Wisata Kuliner Bali di 5 Restoran Ini Hadirkan Sensasi Dewata yang Sebenarnya

Bali merupakan pulau tujuan wisata nomor satu di Indonesia. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancangera  selalu berebut tujuan ke sana. Bukan rahasia lagi kalau Bali memiliki banyak pemandangan pantai indah yang sayang untuk dilewatkan. Selain pemandangan pantai yang indah juga memiliki wisata kuliner Bali yang beragam. Dengan cita rasa yang menggugah selera, berikut di sajikan beberapa wisata kuliner Bali.

1. Kayun Restaurant

Kayun Restaurant & Lounge
Kayun Restaurant & Lounge. Sumber foto: balidirections.com

Menu di Kayun Restaurant
Menu di Kayun Restaurant. Sumber foto: holisticbali.com

Kayun Restaurant selain menyajikan pemandangan yang hijau di sekitar restaurant juga menawarkan wisata kuliner Bali yang menggugah selera. Kayun restaurant menyediakan sup hingga makanan penutup yang disajikan secara tradisional, khas Bali.

Kayun restaurant juga memiliki keunikan tersendiri yaitu semua bumbu masakan dimasak secara tradisional. Misalnya saja untuk menghaluskan cabe, tidak dipergunakan blender namun bumbunya diulek menggunkan gilingan tangan. Pengunjung juga bisa menyaksikan cara memasak makanan ini di dapur tradisional Kayun Restaurant.

Pengelola kayun restaurant juga membuat kelas memasak yang dapat diikuti minimal dua orang dan maksimal 20 orang. Bahan-bahan yang digunakan seperti sayur dipetik sendiri dari kebun kayun restaurant, sehingga kualitas bahan masakan benar-benar terjamin rasanya.

Menu andalan kayun restaurant adalah Nasi Saraswati. Disajikan lengkap dengan lauk dan sayuran. Sehingga membuat nasi saraswati ini, cocok sebagai teman untuk makan siang. Nasi ini disajikan di atas wadah beralaskan daun pisang dilengkapi dengan ikan teri, telur, udang, kacang-kacangan, sayur urap dan timun semakin membuat nasi saraswati ini nikmat di lidah.

2. Basanta Argo Organic

Basanta Argo Organic
Basanta Argo Organic. Sumber foto: nowbali.co.id

Spot iconic di Basanta Agro Organic
Spot iconic di Basanta Agro Organic. Sumber foto: arsitektour.wordpress.com

Salah satu menu di Basanta Argo Organic
Salah satu menu di Basanta Argo Organic. Sumber foto: thepicta.com

Herbs and spices di Basanta Argo Organic
Herbs and spices di Basanta Argo Organic. Sumber foto: Nowbali.co.id

Basanta Argo Organic terdapat di Jasan, Sebatu, Tegalalang, Bali. Tempat ini menyajikan kopi sebagai minuman utamanya. Jika Bali terkenal dengan pemandangan pantainya yang indah dan ombaknya yang luar biasa, kini Anda dapat menikmati wisata kuliner Bali dengan pemandangan menyejukkan nan hijau layaknya di pegunungan. Basanta Argo Organic menawarkan hal itu, bagi Anda pengunjung.

Di sini Anda dapat menikmati Kopi dengan dipandu oleh pramusaji yang mengajak Anda berkeliling di seputar lokasi Basanta Argo Organic. Di tengah perjalanan, Anda akan menjumpai hewan luwak hidup, sebagai bagian dari pembuatan kopi. Menyenangkan bukan? Setelah puas berkeliling, Anda dapat memesan kopi dengan berbagai cita rasa ada arabia coffee, ginger coffee, rosella tea, lemon grass tea, dan pure chocolate. Kamu dapat menikmati kopi dengan cemilan khas Bali yaitu Lak Lak. Lak Lak sendiri terbuat dari tepung beras, kelapa dan gula yang disajikan dengan saus gula jawa dan jeruk manis.

Anda juga dapat membawa oleh-oleh berupa kopi dari Basanta Argo Organic, di sini juga tersedia aroma terapi yang patut dicoba jika Anda salah satu penikmat wewangian. Dijamin aroma terapi ini akan menyegarkan pikiran Anda.

3. Warung Mak Beng

Warung Mak Beng
Warung Mak Beng. Sumber foto: platemaps.com

Ikan goreng dan sup ikan, menu andalan warung Mak Beng
Ikan goreng dan sup ikan, menu andalan warung Mak Beng. Sumber foto: IG IG: @andridiary

Warung Mak Beng terletak di Jalan Hang Tuah no. 45, Sanur. Warung Mak Beng memiliki cita rasa kuliner Bali yang sangat menggoda mata dan memikat lidah untuk menikmatinya. Sajian utama warung Mak Beng adalah ikan goreng dan sup ikan. Dua makanan utama ini menjadi menu handalan di warung Mak Beng. Warung yang berdiri tahun 1941 ini selalu ramai pengunjung dan banyak juga dikunjungi oleh para aktor dan aktris ternama tanah air.

Sopnya dimasak dengan bumbu tradisional Bali yang menggugah selera. Di dalam supnya juga ditambahkan belimbing dan timun yang dimasak secara pas di lidah. Sop ini agak sedikit pedas dengan rasa segar, asam dan pedas bercampur jadi satu.

Yang membuat wisata kuliner Bali ini istimewa juga adalah kelezatan sambal terasinya. Disajka dengan rasa yang pedas dengan campuran terasi membuat sambal ini cukup dapat membuat penikmatnya merem melek dan berkeringat kepedasan. Siap berkunjung ke Warung Mak Beng?

4. Ju-Ma-Na Restaurant & Bar

Ju-Ma-Na Restaurant & Bar
Ju-Ma-Na Restaurant & Bar. Sumber foto: backinbali.com

Interior Jum Ma Na
Interior Jum Ma Na. Sumber foto: backinbali.com

Exterior Jum Ma Na
Exterior Jum Ma Na. Sumber foto:thebalibible.com

Beberapa menu di Ju-Ma-Na Restaurant
Beberapa menu di Ju-Ma-Na Restaurant. Sumber foto: indonesia.tripcanvas.co

Ju-Ma-Na Restaurant adalah retaurant dari salah satu hotel mewah di Bali, hotel Banyan Tree. Hotel ini dilatar-belakangi nuansa putih yang mewah dan elegan, sehingga tidak salah kalau hotel ini mendapat penghargaan sebagai Best Fench Restaurant 2016.

Lokasi restaurant ini berada di atas tebing dan inilah yang membuatnya unik, mewah, dan elegan jika dibandingkan dengan restaurant lainnya di Bali. Dari Ju-Ma-Na Restaurant, sambil menikmati makanan, Anda disuguhi pemandangan laut dari atas tebing yang indah dan memesona.

Banyak orang datang ke sini untuk sekedar memandang sunset saat sore hari. Hidangan yang disajikan adalah hidangan luar negeri yang beragam jenisnya, seperti asparagus salad, Angus tenderloin steak, mashed potato dan lain sebagainya. Memiliki ruang interior yang nyaman dan mewah, menu yang berskala internasional, serta pemandangan yang luar biasa indah membuat ju-ma-na restaurant merupakan restaurant mahal jika ingin mencicipi kuliner di sini. Merogoh kocek agak dalam, namun akan segera terbayar dengan fasilitas yang ditawarkan oleh Ju-Ma-Na Restaurant.

5. Bebek Bengil dengan Menu Bebek Betutu

Restoran Bebek Bengil Dirty Duck Diner
Restoran Bebek Bengil Dirty Duck Diner. Sumber foto: littlestepsasia.com

Indahnya pemandangan dari restoran
Indahnya pemandangan dari restoran. Sumber foto: IG @Justin Foo

Bebek Betutut di Dirty Duck Diner
Bebek Betutut di Dirty Duck Diner. Sumber foto: hungrygrape.wordpress.com

Bebek Bengil di Dirty Duck Diner
Bebek Bengil di Dirty Duck Diner. Sumber foto: flyertalk.com

Restoran ini dikenal juga dengan nama Dirty Duck Dinner, terletak di jalan Hanoman, Padangtegal, Ubud, Bali. Restoran ini telah berdiri sejak 35 tahun yang lalu. Memiliki cita rasa yang khas dengan menu andalan dari restoran ini adalah Bebek Betutu.

Jika berkunjung ke sini, Anda akan dimanjakan dengan suasana pedesaan yang asri, dengan arsitektur taman tradisional khas Bali. Hamparan padi terbentang seluas mata memandang. Bayangkan menikmati lezatnya hidangan dari bebek di alam, rasanya sungguh luar biasa. Banyak restoran di Jakarta, Tangerang, dan Nusa Dua membuka cabang restoran dengan menu utama Bebek Betutu. Namun, tentu saja menikmati bebek betutu akan lebih nikmat datang langsung ke Bebek Bengil. Harga yang ditawarkan untuk seporsi Bebek Betutu itu beragam, mulai dari harga Rp.55.000-Rp.275.000

Masih banyak wisata kuliner Bali yang dapat Anda temukan jika Anda berkunjung ke pulau dewata. Semoga informasinya berguna bagi Klikers yang ingin berlibur ke sana yah.