8 Wisata Kuliner Lombok yang Tiada Bandingannya!

Lombok sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Bahkan, banyak orang yang menyebut-nyebut Lombok sebagai Bali kedua. Memiliki banyak pantai yang indah tentu saja banyak wisatawan lokal maupun mancanegara ingin berkunjung ke tempat ini. Suku asli yang mendiami pulau Lombok adalah suku Sasak. Selain pemandangan yang menakjubkan untuk melihat sunset, snorkeling, maupun berselancar, pulau ini juga memiliki wisata kuliner Lombok yang rasanya mantap di lidah. Pemandangan yang menakjubkan dan kuliner yang memikat lidah, perpaduan sempurna untuk menggaet banyaknya wisatawan yang datang ke Lombok setiap tahunnya. Khusus untuk wisata kuliner, Lombok menyajikan berbagai makanan khas, yaitu;

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang
Ayam Taliwang. Sumber foto: www.seleranusantara.co.id

Ayam Taliwang ini pertama kali disajikan oleh H. Moerad yang berasal dari Karang Taliwang di kawasan Cakranegara. Untuk mendapatkan daging ayam yang empuk dan rasa yang mantap, ayam yang diolah seharusnya yang berumur tiga hingga lima bulan.

Ayam Taliwang memiliki rasa yang super pedas, namun inilah yang membedakannya dengan sajian ayam lainnya. Ayam Taliwang sendiri dapat disajikan dengan cara digoreng, dipanggang, maupun dibakar.

Jika ingin menikmati nikmatnya Ayam Taliwang, datang saja ke rumah makan ayam bakar Taliwang Irama, dengan alamat sebagai berikut
Lesehan Taliwang Irama
Jalan Ade Irma Suryani No.10,
Karang Taliwang, Cakranegara,
Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83239

2. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung
Plecing Kangkung. Sumber foto: http://harianresep.blogspot.co.id

Plecing Kangkung adalah sayuran yang biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan ayam taliwang. Kangkung yang direbus dengan bumbu yang sudah diracik sebelumnya yang berupa campuran cabai rawit, terasi, garam, dan tomat. Bumbu-bumbu ini membuat rasa Kangkung semakin keluar, setelah itu ditambahkan dengan tauge dan kacang goreng pedas. Hasilnya, Plecing Kangkung Khas Lombok benar-benar mengeluarkan cita rasa yang luar biasa.

Sebenarnya, yang membedakan plecing kangkung dengan tumis kangkung biasa adalah adanya parutan kelapa yang disangrai  yang ditaburi di atasnya dengan sambal. Ini menjadikan Plecing Kangkung harus dinikmati di Lombok dan bukan di tempat lain, untuk mendapatkan cita rasa yang benar-benar Lombok.

3. Sate Bulayak

Sate Bulayak
Sate Bulayak. Sumber foto: rianakpar.wordpress.com

Bulayak adalah sejenis lontong khas Lombok yang berbentuk spiral dan cara membuka lontong ini harus diputar secara spiral. Lontong ini dibungkus dengan daun enau atau daun  aren. Lontong ini juga dimakan dengan sate yang memiliki cita rasa yang khas Lombok.

Cara memakannya pun cukup unik. Potongan daging sapi dicocol pada bumbu sate dan dimakan dengan bulayak. Bumbu yang digunakan untuk membakar sate adalah bumbu khas sasak. Inilah yang membedakan sate Bulayak dengan sate lainnya. Jika ingin menikmati sate bulayak, bisa ditemukan di Taman Narmada, Taman Suranadi, Pura Lingsar, dan lain sebagainya.

4. Ares

Sayur Ares
Sayur Ares. Sumber foto: http://www.jalansanasini.com

Ares adalah sayuran khas Lombok. Sayuran yang terbuat dari gedebok pisang atau pelepah pisang muda ini diberikan santan dan dimasak dengan bumbu khas sasak. Rasanya di lidah adalah manis dan gurih. Ares merupakan makanan tradisional Khas Lombok yang dahulunya hanya bisa dijumpai pada acara pernikahan, namun kini, Ares telah menjadi salah satu kekayaan kuliner yang dimilik oleh Lombok. Dan dapat ditemukan di mana saja restauran yang menyajikan makanan tradisional Lombok di pulau itu.

5. Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Poteng Jaje Tujak dan Iwel
Poteng Jaje Tujak dan Iwel. Sumber foto: http://ulinulin.com

Berbeda dengan wisata kuliner Lombok lainnya yang biasanya disajikan pedas, maka Poteng Jaje Tujak dan Iwel disajikan dengan rasa berbeda. Poteng Jaje Tujak disediakan dengan dua porsi makanan, poteng yang berarti tapai dan jaje tujak yang berarti tetel /ketan uli/ jadah. Iwel juga merupakan makanan khas Lombok yang biasanya ada saat lebaran tiba maupun acara-cara tradisional lainnya. Saat ini, karena merupakan salah satu wisata kuliner khas Lombok, maka Poteng Jaje Tujak dan Iwel sudah dapat kita temui sehari-hari di Lombok, tanpa harus menunggu lebaran maupun acara tradisional lainnya.

6. Beberuk Terong

Beberuk Terong
Beberuk Terong. Sumber foto: http://kompaswisata.com

Beberuk Terong adalah salah satu makanan khas Lombok, berupa lalapan sebagai pendamping ayam taliwang. Lalapan ini adalah terong ungu yang dipotong kotak dan tomat dicampurkan dengan bumbu halus yang terdiri dari cabe rawit, cabe merah keriting, bawang putih, bawang merah, terasi bakar, gula pasir, kencur, garam dan minyak goreng. Bumbu – bumbu itulah yang kemudian dihaluskan dan disiramkan ke atas terong dan tomat yang sudah dipotong kotak-kotak. Lalu, tidak lupa ditambah perasan jeruk limau sebagai penyeimbang rasa. Tersajilah beberuk terung yang rasanya bermacam-macam yaitu manis, pedas, asam, dan segar bercampur menjadi satu dan melumer di mulut dengan nikmat dan menyegarkan di tenggorokan tentunya.

7. Sate Rembiga

Sate Rembiga
Sate Rembiga. Sumber foto: http://ulinulin.com

Banyak rumah makan di Lombok yang menyediakan sate Rembiga, namun sate Rembiga yang memiliki cita rasa khas Lombok dan sudah berdiri cukup lama terdapat di jalan Dakota no.2 Rembiga. Sate ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Tidak ada yang spesial dalam penamaan sate Rembiga. Dinamakan sate Rembiga hanya karena sate ini berasal dari Jalan Rembiga no. 4. Rasa sate ini gurih, manis, dan pedas. Tentu saja rasa pedas pada sate Rembiga menonjol, ini diakibatkan karena wisata kuliner Lombok memang memiliki cita rasa pedas yang nikmat.

Warung Sate Rembiga Ibu Sinnaseh 
Jl. Wahidin Sudirohusodo No.11B, Rembiga,
Selaparang, Kota Mataram,
Nusa Tenggara Barat 83124

8. Bebalung

Bebalung
Bebalung. Sumber foto: http://pesonalomboksumbawa.info

Bebalung merupakan wisata kuliner Lombok yang bahan utamanya menggunakan daging sapi atau kerbau. Dipadukan dengan bumbu-bumbu halus seperti cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit dan jahe membuat rasa bebalung semakin nikmat.

Bebalung mirip seperti sup, biasanya disajikan di mangkok dengan taburan bawang merah goreng. Jika ingin menikmati sajian ini, maka warung bebalung yang khas terdapat di Jalan HOS Cokroaminoto tepatnya di belakang kantor gubernur NTB. Rumah makan ini selalu dipadati pengunjung, karena nikmatnya makanan bebalung.

Warung Klebet
Jl. Hos Cokroaminoto, Monjok Tim.,
Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83126

Jika tertarik mencoba wisata kuliner Lombok, asyiknya sambil bertamasnya ke Lombok. Keindahan pantai dan kelezatan kulinernya dijamin membuat Anda tidak akan menyesal, telah meluangkan waktu untuk berlibur di Lombok.