Inilah Daftar Wisata Murah Meriah di Bogor

Wisata berkualitas tidak harus jauh dan tidak harus mahal. Ada banyak destinasi wisata di dekat kita yang bisa diakses dengan mudah dan biaya lebih hemat. Wisata murah meriah di Bogor adalah salah satunya. Kota yang terkenal dengan julukan Kota Hujan ini menyimpan banyak potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dan melepas stres akibat beban pekerjaan.

Berikut ini beberapa tempat wisata murah meriah di Bogor yang sering dikunjungi wisatawan.

1. Agrowisata Gunung Mas

Pemandangan Kebun Teh Gunung Mas Puncak Bogor
Pemandangan Kebun Teh Gunung Mas Puncak Bogor. Sumber foto: http://www.idtempatwisata.com

Jalan-jalan di kebun teh
Jalan-jalan di kebun teh. Sumber foto: http://www.liburananak.com

Menunggang kuda
Menunggang kuda. Sumber foto: http://www.liburananak.com

Penginapan di Gunung Mas
Penginapan di Gunung Mas. Sumber foto: http://www.liburananak.com

Agrowisata Gunung Mas berada di kawasan Perkebunan Teh Puncak Bogor. Seluas mata memandang, yang terlihat hanyalah hijaunya tanaman teh, dan dari kejauhan tampak gunung-gunung menjulang tinggi mengelilingi.

Di sini kita bisa berjalan santai menyusuri tanaman teh sambil menikmati udara segar. Luasnya kebun bisa kita susuri dengan menunggang kuda. Jika takut dan tidak bisa berkuda, sang pawang kuda siap menjaga dan mendampingi hingga selesai. Berkuda aman dilakukan oleh anak-anak hingga orangtua karena kuda-kudanya sudah jinak dan terlatih. Selain, itu medan yang dilewati tidak berbahaya. Rute yang bisa dipilih ada yang berjarak 4 km, 6 km, dan 8 km.

Pabrik teh Gunung Mas yang berada di lokasi ini bisa kita kunjungi dengan pendampingan pemandu. Kita bisa melihat langsung proses pengolahan tanaman teh dari bentuk daun segar yang baru dipetik hingga menjadi daun teh kering siap konsumsi. Keseruan berwisata di sini dilengkapi dengan bermain air di kolam renang Tirta Mas. Jika ingin bermalam, tersedia penginapan dengan harga terjangkau. Anda mungkin memerlukan jaket dan selimut tebal karena pada malam hari suhu di sini sangat dingin.

2. Kampung Sindang Barang

Kampung Budaya sindang Barang
Kampung Budaya sindang Barang. sumber foto: https://novafirliani.wordpress.com

Mandi sore di Sungai Ciapus
Mandi sore di Sungai Ciapus. Sumber foto: https://novafirliani.wordpress.com

Pamintonan Sunda Sawengi di Kampung Budaya Sindang Barang
Pamintonan Sunda Sawengi di Kampung Budaya Sindang Barang. Sumber foto: https://novafirliani.wordpress.com

Berwisata ke Kampung Sindang Barang, kita tidak hanya menikmati alam pedesaan khas Suku Sunda, tapi juga belajar memahami kebudayaan dan kearifan lokal masyarakat setempat. Kampung ini termasuk tempat wisata murah meriah di Bogorkarena pengunjung tidak banyak dipungut biaya.

Kampung Sindang Barang berada di Desa Psair Eurih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor. Akses menuju ke sini sangat mudah karena tidak jauh dari pusat Kota Bogor, yaitu sekitar 5 km. Berada di sini terasa seperti berada di kampung asli dengan pemandangan pesawahan dan bukit hijau yang asri. Terdapat sejumlah bangunan tradisional khas Suku Sunda yang terbuat dari bahan bangunan alam seperti papan, bambu, bilik dan ijuk. Beberapa di antaranya bisa disewa untuk menginap.

Di kampung ini terdapat bukit-bukit berundak yang merupakan situs purbakala. Kita juga bisa belajar tari dan bermain musik gamelan khas Sunda. Jika ingin lebih seru, datanglah pada saat diselenggarakan upacara adat Seren Tahun. Upacara tahunan ini merupakan wujud rasa syukur masyarakat atas hasil panen tahun tersebut.

3. Curug Ciampea

Pemandangan Curug Ciampea
Pemandangan Curug Ciampea. Sumber foto: IG @nyongbogor

Curug Ciampea atau Cipata, tapi warga sekitar lebih suka menyebutnya Green Lagoon
Curug Ciampea atau Cipata, tapi warga sekitar lebih suka menyebutnya Green Lagoon. Sumber foto: http://ngadem.com

Jernihnya air di Curug Ciampea
Jernihnya air di Curug Ciampea. Sumber foto: http://kesiniaja.com

Alam Bogor kaya akan air terjun atau curug yang siap untuk dikunjungi para petualang. Beberapa curug di antaranya masih sangat alami, belum banyak terjamah wisatawan. Salah satunya adalah Curug Ciampea yang berada di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Tempat wisata murah meriah di Bogorini mulai diketahui keberadaannya oleh masyarakat luas setelah ada acara syuting film di sini. Letaknya satu jalur dengan Curug Putri yang sudah lebih dulu terkenal.

Curug Ciampea sangat istimewa karena masih benar-benar alami. Airnya sangat jernih dan arusnya relatif tenang sehingga aman untuk berenang. Saking jernihnya air ini, kita bisa menyelam dan melihat dengan jelas keindahan pemandangan bawah airnya. Bagi yang suka befoto atau video bawah air, inilah tempat yang tepat. Kejernihan air dan keindahan bawah air curug ini mulai banyak diekspos di media sosial oleh pengunjung yang pernah datang.

Curug Ciampea belum dikelola secara resmi. Kita tidak dikenai tiket masuk atau pungutan apapun. Konsekuensinya, tidak ada fasilitas apapun di tempat ini. Kita hanya bisa mengandalikan fasilitas alam yang seadanya. Segala keperluan dibawa sendiri, dan risiko keselamatan juga menjadi tanggung jawab pribadi.

4. Suaka Elang

Pemandangan di Suaka Elang
Pemandangan di Suaka Elang. sumber foto: http://udaindra.blogspot.co.id/

Jembatan gantung Suaka Elang
Jembatan gantung Suaka Elang. Sumber foto: http://udaindra.blogspot.co.id/

Suaka Elang Loji Bogor
Suaka Elang Loji Bogor. Sumber foto: http://hellobogor.com

Suaka elang di Kampung Loji menjadi salah satu primadona wisata alam di Bogor. Burung elang termasuk predator besar di udara yang terancam punah. Di alam bebas, elang hanya bisa dilihat di tempat-tempat tertentu. Di suaka inilah kita bisa mendapat informasi dan melihat langsung aneka jenis elang yang dimiliki negeri kita.

Dalam perjalanan menuju lokasi, kita disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah dan sejuk. Ada curug yang mengalirkan air bersih dari Gunung Salak. Rasa lelah mendaki jalan setapak yang berkelok dan curam, kalah oleh rasa gembira dan semangat. Memasuki lokasi suaka, kita melewati jembatan gantung yang populer karena sering dijadikan spot selfie dan wefie. Tak jauh dari jembatan ini, ada sejumlah sangkar besar berisi elang yang dirawat dan dilindungi.

Di kawasan Suaka elang ini terdapat area camping yang bersih dan nyaman. Walau berada di tengah hutan pinus dan pepohonan besar lainnya, tidak ada binatang liar yang membahayakan keselamatan pengunjung. Fasilitas dasar seperti toilet dan tempat sampah sudah tersedia. Tarif parkir dan izin mendirikan tenda ditetapkan sebesar Rp 25 ribu.

5. Gunung Batu Jonggol

Pemandangan Gunung Batu Jonggol
Pemandangan Gunung Batu Jonggol. Sumber foto: https://bersapedahan.wordpress.com

Curug mini setelah bendungan Cipamingkis
Curug mini setelah bendungan Cipamingkis. Sumber foto: https://bersapedahan.wordpress.com

Puncak Gunung Batu Jonggol
Puncak Gunung Batu Jonggol. Sumber foto: http://www.jalanpendaki.com

Bagi yang suka treking ekstrim, Gunung Batu bisa jadi tempat latihan yang sempurna. Gunung yang terletak di daerah Jonggol ini sebenarnya lebih tepat jika disebut bukit atau tebing batu karena ukurannya kecil, yaitu setinggi 875 mdpl. Bahkan, jalur pendakiannya hanya sepanjang 200 meter.

Trek menuju puncak Gunung Batu cukup terjal, makin tinggi makin curam. Untuk membantu mendaki, dipasang talipegangan sepanjang jalur yang curam. Jika sudah sampai puncak, kita bisa menikmati kemenangan perjuangan dengan menikmati indahnya pemandangan alam Bogor dari ketinggian.

Menarik kan, Kliker? Butuh ide wisata menarik di Bogor, silahkan kunjungi artikel 7 Wisata Bogor yang Menarik untuk Dikunjungi