Melirik Wisata-wisata di Pesisir Selatan, Kabupaten yang Memiliki “Raja Ampat” di Sumatera Barat

Potensi wisata di Pesisir Selatan kini semakin dikenal. Terletak di pinggir pantai barat provinsi Sumatera Barat, kabupaten ini memiliki garis pantai sepanjang 218 kilometer yang berpadu dengan lanskap perbukitan dan pegunungan yang indah. Menjadikan Pesisir Selatan sebagai destinasi liburan tak akan mengecewakan. Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi, terutama bagi penyuka wisata bahari. Bahkan, ada tempat wisata di Pesisir Selatan yang dijuluki Raja Ampat-nya Sumatera Barat. Penasaran? Langsung saja, yuk lirik wisata-wisata di Pesisir Selatan yang paling populer berikut ini:

Pantai Carocok Painan dan pulau-pulau cantik di sekitarnya

Pantai Carocok Painan terletak di sebelah barat ibukota Pesisir Selatan, yakni Painan. Jaraknya sekitar 78 km dari kota Padang. Berkat keindahan yang dimilikinya, pantai Carocok Painan kini telah menjadi salah satu wisata unggulan di kabupaten Pesisir Selatan. Air laut yang jernih dan hamparan pasir putihnya menawarkan keindahan yang sukar ditolak. Berbagai berbagai fasilitas penunjang yang telah dihadirkan di sana akan semakin menambah kenyamanan wisata Anda.

wisata di pesisir selatan
Pantai Carocok. Foto: Twitter @minangofficial

Terdapat jembatan yang mengubungkan pantai Carocok Painan dengan pulau batu karang yang bernama Batu Kereta. Dari pulau ini, para wisatawan juga dapat menyeberang menggunakan perahu ke pulau Cingkuak untuk mencoba berbagai wahana water sport dan melihat benteng kuno peninggalan zaman kolonial. Di belakang bukit benteng tersebut juga terdapat mercusuar yang bisa dinaiki pengunjung untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

wisata di pesisir selatan
Pemandangan dari mercusuar pulau Cingkuak. Foto: Twitter @ariesto_qurma

Bukit Langkisau

Tak lengkap rasanya wisata ke Pesisir Selatan tanpa berkunjung ke Bukit Langkisau. Lokasinya sekitar 2 km dari pantai Carocok Painan. Tempat ini disebut sebagai salah satu puncak terbaik untuk menikmati Pesisir Selatan dari ketinggian. Dari puncak bukit ini, pengunjung bisa menikmati kombinasi pemandangan eksotis sejauh mata memandang, mulai dari pemukiman penduduk yang tampak seperti miniatur, laut biru, pulau-pulau sekitar pantai Carocok Painan hingga lanskap perbukitan yang rimbun dengan pepohonan hijau. Selain itu, Bukit Langkisau juga populer sebagai spot paralayang. Pengunjung yang belum berpengalaman pun bisa mencobanya asal telah mengantongi izin dari pengelola setempat.

wisata di pesisir selatan
Pemandangan dari Bukit Langkisau. Foto: IG @donprem76

Air terjun Bayang Sani

Air terjun Bayang Sani memiliki 5 tingkatan. Namun, yang dapat dijangkau wisatawan hanya sampai tingkatan kedua saja karena aksesnya semakin tinggi semakin sulit. Tingkatan pertama yang paling ramai. Airnya mengalir dari ketinggian tebing sekitar 80 meter dengan lebar 50 meter. Di bawah aliran air terjun tingkatan pertama ini terdapat kolam (lubuak) yang bisa dimanfaatkan untuk berenang. Keindahan air terjun ini sudah dikenal sejak zaman Belanda. Konon, dulunya banyak bangsawan Belanda yang berkunjung ke air terjun yang berlokasi di Desa Koto Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan ini.  

wisata di pesisir selatan
Air terjun Bayang Sani. Foto: IG @zonaartoniwijaya

Jembatan Akar Bayang

Tak cuma di Baduy, di Pesisir Selatan juga ada jembatan akar tua yang usianya lebih dari seratus tahun. Jembatan ini tepatnya berlokasi di kawasan sungai Bayang Kampung Pulut-Pulut, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara. Jaraknya sekitar 3 km dari air terjun Bayang Sani. Jembatannya memang unik, terdiri dari jalinan akar pohon beringin tua yang tumbuh berseberangan. Menurut sejarahnya, jembatan akar konon mulai dibentuk pada tahun 1890 dan baru dapat digunakan tahun 1916. Ini berarti proses terhubungnya akar-akar menjadi jembatan akar yang kokoh memakan waktu 26 tahun. Tak heran bila jembatan yang menghubungkan Kampung Pulut-Pulut dan Kampung Lubuk Silau ini menjadi destinasi wisata di Pesisir Selatan yang membuat banyak orang penasaran.

wisata di pesisir selatan
Jembatan Akar Sungai Bayang. Foto: IG @raihanisyah_

Wisata terpadu Mandeh

Kawasan wisata terpadu Mandeh berlokasi di Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Tempat ini menyuguhkan pemandangan perbukitan alami yang berpadu dengan keindahan teluk beserta gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dari puncak perbukitan Mandeh, Anda melihat gugusan pulau-pulau yang tampak eksotis, seperti pulau Traju, pulau Sironjong Besar, pulau Sironjong Kecil, pulau Setan, pulau Cubadak hingga pulau Marak yang berdampingan dengan pulau Sikuai. Pemandangan gugusan pulau-pulau di tengah lautan biru bergelombang tenang ini akan mengingatkan Anda dengan pemandangan khas Raja Ampat di bagian timur Indonesia.

wisata di pesisir selatan
Pemdangan dari Puncak Mandeh. Foto: IG @rahman_aulia88

Banyaknya terumbu karang di perairan Mandeh ditambah hutan mangrove yang masih terjaga semakin menyempurnakan keindahan bahari yang dimiliki Mandeh. Kawasan wisata ini pun “digarap” serius oleh pemerintah untuk diproyeksikan sebagai Raja Ampat-nya Sumatera.

wisata di pesisir selatan
Pantai di kawasan wisata Mandeh. Foto: IG @zulhiikmah

Mandeh sudah mulai dipadati wisatawan domestik dan mancanegara setiap tahunnya. Salah satu pulau yang terkenal di kawasan wisata Mandeh yang banyak dikunjungi turis asing adalah pulau Cubadak. Pulau ini adalah salah satu pulau menawan di Sumatera Barat yang memiliki resort berkelas internasional dan spot menyelam yang terkenal indah.

wisata di pesisir selatan
Suasana pulau Cubadak. Foto: IG @evelinetan_