Hilangkan Penat di 6 Wisata Air Panas Bandung

Santai berendam di air panas memang cara ampuh untuk menyegarkan kembali fisik dan mental yang lelah karena pekerjaan. Berendam di air panas dapat melancarkan aliran darah, menghilangkan pegal-pegal serta menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit dan rematik. Tak heran kalau pemandian air panas kerap ramai saat hari libur tiba, termasuk tempat-tempat pemandian air panas di Bandung. Dikelilingi beberapa gunung membuat Bandung dan kawasan sekitarnya memiliki beberapa tempat wisata air panas alami. Berikut 6 wisata air panas Bandung dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi:

1. Maribaya Resort

Pemandian air panas alami dan air terjun Maribaya – Lembang telah populer di kalangan warga Bandung sejak puluhan tahun lalu. Sempat sepi dan mati suri, kini kawasan Maribaya telah dibenahi dan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang wisata yang lengkap dan cocok sebagai destinasi liburan keluarga. Namanya pun berubah menjadi Maribaya Natural Hot Spring Resort. Memiliki kandungan berbagai mineral, konon air panas alami Maribaya ini konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Tersedia pula kolam air panas VIP khusus bagi Anda yang ingin merasakan suasana berendam yang lebih tenang dan nyaman. Selain itu, Maribaya Resort juga memiliki fasilitas lainnya antara lain playground, restoran, foodcourt, kolam pancing hingga glamping tent

wisata air panas bandung
Kolam air panas Maribaya (sumber foto: missnidy.blogspot.co.id)

2. Taman Wisata Alam Cimanggu

Tak jauh dari Kawah Putih, Anda akan menemukan air panas di Cimanggu. Air panasnya bersumber berasal Gunung Patuha. Terdapat 3 kolam pemandian, 2 untuk dewasa dan 1 khusus untuk anak-anak. Terdapat pula kamar-kamar rendam VIP untuk Anda yang menginginkan ketenangan lebih. Bagi yang membawa anak-anak, tersedia area permainan anak, taman kelinci dan wahana mini outbound. Kawasan sekitar Cimanggu masih asri dan alami di mana banyak pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Anda pun bisa memancing di kolam pancing yang tersedia di sini. Bagi pengunjung yang datang dari luar kota, terdapat sejumlah cottage yang disewakan atau bisa juga camping mewah di glamping tent Green Hill Park Ciwidey.

wisata air panas bandung
Kolam air panas Cimanggu (sumber foto: cimangguciwidey.com)

3. Air Panas Walini

Pemandian air panas Walini juga terletak di Ciwidey. Letaknya setelah Taman Wisata Alam Cimanggu sebelum Situ Patenggang, tepatnya di tengah-tengah kebun teh PT. Perkebunan Nusantara. Menikmati air panas alami dari Gunung Patuha sambil memandang pemandangan kebun teh yang asri tentu menjadi obat ampuh untuk menyegarkan kembali fisik dan pikiran. Sama seperti tempat wisata air panas Bandung lainnya, air panas alami di Walini juga diyakini baik untuk menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan. Terdapat kolam air panas untuk dewasa dan anak-anak, serta beberapa kolam VIP bagi yang menginginkan privasi lebih. Tersedia pula warung makan, mushala, dan sarana untuk berbagai aktivitas outbound. Tak hanya itu saja, Anda pun dapat mengikuti paket wisata kebun teh dan berkunjung ke pabrik teh.

wisata air panas bandung
Air panas Walini (sumber foto: dolandolen.com)

4. Air Panas Cibolang

Kawasan Pangalengan mulai populer di kancah pariwisata Bandung. Alamnya yang subur dan cukup jauh dari pusat kota membuat suasana Pangalengan masih asri, alami dan sejuk tak kalah dari Ciwidey dan Lembang. Terlebih banyak objek wisata menarik yang bisa dinikmati di sini. Salah satunya pemandian air panas Cibolang. Wisata pemandian air panas seluas 2 hektar ini terletak di Desa Wayang Windu, dan telah ada sejak 1980-an. Air panas alaminya berasal dari Gunung Windu. Masyarakat setempat meyakini bahwa air panas Cibolang bermanfaat baik untuk kesehatan, terutama penyakit kulit. Karena jumlah kunjungan yang kian meningkat, pemandian air panas ini pun telah dilengkapi fasilitas dan sarana umum yang lengkap, seperti tempat parkir, mushala, tempat makan dan penyewaan alat pancing karena di sini juga tersedia area untuk pemancingan.

wisata air panas bandung
Air panas Cibolang (sumber foto: griyawisata.com)

5. Sari Ater

Sari Ater adalah pemandian air panas yang populer di kalangan turis lokal maupun mancanegara. Secara administratif, Sari Ater sebetulnya masuk ke wilayah Kabupaten Subang, yang memang berbatasan dengan Lembang, Bandung Barat. Namun, kebanyakan orang mengidentikkan Sari Ater dengan Bandung karena lokasinya dekat wisata Tangkuban Perahu. Air panas yang berasal dari Gunung Tangkuban Perahu di Sari Ater memiliki kandungan kalsium, magnesium, klorida, sulfat, dan mineral lainnya sehingga dipercaya bermanfaat untuk penyembuhan penyakit kulit, rematik, dan gangguan saraf. Tak hanya kolam pemandian air panas, di sini juga terdapat beragam sarana untuk outbound, area bermain anak, restoran, kolam pemancingan, hotel, dan area perkemahan. Di sekitar tempat wisata juga banyak villa-villa yang disewakan.

wisata air panas bandung
Salah satu kolam di Sari Ater (sumber foto: sariater-hotel.com)

6. Gracia Spa

Gracia Spa berlokasi dekat Gunung Tangkuban Perahu dan Sari Ater. Tak jauh dari pintu masuk Gunung Tangkubang Perahu, akan terlihat papan reklame bertuliskan Gracia Spa. Lokasinya memang agak tersembunyi, sekitar 1 km ke dalam dari jalan utama. Tapi, tempat ini menawarkan suasana berendam yang lebih private dan tenang tanpa harus menyewa kolam rendam pribadi. Terdapat 3 buah kolam yang sumber airnya juga berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Di sekeliling kolam terdapat banyak pepohonan hijau yang tampak asri. Tentunya suasana seperti ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas lelah dan sejenak menghindar hingar bingar perkotaan. Gracia Spa juga memiliki 15 unit villa yang siap menjadi teman liburan Anda. 

wisata air panas bandung
Air panas Gracia Spa (sumber foto: ideliburan.com)

Itulah 6 wisata pemandian air panas di Bandung dan sekitarnya yang bisa jadi ide liburan Anda dan keluarga selanjutnya. Semoga bermanfaat 🙂

Facebook Comment

Related Post

3 Comments

Comments are closed.

Read previous post:
Yuk Nongkrong Asyik di 10 Taman Kota Bandung Ini!

Sebagai urang Bandung, saya merasa bangga karena Bandung saat ini semakin cantik. Bertambah cantiknya Kota Bandung ini tak lepas dari...

Close