Tips Untuk Mereka yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Kali pertama akan selalu menjadi momen yang dikenang. Kali pertama juga akan menjadi saat yang mendebarkan. Begitu sih katanya… Kali pertama saya naik pesawat, saya bersyukur karena saya tidak sendirian. Saya ingat persis waktu itu pokoknya saya ikut-ikutan saudara saya yang mengajak saya liburan. Nggak ngerti apa-apa, pokoknya hanya bisa membututi. Naik pesawat memang tidak sesimpel naik mobil travel. Ada beberapa tata-cara yang harus kita patuhi. Lebih ribet lagi kalau kita pergi terbang ke luar negeri. Kali ini, saya ingin memberikan beberapa tips untuk mereka yang baru pertama kali naik pesawat. Supaya Anda tidak bingung seperti saya dulu. Yuk, kita simak!

1.    Pesan Tiket Pesawat Secara Online 

Contoh e-ticket Garuda Indonesia

Di era yang sudah melek internet seperti saat ini, pemesanan tiket online justru menjadi hal yang paling praktis. Anda bisa memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya. Setelah melakukan pemesanan, kita akan dikirimkan electronic ticket (e-ticket) via e-mail. Anda bisa memutuskan apakah mau membeli tiket sekali-jalan atau PP (pulang-pergi). Setelah electronic ticket dikirimkan, cetak (print) tiket pesawat tersebut. 

2.    Perhatikan baik-baik Tiket Pesawat Anda

Pada tiket pesawat yang sudah Anda print, perhatikan keterangan yang tertera pada tiket. Tiket pesawat Anda akan memuat informasi seputar nama Anda, nomor tiket, Bandara asal dan tujuan, nomor penerbangan, tanggal, waktu departure dan arrival, batas waktu check in, dan berat maksimum bagasi. Anda juga bisa melihat dari Terminal berapa Anda akan berangkat. Ingat baik-baik semua informasi tersebut. Di hari keberangkatan, jangan lupa untuk membawa print-out tiket Anda.

3.    Bijaklah dalam Packing

Sebelum berangkat, pastilah Anda akan berkemas, bukan? Saran saya: bijaklah dalam mengepak barang  bawaan Anda. Bawa pakaian secukupnya dan barang-barang yang diperlukan saja. Anda bisa saja membawa tas/koper Anda ke dalam pesawat (jika beratnya tidak melebihi batas maksimum penyimpanan kabin). Tapi saya pribadi lebih suka untuk menyimpan koper saya di bagasi pesawat. 

Baca: Benda yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat

4.    Lakukan Online Check-in

Online Check In

Untuk Anda yang pertama kali naik pesawat, jangan lupa untuk melakukan check-in. Beruntung bahwa saat ini kita sudah bisa melakukan online check-in. Online Check-In ini dapat dilakukan melalui web ataupun mobile apps maskapai yang bersangkutan. Beberapa maskapai mungkin memiliki aturan yang berbeda-beda. Jika Anda terbang bersama Garuda Indonesia, Anda bisa melakukan online check-in mulai dari 24 jam hingga 2 jam sebelum keberangkatan. Jika Anda terbang dengan Air Asia, maka Anda bisa melakukan online check in mulai dari 14 hari hingga 2 jam sebelum keberangkatan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa cek di website maskapai penerbangan yang bersangkutan. Setelah melakukan online check-in, Anda akan mendapatkan nomer kursi.

5.    Datanglah ke Bandara lebih awal

Tips lainnya untuk mereka yang pertama kali naik pesawat adalah: jangan datang mepet waktu. Waktu terbaik adalah dua jam sebelum keberangkatan. Tidak apa-apa jika Anda ingin tiba lebih cepat, misalkan tiga jam sebelumnya. Namun jangan datang mepet karena itu hanya akan membuat Anda stres sendiri.  

6.    Melewati Pemeriksaan X-Ray

ilustrasi pemeriksaan x-ray

Sesampainya di Bandara, hal pertama yang harus Anda lewati adalah pemeriksaan X-Ray. Anda bisa meletakkan semua tas dan koper Anda di ban berjalan untuk dicek, sementara Anda sendiri akan melewati metal detector. Jangan lupa meletakkan ikat pinggang, arloji, ponsel, ataupun barang-barang yang akan menyebabkan metal detector berbunyi di dalam baskom untuk melewati pemeriksaan X-Ray. Beberapa orang mungkin mengangkat prosedur ini menjemukan, namun ini adalah demi keamanan dan keselamatan kita semua. 

7.    Check-in ke Kounter

Check In di Bandara

Anda mungkin sudah melakukan online check-in, namun jangan lupa untuk melakukan check-in lagi ke counter maskapai penerbangan Anda untuk menaruh bagasi dan mendapatkan boarding pass. Siapkan KTP/SIM (Paspor jika Anda bepergian ke luar negeri) dan print out tiket Anda. Koper-koper bawaan Anda lalu akan ditimbang sebelum masuk ke bagasi pesawat. Jika beratnya melebihi batas maksimum, Anda bakalan harus membayar kelebihan berat tersebut. Setelah itu, Anda akan menerima Boarding Pass. Jangan lupa untuk menyimpan kembali tanda pengenal (SIM/KTP) Anda. Jangan sampai tertinggal. 

8.    Jika Anda Pergi ke Luar Negeri

Kartu Kedatangan

Jika tujuan penerbangan adalah ke luar negeri, maka Anda harus melewati proses imigrasi terlebih dahulu. Di counter imigrasi, petugas biasanya akan mengajukan beberapa pertanyaan standar pada Anda, misalnya tujuan Anda travelling. Jangan grogi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yah! Setelah itu petugas akan membubuhkan stempel pada paspor Anda. Anda juga harus mengisi Kartu Kedatangan (bisa diisi di pesawat) untuk diserahkan saat proses imigrasi di negara tujuan. Kartu Kedatangan ini jangan sampai hilang, ya!

Baca: Tips untuk Mereka yang Pertama Kali ke Luar Negeri

9.    Jangan Terlena Saat Menunggu Waktu Boarding

Check in? Sudah. Menyimpan bagasi? Sudah. Boarding pass? Sudah di tangan. Baiklah. Kini tinggal menunggu waktu boarding. Sambil menunggu waktu boarding, Anda bisa berjalan-jalan di bandara. Anda bisa duduk-duduk santai, kulineran, ataupun berbelanja. Hal yang perlu diingat adalah: perhatikan waktu boarding dan di gate berapa pesawat Anda akan berangkat. Lebih baik jika Anda sudah tahu di mana letak Gate tersebut.

Baca juga: Terkagum dengan Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta

10.    Saat di dalam pesawat, patuhi peraturan yang ada

Patuhi peraturan di dalam pesawat. Anda mungkin ingin mengambil foto selfie cantik di dalam pesawat, well… silakan. Tapi sesudah itu, tolong matikan gadget Anda. Gadget Anda baru boleh dinyalakan lagi setelah Anda sampai di bandara tujuan. Kenakan sabuk pengaman dan perhatikan prosedur keselamatan yang diperakan oleh pramugari. 

11.    Lakukan Baggage Claim

Baggage Claim

Setelah pesawat Anda mendarat di tujuan, jangan lupa untuk melakukan baggage claim. Jika Anda berada di bandara besar, mungkin Anda akan berhadapan dengan banyak conveyor belt yang memutar koper-koper Anda. Cari tahu Anda bisa mengambil bagasi di conveyor belt nomer berapa. Jangan sampai Anda menanti koper Anda di conveyor belt yang keliru. Pastikan juga tidak ada barang bawaan Anda yang tertinggal dan bahwa Anda tidak mengambil koper yang keliru. 

Nah Klikers, inilah beberapa tips untuk mereka yang baru pertama kali naik pesawat. Have a nice flight, Klikers!