Wajib Tahu! Ragam Wisata di Tanah Swiss Van Java

Klikers pernah dengar sebutan untuk kota Garut selain kota dodol? Saya yakin kalau yang pernah pasti kebanyakan jawabnya Swiss Van Java. Ya, Garut merupakan kota kecil di Jawa Barat yang keindahannya diakui seindah luar negeri. Tentunya bukan tanpa alasan mengapa Garut sampai dijuluki Swiss-nya Jawa. Julukan tersebut diberikan oleh pemerintah Belanda sejak zaman kolonial karena Garut memiliki alam yang indah terutama panorama pegunungannya. Kalau Klikers sering plesiran ke Garut pasti setuju dong kalau di sana banyak destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Buat yang belum pernah ke Garut, mengapa tidak merencanakan perjalanan liburan selanjutnya untuk mengunjungi Garut. Banyak sekali tempat wisata di Garut yang bisa Anda kunjungi!

Gunung

Gunung-gunung di Garut cukup populer di kalangan pendaki gunung Jawa Barat. Tiga yang paling terkenal adalah Gunung Papandayan, Gunung Guntur, dan Gunung Cikuray. Ketiganya memiliki keindahan alam tersendiri. Gunung Papandayan adalah salah satu tempat di Jawa Barat di mana Anda bisa melihat langsung bunga edelweiss, dan di sini ada juga hutan mati yang eksotis. Gunung Guntur disebut mini “Semeru” di Jawa Barat. Sedangkan Gunung Cikuray merupakan salah satu puncak tertinggi di Jawa Barat. Puncak gunung ini pun terkenal dengan sebutan negeri di atas awan. Anda yang seorang pendaki gunung, tentunya wajib merencanakan pendakian ke gunung-gunung di Garut ini.

tempat wisata di garut
Hutan mati Gunung Papandayan

tempat wisata di garut
Pemandangan dari puncak Gunung Cikuray (sumber foto: yulianto-ahmad.blogspot.co.id)

Air Panas

Karena dikelilingi banyak gunung, Garut juga terkenal sebagai destinasi wisata air panas alami. Jika tujuan Anda datang ke Garut untuk berendam, Anda bisa datang ke daerah Cipanas yang letaknya hanya beberapa kilometer dari pusat kota. Di daerah tersebut banyak tempat pemandian air panas dengan harga dan fasilitas yang berbeda-beda. Jika ingin praktis dan berencana bermalam, Anda bisa memilih untuk berendam di hotel sekitar Cipanas yang memiliki fasilitas kolam rendam air panas, seperti Sabda Alam Resort dan Puncak Darajat Resort.

tempat wisata di garut
Kawasan Cipanas Garut (sumber foto: nativeindonesia.com)

tempat wisata di garut
Sabda Alam Hotel & Resort

Pantai

Garut juga punya banyak pantai yang pesonanya tak kalau memukau dari pantai lain yang terkenal di luar Jawa. Wisata pantai di Garut dapat ditemukan di kawasan Garut Selatan yang berbatasan di Samudera Hindia. Umumnya, pantai-pantai di Garut memiliki banyak batu karang. Inilah yang membuatnya unik. Pantai-pantai yang wajib dikunjungi di Garut antara lain:

  • Pantai Santolo, yang memiliki fenomena muara Cilauteureun yang langka di dunia, dan terdapat sejumlah bangunan peninggalan Belanda.
  • Pantai Sayang Heulang, yang memiliki ombak stabil dan bentang karang unik yang menjorok di tengah laut.
  • Pantai Puncak Guha, dengan ciri khas tebing yang ditumbuhi rerumputan, di mana Anda bisa menikmati sunset yang romantis.
  • Pantai Manalusu, yang masih perawan dan menawarkan panorama taman laut yang indah.
  • Pantai Rancabuaya, yang menawarkan keindahan batu karangnya yang unik, seperti buaya-buaya sedang berjemur.

tempat wisata di garut
Pantai Santolo (sumber foto: katalogwisata.com)

tempat wisata di garut
Pantai Manalusu (sumber foto: yukpiknik.com)

Danau

Selain tiga gunung di Garut yang sering didaki di atas, masih ada beberapa gunung lain yang ada di Garut, salah satunya Gunung Talaga Bodas yang terletak di perbatasan Garut dan Tasikmalaya, tepatnya di Desa Sukamenak, Kec Wanaraja, Garut. Di gunung ini terdapat danau kawah yang dinamai Kawah Talaga Bodas. Sama halnya dengan Kawah Putih di Ciwidey, pesona dari Kawah Talaga Bodas juga benar-benar memukau.

tempat wisata digarut
Kawah Talaga Bodas (sumber foto: pahlawantourtravel.com)

Selain Kawah Talaga Bodas, Garut juga memiliki wisata danau lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Namanya Situ Bagendit. Wisata danau ini terletak di Jl. Kyai Haji Hasan Arif, Kec. Banyuresmi, Garut. Meski penampakannya tak seunik Kawah Talaga Bodas, banyak hal seru yang bisa dilakukan di Situ Bagendit, seperti memancing, naik sepeda air, dan yang paling seru adalah menaiki rakit yang menjadi transportasi khas di Situ Bagendit.  

tempat wisata di garut
Situ Bagendit

Air Terjun

Selain pantai dan danau, Garut juga memiliki banyak destinasi wisata air terjun. Tak hanya satu dua, konon air terjun di Garut ini jumlahnya puluhan. Beberapa air terjun di Garut yang sudah terkenal antara lain Curug Nyogong, Curug Arjuna, Curug Salawe, Curug Cibitung, Curug Orok, Curug Cikanay, dan Curug Sanghyang Taraje yang sangat fenomenal dan menjadi salah satu air terjun terindah di Jawa Barat. Menurut cerita masyarakat setempat, Curug Sanghyang Taraje ini merupakan tempat di mana Sangkuriang mengambilkan bintang di langit untuk Dayang Sumbi. Di sini pun terdapat sebuah batu yang bentuknya menyerupai tapak raksasa yang konon merupakan tapak milik Sangkuriang.

tempat wisata di garut
Curug Sanghyang Taraje

Tempat Rafting

Tak banyak orang tahu kalau Garut memiliki sungai untuk arung jeram yang menantang di tengah panorama alamnya yang indah. Dua lokasi yang sering digunakan untuk rafting di Garut adalah Sungai Cikandang dan Sungai Cimanuk. Sungai Cikandang yang terletak di Desa Sukamulya, Kec. Pakenjeng, memiliki lebar sungai sekitar 6 meter dengan panjang pengarungan 28 km. Karena kemiringannya pun sangat curam, sungai ini diperuntukkan untuk Anda yang sudah profesional. Sedangkan bila belum begitu handal, Anda bisa mencoba dulu menaklukan Sungai Cimanuk dengan panjang pengarungan sekitar 15 km, yang lokasinya tak begitu jauh dari Sungai Cikandang.

tempat wisata di garut
Sungai Cikandang (sumber foto: kabarkampus.com)

Wisata Adat dan Sejarah

Garut, kota kecil yang mayoritasnya beragama Islam juga menyimpan sejarah peradaban Hindu di masa lalu. Salah satu buktinya adalah Candi Cangkuang yang terletak di Desa Cangkuang, Kec. Leles, Garut. Candi ini memang tak semegah candi-candi di Jawa Tengah, tapi banyak yang bisa digali dengan berkunjung ke objek wisata sejarah ini. Di kawasan Candi Cangkuang juga terdapat sebuah perkampungan adat, yakni Kampung Pulo, yang letaknya ada di sebuah pulau kecil di tengah Situ Cangkuang. Di Candi Cangkuang ini Anda bisa mempelajari bagaimana toleransi agama, khususnya Islam dan Hindu, dijunjung tinggi sejak dulu.

tempat wisata di garut
Candi Cangkuang

Meskipun hanya sebuah kota kecil, ternyata Garut punya suguhan wisata yang lengkap ya Klikers! Buat Anda yang mencari alternatif wisata selain Bandung dan Jakarta, kita ke Garut aja yuk! Kalau ke Garut jangan lupa ya cobain juga kuliner khasnya [baca: 9 Kuliner Garut yang Wajib Dicicipi].