Yuk Ikutan Wisata Petik Apel di Batu!

Apel-Malang1

Siapa yang tak suka buah apel? Buah yang menjadi logo sebuah perusahaan teknologi di USA ini dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Sampai-sampai ada sebuah idiom yang berbunyi, “Eat an apple a day keeps the doctor away.” Beberapa jenis buah apel yang menjadi favorit saya adalah apel hijau dan apel fuji. Sorry to say, tapi saya tidak suka apel merah USA yang teksturnya seperti kapas. Saya lebih suka apel hijau yang renyah dan memiliki citarasa sedikit masam. Bicara tentang apel hijau, beruntunglah kita karena Indonesia memiliki apel malang. Apel malang bahkan menjadi ikon Kota Batu sehingga kota ini pun kerap dijuluki sebagai Kota Apel.

Apel malang terdiri dari dua jenis, yaitu apel rome beauty dan apel manalagi. Apel rome beauty memiliki karakteristik kulit hijau dengan semburat kemerahan, rasa manis dengan warna daging putih kehijauan. Sedangkan apel manalagi memiliki karakteristik kulit kuning kehijauan, rasa manis dengan aroma kuat, dan warna daging putih kekuningan. Apel malang ini sangat sangat cocok untuk dikonsumsi langsung ataupun dijadikan bahan untuk membuat pie, selai, sari buah, keripik ataupun olahan lainnya.

wisata petik apel
wisata petik apel

Nah, jika Klikers sedang berlibur ke kota Malang, sempatkanlah untuk berkunjung juga ke Batu yang terletak 15 km dari sebelah barat kota Malang. Selain Jatim Park dan Batu Spectacular Night, wisata lain yang semakin booming di Batu adalah wisata petik apel. Salah satu wisata petik apel yang dapat Anda kunjungi adalah di perkebunan apel milik Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA). KTMA ini adalah kelompok tani yang memiliki anggota beberapa orang petani apel. Mereka menggilir waktu panennya sehingga setiap hari akan terus ada buah apel yang layak dipetik. Hihihi, dengan demikian Anda tidak akan mengalami kekecewaan karena tidak menemukan buah apel saat datang ke sana.

Kebun Apel Malang
Kebun Apel Malang

Sambil menikmati pemandangan indah gunung-gunung yang menghijau, Anda dapat berjalan-jalan dan memetik buah apel sepuasnya. Harga tiket masuknya hanya Rp 20.000,00 (info 2014). Saking banyaknya buah apel di pohon, Anda bisa menemukan apel-apel itu berjatuhan ke tanah. Pohon-pohon apelnya tidak terlalu tinggi, jadi Anda tidak perlu sampai memanjat pohon. Hehehe. Apel-apel ini juga bisa langsung Anda makan. Bagi Anda yang terbiasa “sangat higienis” (LOL), Anda bisa menggunakan tissue basah untuk mengelap buah-buah apel tersebut sebelum Anda kunyah. Krauk! Jika Anda ingin membawa pulang apel tersebut, Anda bisa membelinya dengan harga Rp 15.000 – Rp 20.000, tergantung jenis dan ukuran apel. Selain apel segar, Anda juga dapat membeli keripik apel di Koperasi Unit Desa di sana.

apel keranjang

Wisata petik apel ini bukan hanya ada di KTMA. Saat ini di kota Malang sudah cukup banyak wisata petik apel. Namun, Anda harus pandai-pandai memilih karena ada agrowisata petik apel yang mematok harga tiket masuk cukup tinggi. Anda bisa juga mendatangi Kusuma Agrowisata yang sudah buka sejak tahun 1991. Kusuma Agrowisata bukan hanya menawarkan wisata petik apel, tapi juga ada wisata petik jambu air, petik jeruk, dan petik sayur-sayuran. Kusuma Agrowisata ini juga memiliki waterpark dan menyediakan fasilitas outbond. Tapi… jika Anda memilih untuk berwisata petik apel di Kusuma Agrowisata, Anda harus memastikan dulu apakah pohon apelnya sedang berbuah.

Jika Anda tak puas hanya dengan memetik apel, Anda bisa juga meluncur ke Desa Gunungsari untuk menikmati wisata petik bunga mawar, ke Desa Sidomulyo untuk memetik tanaman dan bunga hias, serta memetik sayuran di Desa Sumberrejo. Bagi kita yang terbiasa hidup di kota-kota besar, memetik buah dan sayur tentunya akan menjadi pengalaman mengasyikkan. Semoga dengan mengikuti wisata petik apel ataupun petik sayur dan bunga ini, kita bisa belajar untuk semakin mencintai alam dan menghargai para petani kita.

kusuma-agrowisata

Kelompok Tani Makmur Abadi beralamat di: Jalan Diponegoro 10 Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur.

Kusuma Agrowisata beralamat di: Jalan Abdul Gani Atas, Kota Batu,Malang, Jawa Timur.

(marchaela)

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *