5 Wisata Edutainment yang ‘Nggak Biasa di Bandung

Tak hanya sekedar rekreasi, kini telah banyak pula tempat wisata di Bandung yang menawarkan manfaat edukasi. Bahasa kerennya wisata edutainment (education and enterntainment). Bila Anda sering kebingungan merencanakan liburan keluarga di akhir pekan, beragam tempat wisata edutainment di Bandung bisa jadi destinasi liburan terbaik untuk putera-puteri tercinta. Berikut ini Klikhotel punya rekomendasi 5 tempat wisata edutainment di Bandung yang akan membuat Anda merasakan pengalaman wisata yang menyenangkan serta menambah wawasan!

1. De’Ranch, Lembang​

Bagi yang tinggal di kota besar, menikmati kesejukan alam Lembang bisa menjadi obat mujarab untuk mengusir penat pikiran. Kalau ke Lembang bersama anak-anak, Anda bisa mengajaknya berwisata kuda di De’Ranch, yang berlokasi di Jl, Maribaya No. 17. Di sini, pengunjung bisa menunggang kuda lengkap dengan pakaian ala cowboy, didampingi oleh petugas profesional. Tak hanya itu, pengunjung pun akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai cara merawat kuda yang baik mulai dari memandikan, memberi makan, hingga membersihkan kandang. Tersedia pula wahana lain seperti fun boat, trampolin, dan peti luncur yang akan membuat liburan keluarga makin berkesan dan menyenangkan.

wisata edutainment di bandung
De'Ranch Lembang (source: deranchlembang.com)

2. Taman Miniatur Kereta Api, Floating Market

Floating Market Lembang merupakan tempat wisata unik di mana Anda bisa menikmati aneka jajanan khas Bandung di pasar terapung. Selain itu, terdapat juga aneka wahana permainan. Salah satu permainan wahana permainan yang ‘nggak biasa di sini adalah Taman Miniatur Kereta Api, yang mirip dengan kereta api sungguhan. Taman ini dibangun di atas lahan seluas 2 hektar dengan skala miniatur kereta 1:24, dan telah dinobatkan sebagai Taman Miniatur Kereta Api terbesar di Indonesia. Bagi yang datang ke Floating Market bersama anak-anak, tentunya wahana ini akan sangat menarik untuk dieksplorasi. Tak hanya sekedar miniatur kereta, taman ini juga didesain dengan pemandangan alam guna semakin menegaskan kesan nyata. Terdapat rel, stasiun kereta, lembah, gunung, menara pengawas, pom bensin, hingga terowongan untuk perlintasan kereta. Semua yang terlihat di Taman Miniatur Kereta api ini akan menciptakan kesenangan tersendiri bagi anak-anak, dan hal ini pun bagus untuk mengembangkan daya imajinasi anak.

wisata edutainment di bandung
Taman Miniatur Kereta Api, Floating Market (source: floating-market-bandung.com)

3. NuArt Sculpture Park

Selanjutnya, ada NuArt Sculpture Park, tempat di mana Anda bisa rekreasi sambil menikmati seni. Tempat ini merupakan kepunyaan seniman patung ternama di Indonesia, yaitu Nyoman Nuarta. Lokasinya berada di Jl. Setraduta Raya No L 6, Bandung. Galeri seni NuArt diisi dengan beragam karya seni, khususnya patung. Tersedia sarana untuk membuat kreasi seni sendiri, seperi patung dan lukisan. Selain itu, area terbuka hijaunya sangat luas dan ditumbuhi banyak pepohonan. Berdiri di atas lahan seluas 3 hektar, NuArt dibangun dengan menggabungkan unsur seni, budaya dan alam (art, culture, and nature). Selain menumbuhkan kecintaan terhadap seni, nuansa alam di NuArt Sculpture Park juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk menanam pohon demi menjaga kelestarian alam di masa depan.  

wisata edutainment di bandung
Outdoor area (source: nuartsculpturepark.com)

4. SPICE (Spirit Camp Educity), Kota Baru Parahyangan

Spirit Camp dirancang khusus sebagai arena belajar dan bermain untuk anak-anak dan keluarga di alam terbuka dengan konsep permainan yang edukatif di area outdoor maupun indoor. Area outdoor terdiri dari Vido Smart Adventure, Iyes Castle, Gymnastiqua, Harvest Moon Village, Kebun Ultra dan area bersepeda. Sedangkan area indoor terdiri dari Rumah Pintar, Meat Love Area dan Healthy Drink Station. Untuk menumbuhkan kecintaan alam sejak dini, anak-anak akan diajarkan bertanam, berkebun dan memanen, serta membuat lubang biopori di area Harvest Moon. Anak-anak pun dapat merasakan keseruan berpetualang di Iyes Castle yang menyerupai benteng kerajaan. Tertarik merasakan keseruannya? Datang saja langsung ke SPICE (Spirit Camp Educity) di Jalan Panyawangan Kav. 3 Padalarang, tepatnya di area Bale Pare, Kota Baru Parahyangan.

Spirit Camp Educity (source: spiritcampeducity.blogspot.com)
Spirit Camp Educity (source: spiritcampeducity.blogspot.com)

5. Wisata Ilmu Sutera Padepokan Dayang Sumbi

Mau merasakan pengalaman wisata yang bener-bener ‘nggak biasa? Coba datang ke Padepokan Dayang Sumbi Jl. Arcamanik Sindanglaya KM 4, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Bandung Timur. Tempat ini merupakan tempat belajar ilmu sutera. Sudah pasti yang akan Anda temukan adalah ribuan ulat sutera. Yang dibudidaya di sini adalah ulat sutera ras Jepang. Mungkin banyak orang yang enggan dekat-dekat dengan ulat, tapi ulat sutera tidak berbahaya lho! Ulat yang bernama latin Bombyx Mori ini tidak memiliki bulu dan tidak menggigit, jadi nggak bikin gatel dan justru terlihat lucu ketika menggeliat. Tak hanya sebatas melihat bagaimana ulat sutera dibudidaya, Anda pun dapat melihat bagaimana serat sutera dibuat menjadi benang sutera sampai ditenun menjadi kain sutera dengan ATMB (Alat Tenun Bukan Mesin). Seru kan? Lokasinya pun berada di daerah pegunungan, tapi tak jauh dari pusat kota. So, kalau berwisata ke sini, Anda dapat menyegarkan pikiran sekaligus memperoleh wawasan dan pengalaman yang berkesan.

wisata edutainment di bandung
Source: wisatasutera.com

Artikel tentang wisata edukasi lainnya:

Facebook Comment

Related Post

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
7 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

Batam merupakan kota terbesar di Kepulauan Riau yang juga terkenal sebagai kota industri. Lokasinya berada di tengah jalur pelayaran yang...

Close