GRATIS Voucher KlikHotel Rp 50.000!


Kalau gratis, saya tidak mau

Wisata Alam di Majalengka, Inilah 7 Diantaranya yang Populer

Mencari tempat wisata baru untuk pelarian di akhir pekan? Wisata-wisata alam di Majalengka bisa jadi pertimbangan. Kenapa Majalengka? Wisata Majalengka memang tidak begitu terdengar pamornya. Tapi, jangan salah, banyak keindahan alam yang bisa Anda nikmati di kabupaten yang bertetangga dengan Cirebon ini. Wisata-wisata alam di Majalengka bisa jadi alternatif selain Bandung. Setelah adanya Tol Cipali (Cikopo – Palimanan), akses dari Jakarta ke Majalengka kini makin mudah, dapat ditempuh dalam waktu 3 jam saja. Dan berikut ini adalah beberapa tempat wisata populer di Majalengka yang menarik untuk dikunjungi:

1. Gunung Ciremai

Jika Anda mengaku seorang pendaki gunung, catatan pendakian Anda rasanya kurang lengkap jika belum menaklukan gunung Ciremai. Puncak tertinggi di Jawa Barat ini menyuguhkan pemandangan indah bak negeri di atas awan. Secara administratif, gunung Ciremai termasuk ke dalam wilayah kabupaten Majalengka dan kabupaten Kuningan. Mendaki Ciremai tak harus melalui jalur Linggarjati dan Palutungan di Kuningan. Alternatifnya bisa juga melalui Kampung Apuy yang tepatnya berada di kawasan Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Jalur ini cukup banyak peminat karena selain treknya tidak terlalu ekstrim, sepanjang perjalanan juga didominasi pemandangan hijau yang menyegarkan.

wisata alam di majalengka
Puncak Ciremai. Foto: IG @mbaayy_ @apuyciremai3078

2. Curug Muara Jaya

Air terjun atau curug Muara Jaya yang terletak di lereng gunung Ciremai bisa menjadi alternatif wisata alam di Majalengka untuk Anda yang merasa tak kuat mencapai puncak Ciremai. Walau agak menguras tenaga, Anda tak akan kecewa karena air terjun ini masih asri sehingga cocok untuk Anda yang mencari tempat untuk refreshing dari keramaian perkotaan. Air terjunnya sendiri memiliki dua tingkatan di mana tingkatan pertama mengalir dari tebing batu setinggi 60 meter, sedangkan tingkatan kedua tingginya 13 meter. Tak cuma itu saja, hamparan kebun sayur milik warga juga akan menjadi pemandangan yang memanjakan mata Anda. Menariknya lagi, di curug ini tiap tahunnya diadakan upacara Pareresan oleh warga setempat sebagai tradisi syukuran setelah panen.  

Baca Juga:  5 Spot Foto Keren di Floating Market Lembang

wisata alam di majalengka
Curug Muara Jaya. Foto: @azharquddusnugraha @ngetrip_mjlk

3. Bukit Panyaweuyan Argapura

Selain curug Muara Jaya, Bukit Panyaweuyan Argapura yang juga sering disebut Terasering Panyaweuyan adalah wisata alam di Majalengka lainnya yang menarik untuk dikunjungi di sekitaran kaki gunung Ciremai. Tempat berketinggian 1.000 mdpl ini tepatnya berlokasi di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Dari puncak bukitnya, Anda bisa menikmati lanskap gunung Ciremai serta terasering sawah dan perkebunan warga yang tertata begitu apiknya. Pemandangan ini tentunya akan memanjakan Anda yang suka fotografi alam. Ditambah segarnya udara pegunungan, Bukit Panyaweuyan Argapura cocok untuk jadi tempat “pelarian” di akhir pekan.

wisata alam di majalengka
Bukit Panyaweuyan Argapura. Foto: @suhardikawardhanna

4. Situ Sangiang

Situ Sangiang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), tepatnya di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Situ (danau) ini merupakan danau terluas di Majalengka. Pepohonan sekitarnya masih asri karena dikelola langsung oleh pihak TNGC. Terdapat pula tempat agrowisata jagung dan susu murni. Selain sebagai objek wisata alam, tempat wisata di Majalengka ini juga menjadi destinasi wisata religi. Di sekitar situ terdapat makam Sunan Parung, tokoh yang berkaitan dengan sejarah perkembangan Islam di Majalengka.

wisata alam di majalengka
Situ Sangiang. Foto: @ipong_maulana @tentangcirebon

5. Tebing Cadas Gantung

Banyak yang bilang kalau Tebing Cadang Gantung merupakan wisata alam di Majalengka yang keindahannya menyaingi Tebing Keraton Bandung. Ya, seperti halnya Tebing Keraton, Tebing Cadas Gantung belakangan jadi viral di media sosial. Dari tebing ini yang berlokasi di Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka ini pun, Anda bisa menikmati hamparan pemandangan hijau nan luas dari ketinggian. Tapi tempat ini tak cuma keren buat foto-foto, di sekitar kawasan tebing juga ada area yang bisa digunakan untuk berkemah. Areanya cukup landai karena dulunya digarap sebagai lahan pertanian.

Baca Juga:  Lima Restoran Bergaya Container Asyik Buat Makan dan Nongkrong

wisata alam di majalengka
Pemandangan Cadas Gantung Majalengka. Foto: IG @moch_toto

6. Gunung Panten

Gunung Panten yang berjarak sekitar 7 km dari pusat Majalengka ini merupakan salah satu spot paralayang yang cukup populer di Jawa Barat. Bahkan, di sana pernah beberapa kali diadakan pertandingan paralayang dan gantole tingkat nasional. Biasanya akan banyak atlet atau operator paralayang di gunung Panten ketika akhir pekan. Anda pun bisa mencoba terbang tandem untuk merasakan sensasi melayang di udara bersama mereka.

wisata alam di majalengka
Paralayang Gunung Panten. Foto IG @hara_hope

7. Telaga Nila

Telaga Nila beralamat di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Telaga ini menawarkan keindahan dari warna air kebiruannya yang memantulkan bayangan pepohonan rimbun sekelilingnya. Saking indahnya, Telaga Nila pun disebut-sebut sebagai salah satu surga tersembunyi di tatar Sunda. Tak heran pula kalau tempat ini banyak didatangi traveler muda karena tempatnya memang instagenik. Untuk menikmati keindahan air biru Telaga Nila, sebaiknya datang ketika musim kemarau ya!

wisata alam di majalengka
Telaga Nila. Foto: IG @mullya_25.05

Bagaiamana Klikers, tertarik piknik ke Majalengka? Masih banyak wisata alam di Majalengka lainnya yang belum disebutkan. Jika ada yang ingin menambahkan, silahkan share di kolom komentar ya 🙂

Facebook Comment

Related Post

More in gunung ciremai, gunung panten, lokasi paralayang, negeri di atas awan, situ sangiang, tebing cadas gantung, telaga biru, terasering argapura, wisata air terjun, wisata majalengka
wisata pesawhan di indonesia
Destinasi Wisata Pesawahan di Indonesia Ini Sudah Dikenal Traveler Mancanegara

Sebagai negara agraris, melihat sawah bukan hal aneh bagi kebanyakan orang Indonesia. Mungkin Anda juga kurang bersemangat kalau ada yang...

Close