jhon's Cianjur Aquatic Resort terletak di Jl. Desa Babakan Karet, Kampung Tangkil, Panembong, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur. Lokasinya tak terlalu jauh dari pusat Cianjur. Tempat wisata ini menyediakan berbagai wahana outbound dan permainan air. Mulai dari paint ball, ATV, trampoline, horse riding, paint ball, kolam renang, waterball, hingga river tubing. Ada mini zoo pula! Anda pasti tak menyangka kalau Cianjur punya tempat wisata sekeren ini bukan? Jika ingin bermalam, Anda pun bisa menyewa villa yang tersedia. Villa di The Jhon's Cianjur Aquatic Resort ini telah difasilitasi berbagai fasilitas modern, seperti AC, TV saluran mancanegara, coffee/tea maker, mini bar, hingga kitchenette.

wisata di cianjur
The Jhon's Cianjur. Foto via thejhons.com

Untuk pemesanan kamar di resort ini, silahkan menuju tautan berikut:  The Jhon's Cianjur

6. Gunung Padang

Gunung Padang merupakan tempat wisata di Cianjur yang fenomenal. Tempat ini merupakan situs peninggalan zaman megalitikum dan diklaim sebagai punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Meski asal usul Gunung Padang masih kontroversi, tempat ini tetap menarik untuk dikunjungi ketika Anda melancong ke Cianjur. Apalagi pada akhir tahun 2016 lalu, misteri Gunung Padang diangkat sebagai film, yang berjudul Firegate: Piramid Gunung Padang. Sekilas, Gunung Padang ini hanya sekedar bebatuan yang berserakan yang bentuknya semakin ke atas semakin mengerucut. Tapi, kalau diperhatikan lebih seksama, bentuk bebatuan tersebut rapi dan beberapa batu di sana konon bisa menghasilkan bunyi-bunyian.

wisata di cianjur
Gunung Padang. Foto: IG @rikafauzy

7. Bravo Camping Ground

Bravo Camping Ground beralamat di Raya Alternatif Jonggol, Kampung Cipeujeuh, Desa Mulyasari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur. Meski namanya camping ground, tapi tempat wisata di Cianjur ini juga memiliki kolam renang dan wahana outbound. Tempat ini juga menyuguhkan view pegunungan yang hijau sehingga dapat dijadikan destinasi wisata alternatif wisata Cipanas atau Puncak yang biasanya macet di akhir pekan.

wisata di cianjur
Bravo Camping Ground. Foto: IG @arietoge

Masih banyak tempat wisata di Cianjur yang menarik untuk dikunjungi. Jika Anda mencari objek wisata alam yang masih alami, Anda bisa menjelajahi kawasan Cianjur Selatan. Di sana terdapat banyak air terjun yang alamnya masih alami, seperti Curug Citambur, Curug Ngebul, dan Curug Walet. Ada pula deretan pantai yang masih indah karena belum banyak terjamah, seperti Pantai Cidaun, Pantai Apra, dan Pantai Sereg. Kawasan pantai di Cianjur ini berbatasan dengan pantai Rancabuaya, Garut.

wisata di cianjur
Curug Ngebul, Cianjur Selatan. Foto: IG @nashiersb

Sekarang, masih nolak liburan ke Cianjur?

2 Comments

Comments are closed.