Butuh Udara Segar? Main ke Wisata-wisata di Kaki Gunung Gede Pangrango Aja!

Banyak orang mendaki Gunung Gede untuk menghilangkan penat kala akhir pekan. Gunung Gede sendiri termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGGP) yang wilayahnya mencakup Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Memiliki padang edelweis nan luas membuat banyak orang tertarik untuk mendaki gunung tertinggi ketiga di Jawa Barat ini. Sayangnya, jalur pendakian gunung ini terbilang ekstrim sehingga tak ramah untuk pemula. Tapi, jangan kecil hati dulu. Menikmati keindahan gunung Gede Pangrango tak selalu harus dari puncaknya kok! Wisata-wisata di kaki gunung Gede Pangrango bisa menjadi alternatif ketika Anda butuh isi ulang energi dengan segarnya udara pegunungan.

Kebun Raya Cibodas, Cianjur

Kebun Raya Cibodas selain sebagai kawasan wisata, juga menjadi salah satu gerbang pendakian gunung Gede Pangrango dan tempat riset tumbuhan. Lokasinya berada di kawasan Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, dengan ketinggian 1.275 mdpl. Selain berudara sejuk, kebun raya seluas 80 hektar ini juga asyik untuk berfoto. Hamparan rumput hijaunya begitu luas dan makin indah berlatar puncak gunung yang gagah.

wisata di kaki gunung gede pangrango
Kebun Raya Cibodas. Foto: cibodasoutbound.com

Kebun Raya Cibodas juga merumahi ribuan spesies pepohonan yang menarik untuk dipelajari, dan ada juga rumah kaca yang di dalamnya terdapat berbagai jenis anggrek, kaktus, dan tanaman langka lainnya. Anda juga bisa trekking ke Telaga Biru dan beberapa air terjun, seperti air terjun Ciismun, air terjun Cidengdeng, dan air terjun Ciwalen. Kalau main ke Kebun Raya Cibodas, jangan lewatkan untuk berfoto di Canopy Trail Ciwalen yang belakangan ini sedang hits di media sosial.

wisata di kaki gunung gede pangrango
Canopy Trail Ciwalen, Cibodas. Foto: IG @rita_astrianingsih

Situ Gunung, Sukabumi

Situ Gunung termasuk ke dalam wilayah Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Wisata di kaki gunung Gede Pangrango ini berada di ketinggian sekitar 850 mdpl dan merupakan objek wisata danau. Meski bukan danau alami, tapi tempatnya menyuguhkan pemandangan yang indah dan udaranya sangat sejuk karena sekeliling danau merupakan pepohonan hijau yang rimbun.

wisata di kaki Gunung Gede Pangrango
Situ Gunung Sukabumi

Anda juga bisa keliling danau naik sepeda bebek. Hanya ketenangan dan kesejukan yang dirasakan kalau Anda ke sana pas sepi pengunjung. Tak cuma menikmati danau, di kawasan Situ Gunung juga terdapat objek wisata air terjun, yakni curug Sawer dan curug Cimanaracun. Di sana ada camping ground juga lho!

wisata di kaki Gunung Gede Pangrango
Situ Gunung Sukabumi

Taman Rekreasi Selabintana, Sukabumi

Selain dari Kebun Raya Cibodas, pendakian gunung Gede Pangrango juga dapat melalui Selabintana Sukabumi. Namun, jalur Selabintana ini kurang diminati karena banyak yang mengatakan kalau jalurnya ekstrim dan jarak pendakiannya lebih jauh. Meski demikian, kawasan Selabintana kerap ramai terutama akhir pekan. Ya, di sana memang terdapat taman rekreasi yang telah lama menjadi salah satu destinasi piknik favorit warga Sukabumi. Taman itu sering disebut Taman Rekreasi Selabintana.

wisata di kaki gunung gede pangrango
Hotel Selabintana. Foto: hotelselabintana.com

Taman Rekreasi Selabintana sendiri beralamat di Selabintana KM 7, Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi. Telah ada sejak zaman Belanda, di tempat seluas 15 hektar ini terdapat hotel yang dibangun pada tahun 1900-an dan hingga kini masih beroperasi. Tak perlu menginap karena hotel ini juga menjadi tempat rekreasi terpadu dengan beragam fasilitas, mulai dari restoran, waterbom, hingga sarana outbound. Selain itu, terdapat pula area terbuka hijau dengan luas sekitar 3 hektar yang diteduhi ratusan pohon cemara yang rimbun dengan latar pemandangan puncak gunung Gede dari kejauhan.

wisata di kaki gunung gede pangrango
Pemandangan dari Selabintana. Foto IG @stv_stephiie

Pondok Halimun, Sukabumi

Wisata di kaki gunung Gede Pangrango berikutnya adalah Pondok Halimun, yang berlokasi sekitar 4 km dari Taman Rekreasi Selabintana, tepatnya di perbatasan Desa Perbawati dan Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi. Tempat berketinggian 1.000 mdpl ini dikelola sebagai bumi perkemahan (camping ground). Di sekitar area perkemahan juga terdapat aliran sungai yang bisa dipakai untuk keperluan selama camping. Ada pula beberapa penginapan yang bisa jadi alternatif untuk Anda yang tidak ingin bermalam di tenda.

wisata di kaki gunung gede pangrango
Sungai di Pondok Halimun. Foto: IG @aprilina19

Fasilitas pendukung seperti toilet dan warung penjual makanan, seperti bandrek panas dan jagung bakar, juga tersedia. Selain itu, Anda juga bisa trekking ke air terjun Cibeureum di kawasan TNGGP, agrowisata ke kebun sayur warga setempat atau tea walking ke perkebunan teh Goalpara.

wisata di kaki gunung gede pangrango
Air terjun Cibeureum. Foto: wisatahalimun.co.id

Agrowisata Gunung Mas, Bogor

Tak sulit menemukan Agrowisata Gunung Mas karena lokasinya di pusat aktivitas wisata Puncak, Bogor. Terlebih kawasan wisata di kaki gunung Gede Pangrango ini juga terkenal sebagai lokasi paralayang di Bogor. Jika Anda tak berani paralayang, banyak aktivitas seru lainnya yang menarik dicoba karena ada ragam fasilitas untuk anak-anak maupun orang dewasa yang disediakan di sana.

wisata di kaki gunung gede pangrango
Kebun teh Gunung Mas. Foto: topindonesiaholidays.com

Di tengah sejuknya udara pegunungan khas Puncak, Anda bisa menyusuri kebun teh dengan berjalan kaki atau berkuda, melihat langsung pengolahan teh di pabriknya, menginap di villa bernuansa alam, camping, berenang, dan lainnya.

wisata di kaki gunung gede pangrango
Penginapan di Agrowisata Gunung Mas. Foto: IG @adewarnelis89