THE VICTORIA HOTEL, NYAMAN BAGI PEBISNIS/TRAVELLER

DSCF1393

The Victoria Hotel berada dalam area Victoria Residence yang terletak persis di belakang The Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta atau yang dulunya hanya bernama Hotel Ambarrukmo. Tepatnya di Jalan Laksda Adisucipto KM 5, Yogyakarta. The Victoria Hotel menawarkan konsep hotel yang nyaman bagi para pebisnis yang sering mengadakan perjalanan luar kota. Seperti yang Anda lihat pada foto, hotel ini memang terletak di tengah pemukiman yang berada di tengah-tengah kota. Kalau Anda ke Yogya, dan tidak ingin jauh dari segala akses ke bandara Adisutjipto, Plaza Ambarukmo, tempat-tempat wisata, pusat oleh-oleh, dan kuliner khas Jogja, The Victoria Hotel bisa jadi pilihan yang tepat. Hotel ini berada di “golden location”. Ya, 1 menit dari Plaza Ambarukmo, 8 menit dari Bandara Adistujipto, 10 menit dari Maliboro, saya pikir, 3 alasan ini memang tepat menyebut The Victoria Hotel berada pada “kawasan emas”.

Sofa merah dengan aksen yang menawarkan kesan hangat.
Sofa merah dengan aksen yang menawarkan kesan hangat.

Walaupun memahami kebutuhan para traveler yang ingin serba cepat dan mudah, The Victoria Hotel, seperti hotel-hotel yang berafiliasi dengan Klikhotel pada umumnya, tetap menawarkan konsep hommy. Aksen merah dan orange pada interior dinding, wallpaper, sofa, dan karpet yang menutupi tangga antar lantai mewakili konsep rumah yang hangat itu. Ada lagi yang menyenangkan dari interiornya. Di ujung lorong setiap lantai, kita dapat berdiri memandang ke luar dari balik jendela kaca yang cukup lebar untuk melihat pemandangan di luar. Jendela kaca ini memberi kesan luas dan lega bagi para tamu yang menginap.

Tangga merah dan karpetnya.
Tangga merah dan karpetnya.

Hanya ada dua gedung pada hotel ini. Gedung Selatan dan Gedung Utara. Lobi terletak di Gedung Selatan. Dan hanya ada 2 tipe kamar, Superior dan Deluxe. Tipe Superior ada di Gedung Selatan dan tipe Deluxe ada di Gedung Utara. Jangan khawatir, kedua gedung yang bersebelahan ini hanya berjarak kurang lebih 2-3 meter, terpisah oleh area parkir yang memanjang ke barat.

Fasilitas bagi tamu hotel adalah Wi-Fi, resto, air dingin dan panas, mini bar, deposit box, AC, kolam renang, TV kabel, sarapan pagi untuk 2 orang, dan relax area. Yang menyenangkan lagi, walaupun sudah berada di tengah kota dan mudah akses ke mana-mana, pihak hotel tetap memberi fasilitas antar gratis tamu ke bandara dan stasiun kereta. Ada pula free shuttle ke Plaza Ambarukmo, bagi Anda yang hendak jalan-jalan tanpa harus merasa terik matahari. Mungkin Anda malas terkena panasnya matahari Jogja, atau tak ingin kena hujan, daripada lelah berjalan kaki, lebih baik memanfaatkan fasilitas, bukan?! Kecuali Anda memang berniat olah raga atau seperti saya yang suka berhenti sebentar-sebentar untuk memotret segala sesuatu yang lewat depan mata.

Para tamu yang menginap di tipe manapun akan mendapatkan semua fasilitas yang saya sebut di atas. O, ya, tipe Deluxe terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Delux Twin dan Deluxe Double. Tipe Twin adalah kamar dengan dua tempat tidur yang terpisah. Sedangkan Double, hanya ada satu tempat tidur besar. Kalau Anda suka jajan, harga makanan dalam mini bar maupun yang dapat dipesan tidak mahal-mahal amat kok. Di hotel lain, harga makanan biasanya di atas 25 ribu rupiah. Tapi di Victoria, harga makanan masih ada yang seharga belasan ribuan. Menurut pihak hotel, makanan kalau dijual terlalu mahal pun, tidak ada yang mau beli. Lebih baik harga sedikit lebih murah agar dapat terjangkau kocek tamu di hotel.

Tipe Superior dengan satu tempat tidur.
Tipe Superior dengan satu tempat tidur.

 

Tipe Deluxe Twin.
Tipe Deluxe Twin.

Untuk tipe Superior, tempat tidur yang tersedia bisa ada dua atau satu. Tergantung kebutuhan tamu. Kamar mandinya memiliki shower dengan dinding pada bagian luar yang dilapisi wallpaper berwarna  kalem. Sedangkan tipe Deluxe, antara kamar mandi (juga dengan shower) dengan tempat tidur hanya terpisah dinding kaca tebal. Kelihatan lebih lega memang. Tapi tenang, dinding kaca ini juga diberi sejenis tirai yang dapat ditutup, kok. Ini yang membedakan tipe Superior dan Deluxe. Perbedaan lain tipe Superior dan Deluxe adalah, mini bar pada tipe Superior diletakkan di atas meja panjang dengan banyak laci. Sedang pada tipe Deluxe, mini bar dimasukkan dalam lemari rendah yang juga berfungsi sebagai meja.

Area yang menjembatani resto dengan kamar tipe Deluxe di Gedung Utara.
Area yang menjembatani resto dengan kamar tipe Deluxe di Gedung Utara.

Bagi Anda yang tidak merokok dan membawa anak kecil, pihak hotel lebih merekomendasi tipe Superior. Karena di tipe Superior, selain lebih dekat dengan lobi dan coffee shop, di tipe ini tidak ada ruang untuk merokok dalam ruangan. Sedangkan di tipe Deluxe, walaupun juga tidak boleh merokok di dalam kamar dan ruangan, namun ada ruangan terbuka yang terletak di antara ruangan di mana lift berada dan resto yang ada di lantai 2 Gedung Utara. Jadi kalau malam-malam Anda mau makan sambil menikmati pemandangan langit malam, Anda bisa duduk di sini.

Saat saya datang, pihak hotel sedang mempersiapkan coffee shop nyaman di sebelah kiri lobi. Lantaran baru direnovasi, saya belum bisa duduk berlama-lama di sana dan menikmati sajian makan minumnya, atau sekadar mencicipi kopi ala Victoria Hotel sambil menikmati alunan musik tenang yang diputar pihak hotel. Nah, karena belum bisa menikmati kopi, saya coba ke restonya. Di sana ada makanan ala barat maupun khas Indonesia. Yang khas Jogja seperti bubur sum-sum juga ada. Itu lho, bubur dari ketan yang diberi gula jawa. Rasanya manis seperti layaknya makanan khas Jogja lainnya.

Resto dengan dua macam kursi.
Resto dengan dua macam kursi.

Mengingat Jogja adalah kota yang terik mataharinya cukup panas, sejak berdirinya 2 tahun yang lalu, pihak hotel banyak menanam pohon-pohon di sekitar kolam renang, maupun yang ada sepanjang area parkir dan lobi. Kesan rindang dan teduh bisa kita temukan di sini.

Kolam renang The Victoria Hotel.
Kolam renang The Victoria Hotel.
Joglo tempat Anda bisa menunggu jemputan free shuttle atau sekadar menikmati angin hangat.
Joglo tempat Anda bisa menunggu jemputan free shuttle atau sekadar menikmati angin hangat.

Setelah berkeliling melihat kamar-kamar dan resto, saya kembali ke lobi. Persis di depan meja resepsionis, Anda akan menemukan 2 komputer dengan LCD pada dinding yang disediakan bagi tamu yang ingin berinternet ria. Oya, di luar lobi, sebelah kanan Gedung Selatan, ada joglo. Mungkin Anda bosan dalam ruangan ber-AC, Anda bisa duduk-duduk di sini sambil ngobrol atau menunggu jemputan. Banyak pohon mangga dan sawo sekitar situ, mungkin Anda akan mengantuk, tapi setidaknya lebih baik sejuk dari pada kepanasan. Ah, kalau begini, motto Yogya Berhati Nyaman, ‘kan terasa ya dari kesejukannya. Jangan salah lho, kota yang sejuk, cenderung membuat penduduknya lebih tenang. Terima kasih buat pihak The Victoria Hotel yang sudah menemani saya berkeliling.

(Jaclyn Litaay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *