Wisata Kekinian di Hutan Pinus Gunung Pancar Sentul

Naik-naik ke puncak gunung | Tinggi-tinggi sekali | Kiri Kanan kulihat saja | Banyak pohon cemara| Kiri-kanan kulihat saja | Banyak pohon cemara ||

Lagu khas generasi 90an ini mengingatkan kita akan usaha untuk menaiki gunung dan melihat banyak pohon cemara si kanan kiri. Usaha itu sepertinya harus melewati proses perjalanan dan pendakian yang luar biasa.

Biasanya perjalanan untuk mendapatkan udara segar dan rerimbunan hutan pinus harus dilalui dengan perjuangan yang lebih. Harus mendaki gunung atau ke lokasi-lokasi yang berada di sekitar pegunungan. Biasanya pun, lokasi-lokasi ini berada nun jauh dari perkotaan yang ramai dengan kendaraan dan asap-asap yang mengepul. Dan untuk mencapainya pun harus melalui medan yang luar biasa melelahkan. Alhasil, wisata-wisata pinus nan indah hanyalah sajian para pendaki gunung atau orang-orang yang mau menyisakan tenaganya untuk ngetrack. Ini membuat banyak orang yang galau, terutama perempuan yang suka wisata tapi tidak mau mengeluarkan keringat sebutir pun.

Eits, tunggu dulu klikers! Kegalauan Anda – khususnya para perempuan perkotaan nan kekinian – untuk bisa mengunjungi lokasi nyaman dan teduh sudah saatnya berakhir. Sekarang Anda bisa leyeh-leyeh manja atau camping semalaman di kawasan yang dikelilingi hutan pinus nan sejuk.

Selamat datang di Gunung Pancar Sentul. Anda sedang berada di satu kawasan gunung yang memiliki ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor. Tak perlu khawatir. Untuk sampai ke sini Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Anda bisa datang dari tol Sentul dan mengikuti jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Karena kondisi jalan yang cukup baik, Anda cukup menghabiskan waktu tak sampai setengah jam untuk sampai ke lokasi ini.

gunung pancar 1

Gunung Pancar termasuk dalam Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Karena itu, Anda harus membayar uang retribusi saat berada di gerbang kawasan ini. Jangan khawatir, Anda cukup membayar tujuh ribu lima ratus rupiah untuk sekali masuk plus biaya parkir sekitar sepuluh ribu.

gunung pancar 2

Setelah melewati gerbang, Anda akan disambut udara segar dan barisan pohon pinus yang cukup indah. Di kanan kira pohon pinus yang tinggi akan memberi suasana tenang seperti aromatherapi. Di kawasan ini lah yang menjadi kekinian anak muda saat ini. Foto-foto indah disebar di seluru penjuru media sosial. Tak hanya berfoto ria diantara jajaran pohon pinus, Anda juga bisa bermalam di camping ground yang telah disediakan. Ada pula pemandian air panas, makam keramat, dan pagelaran kesenian tradisional daerah yang dikelola oleh masyarakat sekitar, berkuda, bersepeda, atau wisata lintas alam.

gunung pancar 3

gunung pancar 4

Nah, salah satu wisata lain yang paling menarik di antara yang saya sebutkan di atas adalah pemandian air panas. Setelah puas wisata di kawasan pinus ini, Anda bisa menenruskan perjalan ke kawasan pemandian air panas. Pemandian yang buka dua puluh empat jam ini lokasinya tak jauh dari pintu gerbangnya. Cukup menghabiskan tiket masuk sebesar dua puluh lima ribu per orang, Anda sudah bisa leyeh-leyeh berendam air panas di sini. Seperti air panas dari kawasan pegunungan pada umumnya, air panas ini konon berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, klikers!

air panas

Selamat berlibur di wisata kekinian Gunung Pancar Sentul!

  • Yassir Siregar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *