Destinasi Wisata Pesawahan di Indonesia Ini Sudah Dikenal Traveler Mancanegara

Sebagai negara agraris, melihat sawah bukan hal aneh bagi kebanyakan orang Indonesia. Mungkin Anda juga kurang bersemangat kalau ada yang mengajak traveling hanya untuk melihat-lihat sawah. Tapi, jangan salah, memandang sawah-sawah hijau itu menyenangkan dan menenangkan. Apalagi banyak wisata pesawahan di Indonesia yang terkenal indah. Bahkan beberapa diantaranya sudah terkenal di kalangan traveler mancanegara.

1. Jatiluwih, Tabanan – Bali

Jatiluwih yang terletak di kaki Gunung Batukaru, tepatnya di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan bisa dikatakakan sebagai unggulan wisata pesawahan di Indonesia. Sawah-sawah berundak yang mengikuti kontur tanah yang miring akan memanjakan mata siapapun yang memandang pesawahan Jatiluwih yang luasnya 600 hektar lebih. Pesona terbaik pesawahan Jatiluwih adalah ketika padi sedang hijau-hijaunya. Bila cuaca sedang cerah, Anda bisa menikmati panorama pesawahan Jatiluwih dengan jelas berlatar Gunung Batukaru yang gagah. Keistimewaan Jatiluwih tak cuma sebatas pemandangannya yang indah. Sistem pengairan sawah di Jatiluwih yang disebut subak telah tercantum sebagai warisan budaya UNESCO. Karenanya, wajar bila pesawahan Jatiluwih kerap ramai dikunjungi turis asing yang liburan ke Bali.

wisata pesawhan di indonesia
Jatiluwih Rice Terrace. Foto: IG @jozsef.csato

2. Tegalalang, Gianyar – Bali

Pesawahan Tegalalang memang tak seluas Jatiluwih. Tapi, area pesawahan terasering ini juga sangat populer dan sering digunakan sebagai lokasi pemotretan maupun syuting. Lokasinya yang hanya butuh 20 menit berkendara dari pusat Ubud juga menjadikan Tegalalang sebagai destinasi yang sering dikunjungi turis lokal maupun asing yang menjelajah Ubud dan Kintamani. Di sekitar pesawahan Tegalalang, Anda akan menemukan beberapa tempat makan dengan pemandangan langsung ke pesawahan dan terdapat pula toko-toko yang menjual kerajinan khas Bali. Bersepeda keliling bisa menjadi aktivitas seru untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran sambil menikmati keindahan Tegalalang.

wisata pesawahan di indonesia
Tegalalang, Bali. Foto: IG @mayize

3. Bukit Pergasingan, Lombok Timur – Nusa Tenggara Barat

Bukit Pergasingan berada di kawasan Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Bukit yang berada pada ketinggian 1.700 mdpl ini dapat menjadi alternatif untuk Anda yang ingin menikmati keindahan Rinjani tapi belum berani mendakinya. Puncak bukit ini menawarkan pemandangan yang beragam, mulai dari Gunung Rinjani yang menjulang tinggi, lanskap perbukitan, pemukiman penduduk, hingga pesawahan unik. Ya, dari Bukit Pergasingan, Anda bisa menikmati pemandangan petak-petak sawah yang tertata rapi seperti keramik aneka warna.

wisata pesawahan di indonesia
Pemandangan dari Bukit Pergasingan. Foto: IG @zhi_virgo

4. Lingko Cancar, Manggarai Timur – Nusa Tenggara Timur

Desa Cancar terletak di Kecamatan Ruteng, Kabupaten Kabupaten Manggarai Timur, pulau Flores. Desa ini memiliki hamparan sawah yang sangat unik. Area pesawahan di sana merupakan tanah adat komunal untuk memenuhi kebutuhan bersama, yang disebut lingko. Masyarakat di sana menerapkan sistem pembagian sawah tradisional yang khas yang telah dilakukan turun-temurun. Petak-petak sawahnya dibentuk seperti jaring laba-laba. Tak hanya wisatawan dalam negeri, banyak wisatawan asing yang kagum dengan keindahan dan keunikan hamparan sawah kebanggaan masyarakat Manggarai ini.

Sawah laba-laba di Manggarai, Flores. Foto: IG @lisa_wijaya_

5. Lembah Harau, Lima Puluh Kota – Sumatera Barat

Wisata pesawahan di Indonesia selanjutnya ada di Lembah Harau, yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Lembah yang dijuluki Yosemite-nya Indonesia ini menyuguhkan pemandangan sawah yang diapit tebing-tebing tinggi. Tebing-tebingnya saling berhadapan dan mengelilingi lembah sehingga terlihat seperti sebuah benteng. Tak hanya menikmati pemandangan sawah, Lembah Harau juga memiliki beberapa air terjun dengan panorama eksotis. Banyak pula wisatawan yang datang ke sana untuk panjat tebing.

wisata pesawahan di indonesia
Pesawahan Lembah Harau. Foto: minangindonesia.com

6. Bukit Panyaweuyan Argapura, Majalengka – Jawa Barat

Jawa Barat juga memiliki destinasi pesawahan yang tak kalah memikat. Ialah Bukit Panyaweuyan Argapura yang berlokasi di Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Bukit ini berada pada ketinggian sekitar 1.000 mdpl di kaki Gunung Ciremai. Anda yang suka fotografi alam akan betah lama-lama di sana. Dari puncak bukit, Anda bisa mengabadikan lanskap Gunung Ciremai dan terasering sawah dan perkebunan yang tertata begitu apiknya. Atmosfirnya yang dibalut udara sejuk khas pegunungan membuat tempat ini cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.

wisata pesawahan di indonesia
Bukit Panyaweuyan Argapura. Foto: @suhardikawardhanna

One Comment

Comments are closed.