7 Destinasi Wisata Alam di Pandeglang, Banten

Banyak warga ibu kota yang memilih kawasan Banten sebagai tujuan liburannya. Dalam hal pariwisata, Banten memang memiliki banyak destinasi wisata menarik, selain karena letaknya yang memang mudah dijangkau dari Jakarta. Tak hanya pantai di Anyer yang punya pasir putih cantik atau pantai Sawarna yang masih perawan, Banten juga punya Pandeglang. Dengan jangkauan wilayah hingga ujung pulau Jawa di sebelah barat, kabupaten Pandeglang disebut sebagai Sunset of Java. Wisata-wisata andalan provinsi Banten pun banyak yang terletak di Pandeglang, terutama wisata alam. Berikut adalah wisata alam di Pandeglang yang wajib dicatat dalam agenda liburan Anda:

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Terletak di ujung barat pulau Jawa, Taman Nasional Ujung Kulon yang juga ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia ini diapit oleh Kec. Sumur dan Kec. Cimanggu, Kab. Pandeglang. Luas keseluruhannya 122.956 hektar dan 44.337 hektar dari luas tersebut merupakan perairan. Selain sebagai kawasan konservasi dan pusat penelitian hewan, Taman Nasional Ujung Kulon juga telah dikembangkan sebagai kawasan wisata alam dengan destinasi yang beragam. Di sini, Anda bisa berjumpa dengan badak bercula satu atau badak jawa yang sangat langka dan hewan liar lainnya. Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon juga mencakup pulau-pulau kecil yang perairannya masih perawan dengan taman laut yang indah. Sebut saja pulau Umang, pulau Badul, pulau Peucang, dan pulau Panaitan. Kalau Anda suka trekking, Anda pun bisa menyusuri spot trekking Gunung Honje atau wisata susur sungai di Sungai Cigenter.

wisata alam di pandeglang
Badak Jawa – TN Ujung Kulon. Foto: penabiru.com

wisata alam di pandeglang
Pulau Umang. Foto: wisatabanten.com

2. Tanjung Lesung

Tanjung Lesung terletak di Desa Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Pandeglang. Tempat wisata di Pandeglang ini menjadi salah satu wisata bahari unggulan di Banten. Memiliki garis pantai sepanjang 15 km, pantainya memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan relatif tenang sehingga pengunjung bisa lebih leluasa melakukan berbagai aktivitas rekreasi di sana. Anda bisa mencoba aneka water sport ataupun melakukan aktivitas bawah air, seperti snorkeling. Dikembangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kawasan Tanjung Lesung tengah digarap sebagai destinasi wisata kelas atas. Di sana telah dibangung cottage mewah lengkap dengan beach club.

wisata alam di pandeglang
Pantai di Tanjung Lesung. Foto: tataruangpertanahan.com

wisata alam di pandeglang
Tanjung Lesung. Foto: infokuberita.com

3. Pantai Batu Hideung

Sekitar 10 km ke arah barat dari beach club Tanjung Lesung, Anda dapat menemukan pantai Batu Hideung. Baik itu Batu Hideung Besar maupun Batu Hideung Kecil, suasananya masih asri dan alami. Ini karena kawasan pantainya belum dikembangkan secara komersil. Oleh karenanya, kalau Anda ingin mengunjungi pantai ini, bawa perbekalan yang memadai karena masih minim fasilitas. Kalau Anda ingin bermalam, Anda bisa menginap di homestay yang tersedia di Kampung Nelayan Cipanon sambil menyaksikan aktivitas nelayan setempat. Lokasinya dekat Tanjung Lesung.

wisata alam di pandeglang
Pantai Batu Hideung. Foto: IG @anggiharmita_

4. Pantai Carita

Siapa sih yang tak kenal pantai Carita? Pantai ini kerap disebut satu kawasan dengan pantai di Anyer. Tapi, secara administratif, pantai ini termasuk ke dalam wilayah Kec. Carita, Kab. Pandeglang. Pantai Carita sendiri memiliki pasir putih dengan bibir pantai yang landai dan nyaris tak berkarang. Wajar saja bila pantai ini kerap dijadikan destinasi liburan keluarga warga Serang, Jakarta, dan daerah lainnya. Di pantai ini tersedia berbagai sarana dan fasilitas rekreasi air yang cukup lengkap. Pantai Carita juga menyuguhkan pemandangan indah Gunung Krakatau. Tak sulit pula menemukan hotel ataupun restoran di sekitar pantai Carita.

wisata alam di pandeglang
Pantai Carita. Foto: wisatasenibudaya.com

5. Curug Kembar

Sekitar 17 km dari pantai Carita, di Desa Cinoyong terdapat beberapa air terjun indah yang belum banyak orang mengetahui keberadaannya, yaitu Curug Kembar. Airnya masih jernih. Meskipun tidak begitu tinggi, aliran air terjun ini dipisahkan oleh batu besar sehingga menciptakan aliran dua air terjun yang berdampingan, mirip Curug Panganten di Pangalengan, Bandung. Selain Curug Kembar, Anda juga bisa sekalian mengunjungi Curug Cimanggung yang lokasinya masih di Desa Cinoyong.

wisata alam di pandeglang
Curug Kembar. Foto: IG @wawansuhanta

6. Curug Putri Tahura

Mendengar kata curug (air terjun), pastilah yang dinikmati aliran airnya yang jatuh dari tebing tinggi. Lebih dari sekedar air terjun, Curug Putri akan membuat pengunjungnya merasakan pengalaman main di air terjun yang tak terlupakan. Curug Putri memiliki kolam yang mengalir menjadi sungai di antara batuan tebing tinggi. Oleh karenanya, air terjun ini sering disebut “little green canyon” di Pandeglang. Meski lebar sungainya terbilang sempit, Curug Putri kerap dijadikan sebagai tempat berenang ataupun body rafting. Lokasi air terjun ini berada di kawasan Tahura (Taman Hutan Raya), Kec. Carita, Kab. Pandeglang.

wisata alam di pandeglang
Curug Putri Tahura Pandeglang. Foto: @amboreynaldi

7. Pemandian Alam Cikoromoy

Tak hanya kota-kota di Jawa Tengah yang punya objek wisata snorkeling air tawar lewat wisata umbul. Pandeglang juga punya, yaitu pemandian alam Cikoromoy, yang terletak di Desa Kadubungbung, Kec. Cimanuk. Air di pemandian ini bersumber dari Gunung Karang. Dasar kolamnya terdiri dari bebatuan dan pasir lengkap dengan ikan-ikan kecil. Karena airnya sangat jernih, pemandian alam Cikoromoy juga dapat dijadikan spot foto bawah air seperti Umbul Ponggok di Klaten.

wisata alam di pandeglang
Pemandian Cikoromoy. Foto: IG @banten.juara

Facebook Comment

Related Post

Read previous post:
pantai di pacitan
Liburan ke Pacitan, Banyak Pantai Menawan

Selain memiliki banyak destinasi wisata gua, Pacitan juga memiliki deretan pantai cantik yang pesonanya tak kalah indah dengan pantai lain...

Close