Wisata Alam Terbuka di Resort Maribaya

Apa kabarnya hari ini Klikers? Semoga sehat selalu ya. Kali ini, saya mau ngasih info tentang tempat wisata di Bandung yang bisa jadi referensi liburan selanjutnya. Ada tempat wisata yang belum lama ini dibuka dan sayang untuk dilewatkan kalau pergi ke Lembang, yaitu Maribaya Natural Hot Spring Resort. Cocok buat yang mencari ketenangan alam atau suka travelling ke alam terbuka. Yuk, disimak apa saja yang ditawarkan tempat wisata ini!

Sejak dulu, Maribaya sudah terkenal sebagai tempat wisata air terjun dan pemandian air panas alami yang selalu ramai pengunjung. Karena begitu ramainya, sampah pun berserakan di mana-mana, hingga akhirnya kawasan wisata ini menjadi kotor dan tidak terawat. Kawasan wisata yang memiliki luas hampir 6 hektar itu pun sempat sepi dari pemberitaan dan seolah mati suri. Tapi, itu cuma cerita masa lalu. Kini, Maribaya telah direnovasi, dibenahi, serta dilengkapi berbagai fasilitas penunjang sebagai objek wisata yang representatif, dengan nama Maribaya Natural Hot Spring Resort.  

Maribaya Natural Hot Spring Resort
Source: destinasibandung.co.id

Di Maribaya, Anda bisa menikmati air terjun, pemandian air panas, dan hutan hijau, karena memang lokasinya berdekatan dengan Taman Hutan Raya (THR) Juanda. Kawasan Maribaya ini dilewati oleh dua aliran sungai, yaitu sungai Cigulung dan sungai Cikawari. Sedangkan, curug yang ada di Maribaya adalah Curug Cikawari dan Curug Cikoleang. Untuk dapat memasuki kawasan wisata, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000,- per orang. Fyi, ini hanya tiket masuk saja ya. Tidak semua sarana bisa dinikmati secara gratis. Biar nggak kaget nanti hehe… Sedangkan, tiket parkir dikenakan tarif Rp 5.000,- per motor, Rp 10.000,- per mobil, dan Rp 25.000,- per bus. 

Maribaya Natural Hot Spring Resort
Source: sebandung.com

Gerbang Eyang Raksa Dinata

Setelah mendapatkan tiket, Anda pasti langsung kepengen selfie pas lihat bagusnya Gerbang Eyang Raksa Dinata. Jembatan kayu yang di atas sungai ini memiliki desain yang ekslusif dan merupakan salah satu landmark bersejarah di Maribaya. 

Maribaya Natural Hot Spring Resort
Source: maribaya-resort.com

Food court Langlang Buana

Setelah melewati gerbang utama, ada food court Langlang Buana. Di sini, Anda bisa istirahat sambil ngopi atau ngemil cantik sambil duduk manis di Saung Iteung. Saung ini terletak di pinggir Sungai Cigulung. Anda bisa menikmati sajian khas Jawa Barat sambil ditemani angin sepoi-sepoi. 

Maribaya Natural Hot Spring Resort
Source: maribaya-resort.com

Sky Bridge Tapak Halimun

Buat yang suka foto-foto, Sky Bridge Tapak Halimun punya banyak spot foto yang cantik. Dari jembatan layang itu, Anda bisa melihat semua penjuru kawasan hutan Maribaya. Udaranya yang segar bikin lupa sama mantan #Hahaha… 

Maribaya Natural Hot Spring Resort
Source: maribaya-resort.com

Area permainan anak

Area permainan seru bagi anak-anak juga disediakan di Maribaya. Anak-anak bisa bermain di children playground, ada kaya bukit teletubies gitu. Lucunya lagi, ada rumah Hobbit segala lho… 

Maribaya Natural Hot Spring Resort
Source: maribaya-resort.com

Twig Cafe

Twing Cafe terletak di depan Curug Cigulung. Bisa ngopi cantik sambil dengerin suara air terjun. Hati jadi adem. Oh ya, kafe ini menawarkan berbagai macam menu, lokal dan barat. Ada gado-gado, nasi goreng, sop buntut, steak, pasta, dan banyak lagi. Minumannya juga beraneka ragam, ada teh, kopi, bajigur, bandrek, mojito, jus, dan bir. 

Maribaya Barbeque Riverside

Santapan khas barbeque makin nikmat rasanya kalau di Maribaya Barbeque Riverside. Makan ditemani suara gemericik air sungai tentunya membuat Anda merasakan sensasi makan di alam terbuka yang berbeda. Harganya Rp 38.000,- per porsi untuk paket nila bakar. 

Kolam rendam air panas

Buat yang selalu sibuk dengan aktivitas kantor, pastinya badan pegel-pegel dan pikiran pun rasanya mumet banget. Nah, mumpung lagi di Maribaya, yuk cobain fasilitas foot spa di sini biar aliran darah lebih lancar. Tarifnya Rp. 30.000,- per orang. Selain foot spa, Anda juga bisa relaksasi sambil berendam di kolam air panas. Air panas alami di Maribaya dipercaya sejak lama dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti radang sendi, penyakit kulit, dan penyakit pernapasan. Harganya variatif tergantung jenis kolamnya. 

  • Kolam Deluxe, Rp 75.000,- per orang
  • Kolam private Tirta Raga, Rp 90.000,- per orang (harga promo)
  • Kolam VIP, Rp 150.000,- per orang

Talaga Giri

Talaga Giri merupakan kolam untuk memancing dan menangkap ikan. Kalau lagi liburan keluarga, pastinya seru tuh mengajak anak basah-basahan sambil menangkap ikan. Kolam pancing dibanderol dengan tarif Rp 20.000,- per 30 menit, sedangkan kolam tangkap ikan Rp 15.000,- per menit. 

Amphitheatre Bale Pinton

Anda bisa menyewa sarana ini untuk kegiatan-kegiatan yang dengan banyak peserta, seperti family outing, gathering perusahaan, ataupun pesta pernikahan. Sarana ini bisa menampung lebih dari 200 orang. 

Maribaya Glamping Tent

Maribaya Resort juga menyediakan fasilitas camping mewah, yaitu Maribaya Glamping Tent. Fasilitas ini masih anget karena baru dibuka tanggal 1 Juli 2016. Harganya mulai dari Rp. 2.188.000,-. Wow!

Sarana pendukung

Sarana pendukung di Maribaya cukup bagus dan lengkap, seperti tempat parkir yang luas, kendaraan khusus untuk mengantar pengunjung, toilet, mushola serta bangku-bangku untuk istirahat ataupun sekedar berfoto. 

Kepengen liburan ke sana? Langsung aja ke TKP…

Alamat: Jl. Maribaya No.105/212 Lembang
Email : marketing@maribaya-resort.com
Telepon: (022) 827 82228 
Jam opersional: Setiap hari pukul 08.00-22.00 WIB

Maribaya Resort dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Anda dapat mengambil rute Jl. Setiabudhi (Ledeng) – Lembang. Dari perempatan Pasar Lembang, ambil jalan lurus menuju D'Ranch. Anda akan menemukan Jl. Maribaya. Terus saja susuri jalan itu. Jaraknya sekitar 5 km dari pusat Lembang. Jalur alternatif lainnya kalau nggak mau macet-macetan di Jl. Setiabudhi, Anda bisa mengambil rute Ciumbuleuit (Punclut) atau Jalan Dago Giri (lihat peta). 

 

Facebook Comment

Related Post

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Nikmatnya Jejamuran, Petani Jamur pun Tersenyum

Doyan jamur? Jika ya, maka saat travelling ke Jogja Anda harus menyempatkan diri untuk kuliner di Jejamuran. Dari namanya pun,...

Close