Wisata Medis Luar Negeri yang Menjadi Favorit Orang Indonesia

Dahulu berwisata hanya dikenal untuk kepentingan mengunjungi suatu wilayah untuk melihat alam yang indah dan bersenang-senang. Namun saat ini, trend wisata bukan hanya sekedar untuk bersenang-senang, namun juga untuk pengobatan atau istilah kerennya adalah wisata medis. Wisata medis adalah wisata yang bertujuan untuk berobat ke suatu wilayah atau luar negeri, sembari menikmati layanan yang diberikan oleh negara tersebut. Oleh karena itu, wisata medis luar negeri menyajikan paket-paket wisata medis bagi mereka yang ingin berobat sekalian berlibur ke luar negeri

Dahulu destinasi terkenal untuk wisata medis adalah New York dan Paris, namun saat ini trend pun bergeser. Ada beberapa negara di Asia yang menjadi destinasi wisata medis luar negeri adalah sebagai berikut.

1. Korea Selatan

Grand Plastic Surgery, salah satu RS operasi plastik kelas dunia di Korea
Grand Plastic Surgery, salah satu RS operasi plastik kelas dunia di Korea. Sumber foto: http://www.medisetter.com

Komplek toko kosmetik di Myeongdong
Komplek toko kosmetik di Myeongdong. Sumber foto: http://says.com

Kuil di Geumsan Forest Park
Kuil di Geumsan Forest Park. Sumber foto: http://edition.cnn.com

Gangwon-do, Chiaksan National Park
Gangwon-do, Chiaksan National Park. Sumber foto: http://www.traveltheworldaround.com

Disebabkan Korea Selatan yang ahli promosi dengan K Pop dan K Dramanya, membuat Korea Selatan banyak dikunjungi oleh Amerika, Rusia, Jepang dan Cina untuk melakukan operasi plastik di sana. Operasi plastik di Korea  Selatan dinilai selalu memukau oleh dunia. Selain karena tingkat keberhasilan operasi yang menakjubkan,  di sini, operasi plastik seperti sebuah kewajiban bagi warganya untuk mempercantik diri. Maka tak heran, operasi plastik di Korea Selatan tidak sepi peminat.

Di wilayah Gangnam misalnya, banyak praktik yang menawarkan operasi plastik. Bahkan demi mempromosikan wisata medis ke dunia Korea Selatan mengadakan acara K pop Korea Medical Tourism. Acara ini diharapkan dapat memancing turis luar negeri untuk berkunjung ke tempat wisata luar medis luar negeri yang satu ini.

Di acara tersebut, rumah sakit-rumah sakit terkemuka di Korea Selatan berkumpul dan menyediakan penawaran yang menarik untuk pengobatan sekaligus wisata di Korea Selatan. Biasanya tempat yang dikunjungi setelah pasca pengobatan adalah Geumsan Forest Park dan Taman Nasional Chiak.

Bagi kamu yang tertarik untuk operasi plastik di Korea Selatan, cukup menarik kocek sekitar 90 hingga 150 juta, kamu sudah bisa menikmati operari tulang rahang, pipi, atau dagu. Silakan berkunjung ke Korea Selatan, untuk menikmati pelayanan medis mereka. 

2. Thailand dan India

Thailand Medical Tourism
Thailand Medical Tourism. Sumber foto: https://id.pinterest.com/surfadoc/

Bangkok International Hospital, salah satu RS populer untuk operasi plastik
Bangkok International Hospital, salah satu RS populer untuk operasi plastik. Sumber foto: http://tastythailand.com

India Medical Tourism
India Medical Tourism. Sumber foto: http://www.anantagroup.com

All India Institute of Medical Sciences [AIIMS], RS nomor 1 terbaik di New Delhi
All India Institute of Medical Sciences [AIIMS], RS nomor 1 terbaik di New Delhi. Sumber foto: http://collegedunia.com

Selain Korea Selatan, Thailand dan India juga merupakan tujuan wisata medis bangsa-bangsa Asia khususnya. Ini disebabkan karena biaya melakukan check up kesehatan di wilayah Thailand dan India tergolong murah jika dibandingkan dengan negara lainnya. Nilai tukar mata uang rupiah misalnya terhadap mata uang India maupun Thailand tergolong rendah dan dapat dijangkau daripada dibandingkan dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar Singapura.

3. Singapura

Mount Elizabeth Novena  Hospital di Singapura tengah memiliki fasilitas yang dapat melayani wisata medis
Mount Elizabeth Novena  Hospital di Singapura tengah memiliki fasilitas yang dapat melayani wisata medis. Sumber foto: http://www.medisetter.com

Hospital Land di dalam RS Mount Elizabeth Novena tempat edukasi anak-anak tentang kedokteran
Hospital Land di dalam RS Mount Elizabeth Novena tempat edukasi anak-anak tentang kedokteran. Sumber foto: sakuraharuka.com

Area Marina Bay, Salah satu tempat pilihan para turis untuk jalan-jalan setelah medical check di Singapura
Area Marina Bay, Salah satu tempat pilihan para turis untuk jalan-jalan setelah medical check di Singapura. Sumber foto: http://nomadcapitalist.com

Selain sebagai surga wisata belanja, Singapura juga menjadi salah satu destinasi wisata medis terkenal di Asia. Ini disebabkan karena Singapura merupakan negara berteknologi canggih, pemandangan dan pelayanan yang bagus di sana, serta kemampuan berbahasa Inggris warganya yang mumpuni membuat bangsa-bangsa dari berbagai negara berdatangan untuk melakukan pengobatan ke Singapura ini.

Para pengunjung dibuat nyaman dengan berbagai fasilitas wisata medis luar negeri yang mereka terapkan. Sehingga banyak warga Indonesia yang lebih memilih berwisata medis ke Singapura dibandingkan Thailand dan India.

4. Malaysia

Prince Court Medical Centre Kuala Lumpur, salah satu RS kelas dunia di Malaysia
Prince Court Medical Centre Kuala Lumpur, salah satu RS kelas dunia di Malaysia. Sumber foto: http://www.mommyshahab.com

Legoland
Legoland. Sumber foto: http://www.11street.my

Arena Malaysia F1 Grand Prix di Sepang
Arena Malaysia F1 Grand Prix di Sepang. Sumber foto: http://f1destinations.com

Hello Kitty Land di Johor Bahru
Hello Kitty Land di Johor Bahru. Sumber foto: http://airyougotravels.com

Malaysia juga merupakan salah satu wisata medis luar negeri yang sering dikunjungi oleh negara Asia khususnya Indonesia. Nilai tukar mata uang yang rendah terhadap Indonesia, membuat Malaysia selalu menjadi incaran untuk melakukan pengobatan.

Melihat banyaknya jumlah orang-orang Indonesia yang melakukan pengobatan di Malaysia, negara ini tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Malaysia pernah  menggelar “Malaysia Healthcare Expo 2016” melalui Malaysia Healthcare Travel Council  (MHTC) di Surabaya. Even ini membawa 15 perwakilan rumah sakit di Malaysia dari total 73 rumah sakit di Malaysia. Mereka menawarkan berbagai paket pengobatan untuk wisata medis ke Malaysia, seperti medical check-up, implan gigi, perawatan kesuburan, healthcare, onkologi, bedak estetik dan masih banyak lainnya.

Bagi Malaysia, Indonesia merupakan salah satu target kunjugan turis yang harus mereka tingkatkan datang ke Malaysia, baik untuk perjalanan bisnis maupun untuk tujuan wisata medis. Malaysia melihat prospek kunjungan turis Indonesia ke Malaysia adalah kunjungan yang menjanjikan. Jika kita lihat tahun 2015 saja, sekitar 2,78 orang berobat ke Malaysia dan 500.000 di antaranya adalah untuk melakukan wisata medis luar negeri.

Selain itu, pihak Malaysia juga bekerja-sama dengan Maskapai penerbangan AirAsia , AirAsia memberikan potongan 15% bagi mereka warga Surabaya yang ingin melakukan wisata medis luar negeri ke Malaysia, saat bootcamp berlangsung. Tidak berhenti sampai di situ, Malaysia juga menawarkan kenyamanan untuk pasien berupa fasilitas  antar jemput dari dan ke bandara, hotel yang dekat dengan rumah sakit sehingga keluarga pasien merasa aman dan nyaman. Island Hospital Penang adalah salah satu hotel bintang lima yang menawarkan fasilitas ini. Sehingga tentu saja diharapkan kunjungan turis luar negeri akan semakin mengalami peningkatan yang tajam bagi negara Malaysia.

Untuk itu, Malaysia tidak hanya melakukan promosi wisata Medis, mereka juga memperkenalkan kembali destinasi wisata yang banyak diincar oleh para turis seperti legoland, gelaran balap MotoGP,  Formula 1, hingga Hello Kitty semakin menambah warna semarak Malaysia di mata dunia khususnya Indonesia.

Malaysia juga memiliki keistimewaan lain dibanding negara wisata medis luar negeri lainnya, yaitu tipe kamar apapun yang kita pilih untuk pengobatan di Malaysia, pasien tetap mendapatkan pelayanan yang sama. Ini disebabkan karena ada peraturan ketat dari pemerintah Malaysia agar tarif pelayanan dokter sama, meskipun memesan kamar yang berbeda-beda tarifnya. Yang membedakan hanya fasilitas dan pelayanan kamar pasien saja, namun sekali lagi kalau tarif kesehatan dan perawatan yang dilakukan oleh dokter adalah sama.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi mereka yang ingin berwisata medis ke luar negeri yang memiliki kocek terbatas. Jika dibandingkan Singapura, Malaysia memiliki harga yang kompeten untuk menarik wisatawan asing mengunjungi negaranya.

Nah, bagi kamu yang berminat untuk wisata medis luar negeri, silahkan pilih salah satu negara ini untuk menjadi tujuanmu. Nikmati perjalanan yang nyaman, pengobatan yang aman serta fasilitas medis yang mumpuni di luar negeri.

One Comment

Comments are closed.