5 Ide Seru Wisata Malam di Bandung

Sudah rahasia umum kalau Bandung punya banyak destinasi wisata yang menyenangkan, mulai dari kuliner, tempat belanja, dan wisata alam hingga buatan. Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Kembang ini pun seolah tak pernah kehabisan hal menarik untuk dinikmati termasuk ketika malam hari. Tidak hanya café atau club, banyak alternatif tempat lain untuk wisata malam di Bandung yang tak kalah asyik untuk dieksplorasi. Nah, ide-ide seru berikut ini bisa jadi referensi untuk Anda yang ingin menikmati suasana Bandung yang beda dengan wisata malam di Bandung:

1. Jalan-jalan malam di Braga

wisata malam di bandung
Kawasan Braga malam hari. Foto: sky-adventure.com

Bisa dibilang jalan Braga merupakan primadona wisata malam di Bandung. Di kawasan yang menjadi salah tempat nongkrong favorit para bule ini terdapat banyak tempat hiburan, seperti pusat belanja, kafe dan tempat makan dengan menu beragam, tempat karaoke, hingga bar dan klub malam. Untuk penyuka arsitektur kolonial, Braga juga akan memanjakan mata Anda. Di sana banyak bangunan kolonial yang masih kokoh nan klasik yang kala malam berbalut cahaya lampu yang eksotis. Menyusuri Braga dengan jalan kaki adalah salah ide seru wisata malam di Bandung. Apalagi jika datang ketika diadakannya Braga Culinary Night. Anda bisa sekalian menjajal aneka kuliner lezat.

wisata malam di bandung
Kawasan Braga

Meskipun terkenal sebagai tongkrongan orang “berduit”, ada banyak hotel dengan harga terjangkau jika Anda ingin menginap di sekitar Braga, seperti Favehotel Braga, Gino Feruci Braga, Royal Palace, Naripan Hotel, dan hotel lainnya.

2. Menikmati kuliner tengah malam khas Bandung

wisata malam di bandung
Nasi kalong (Instagram @dailysusanto)

Kalau Anda gemar kulineran, tak ada salahnya sesekali berburu kuliner tengah malam ketika di Bandung. Banyak tempat kuliner malam yang bisa didatangi. Selain Warung Ceu Mar di Jl. Braga yang terkenal dengan masakan khas sunda-nya, Anda juga harus mencicipi uniknya nasi kalong di Jl. Riau, perkedel bondon yang legendaris di kawasan Stasiun Hall, atau nongkrong murah meriah di Café Madtari, Jl. Ranggagading [Baca: Menikmati 10 Kuliner Malam di Bandung].

3. Menikmati citylight dari ketinggian

wisata malam di bandung
Bukit Moko malam hari

Kontur pegunungan yang membentuk cekungan Bandung sangat menarik untuk dinikmati dan diabadikan lewat jepretan kamera. Kala malam tiba, cahaya lampu membuat suasana makin romantis. Beberapa tempat untuk menikmati pemandangan tersebut antara lain Bukit Moko dan Punclut (Puncak Ciumbuleuit). Wisata malam di sana akan makin asyik karena terdapat tempat makan dengan menu yang cukup beragam. Terlebih Punclut terkenal sebagai pusatnya kuliner khas Sunda di Bandung.

wisata malam di bandung
Bellevue – GH Universal Hotel

Tapi, jika Anda malas berkendara terlalu jauh, di pusat kota terdapat beberapa restoran yang menawarkan panorama citylight yang tak kalah indah. Diantaranya Gold Star 360, Bellevue French & Italian Bistro (GH Universal Hotel), dan The 18th Restaurant and Lounge (The Trans Luxury Hotel).

Baca: 7 Restoran Paling Asyik Nikmati Bandung dari Ketinggian

4. Makan malam bersama orang spesial di café paling romantis di Bandung Utara

Populernya wisata-wisata alam di kawasan Bandung Utara membuat di sana menjamur beragam café dan tempat makan. Tak hanya sekedar makanan enak, banyak café di Bandung Utara yang menawarkan pemandangan yang luar biasa karena kawasannya yang didominasi dataran tinggi. Bahkan, beberapa cafe di sana terkenal memiliki suasana malam yang romantis sehingga kerap dipilih sebagai tempat dinner bersama keluarga atau pasangan.

wisata malam di bandung
The Peak

wisata malam di bandung
Sierra

Salah satu café yang cukup terkenal adalah The Peak Resort Dining yang beralamat di Jl. Desa Karyawangi Ciwaruga KM 6,8 No. 388. Tak hanya menikmati pemandangan kota dengan kerlipan cahaya lampu yang indah, café ini juga memungkinkan Anda menikmati pemandangan dengan sudut pandang 360 derajat! Congo Cafe, Sierra Café, dan The Valley juga menawarkan pemandangan tak kalah indah dengan menu yang enak-enak tentunya [9 Cafe Paling Romantis di Bandung Utara]. 

5. Lebih dekat ke alam dengan camping

Untuk Anda yang ingin menghabiskan malam yang penuh petualangan ketika di Bandung, Anda bisa mempertimbangkan untuk camping di puncak gunung-gunung di Bandung. Gunung-gunung di Bandung mungkin tidak begitu populer di kalangan penggiat daki gunung. Tapi, pemandangannya tak kalah indah dari gunung di daerah lain yang sudah populer dan puncak-puncaknya yang tidak terlalu tinggi relatif ramah bagi pendaki pemula. Beberapa gunung yang sering didaki dan dijadikan tempat camping di Bandung antara lain Gunung Manglayang, Gunung Putri, dan Gunung Puntang.

wisata malam di bandung
Ranca Upas (Instagram @rikafauzy)

Untuk yang liburan keluarga, camping di gunung mungkin dirasa merepotkan. Tapi tak usah khawatir, karena di sekitar Bandung juga ada beberapa camping ground yang ramah keluarga sehingga tetap aman untuk anak kecil. Misalnya, Ranca Upas di Ciwidey dan Ciwangun Indah Camp yang lokasinya cukup dekat dengan Lembang [Baca: 7 Camping Ground di Jawa Barat yang Ramah Keluarga].

wisata malam di bandung
Dusun Bambu Glamping

Kalau tidak mau repot dan ada budget lebih, ajak saja keluarga Anda untuk merasakan sensasi glamping (glamorous camping). Dusun Bambu, The Lodge Maribaya, atau Glamping Lakeside Rancabali bisa jadi pilihan untuk Anda yang mencari lokasi glamping di Bandung [Baca: Camping Mewah di 6 Lokasi Glamping di Bandung].