Yuk, Kunjungi 9 Obyek Wisata Alam di Malang!

Kota Malang terletak 90 km sebelah selatan Surabaya dan merupakan kota kedua terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota Malang sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda. Tak aneh. Malang yang terletak di dataran tinggi ini memiliki hawa yang sejuk dan dikelilingi pegunungan yang indah. Suasananya sungguh-sungguh menyamankan hati, pikiran, dan juga mata. Bagi Klikers yang menggemari wisata alam, berikut 9 obyek wisata alam di Malang yang bisa Anda kunjungi:

1. Air Terjun Coban Rondo

Coban Rondo
Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo terletak 12 km dari Kota Batu, tepatnya di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon. Air terjun ini memiliki ketinggian 60 meter. Anda tidak perlu menempuh medan yang sukar untuk dapat mencapai Air Terjun Coban Rondo ini. Ada kisah cinta di balik air terjun ini. Rondo, dalam bahasa jawa artinya adalah janda. Alkisah, seorang wanita cantik bernama Dewi Anjarwati menjadi janda karena suaminya, Raden Baron Kusuma, tewas dalam pertarungan melawan Joko Lelono. Joko Lelono ingin merebut Dewi Anjarwati dari tangan Raden Baron Kusuma. Namun, Raden Baron Kusuma menyembunyikan sang istri di suatu goa. Sejak saat itulah konon muncul sebuah air terjun. Air terjun tersebut kemudian dikenal dengan nama Air Terjun Coban Rondo.

Lihat Peta

2. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot
Pantai Sipelot

Salah satu obyek wisata alam di Malang yang belum banyak diketahui orang adalah Pantai Sipelot. Pantai Sipelot terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Jaraknya kira-kira lima jam perjalanan dari Kabupaten Sidoarjo. Pantainya memiliki hamparan pasir putih nan luas, ombaknya cukup kuat sehingga Anda tidak bisa berenang di sana. Pantai Sipelot ini dikeliling bukit-bukit di sisi barat dan timurnya, dengan hamparan batu-batu karang. Di sebelah barat pantai, Anda akan melihat sebuah air terjun mengalir dari bukit. Air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Sipelot.

Lihat Peta

3. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
Pantai Balekambang

Obyek wisata alam di Malang yang satu ini dikenal sebagai Tanah Lot-nya Malang. Pantai Balekambang terletak di Kecamatan Bantur, 65 km sebelah selatan kota Malang. Di dekat Pantai Balekambang terdapat tiga buah pantai, yaitu: Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas Pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura yang bernama Pura Luhur Amertha Jati dengan sebuah jembatan yang menghubungan pulau itu dengan Pantai Balekambang. Keberadaan pura inilah yang membuat Pantai Balekambang tampak seperti Tanah Lot di Bali. Di bulan Suro, Pantai Balekambang ini menjadi lebih ramai karena akan digelar Upacara Surohan dan Upacara Jalanidha Puja.

Lihat Peta

4. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, sekitar 62 km arah selatan Kota Malang. Pantai yang luasnya kurang lebih 10 ha ini terdiri dari hutan lindung, areal wisata pantai, penginapan, dan lahan parkir. Pantai Ngliyep yang berpasir putih ini dikelilingi lebatnya hutan lindung dengan ombak ganas yang menghantam tebing-tebing. Cukup berbahaya untuk berenang, namun di Pantai Ngliyep ini Anda dapat menikmati sunset, bermain-main pasir, ataupun mencari kerang. Di lokasi ini juga terdapat sebuah bukit yang dinamakan Bukit Cinta Kasih. Ada suatu kepercayaan setempat bahwa jika ada pasangan muda-mudi bermain di bukit ini maka kelak mereka akan menjadi suami-istri. Setiap tanggal 14 Maulud, di Pantai Ngliyep ini diadakan upacara Labuhan, yaitu melarung sesaji ke lautan sebagai ucapan syukur sekaligus untuk memanjatkan doa-doa. Sesaji tersebut terutama diperuntukkan untuk Nyi Roro Kidul.

Lihat Peta

5. Wisata Agro Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari
Kebun Teh Wonosari

Agrowisata Kebun The Wonosari terletak di lereng Gunung Arjuna, Kecamatan Lawang, kira-kira 1 jam perjalanan dari kota Malang. Nikmati indahnya hamparan kebun teh yang terletak di ketinggian 950 – 1250 mdpl. Di sini Anda dapat berjalan-jalan di kebun teh, melihat proses pengolahan teh, dan tentu saja mencicipi teh. Di Kebun The Wonosari ini juga terdapat berbagai fasilitas pendukung rekreasi keluarga. Anda bisa melakukan aktivitas outbond, berendam di kolam air panas, berkemah, bahkan mencoba mendaki Gunung Arjo.

Lihat Peta

6. Agro Tawon Rimba Raya

Mau mencoba wisata alam di Malang yang tak melulu pantai atau gunung? Tidak takut tawon? Berkunjunglah ke Agro Tawon Rimba Raya. AgroTawon Rimba Raya berlokasi di Barat jalan raya jurusan Lawang – Malang. Saat tiba, Anda akan disambut oleh hamparan kebun bunga berwarna kuning. Di Agro Wisata Tawon Rimba Raya, Anda dapat mempelajari seluk-beluk lebah madu. Anda juga dapat mencicipi madu langsung dari sarangnya. Di sini juga ada jasa terapi sengat lebah yang dipercaya dapat mengobati penyakit kanker dan stroke. Salah satu aktivitas yang akan digemari anak-anak Anda adalah mencoba membuat patung lilin dari ampas madu (tolo). Dan tentu saja di sini juga terdapat outlet penjualan berbagai jenis madu.

Lihat Peta

7. Air Terjun Sumber Pitu, Dusun Tulungrejo

Air Terjun Sumber Pitu,
Air Terjun Sumber Pitu, Dusun Tulungrejo

Air Terjun Sumber Pitu terletak di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Wisata alam di Malang yang satu ini juga tidak terlalu dikenal karena memang belum terbuka untuk umum dan masih berada di bawah pengelolaan Perhutani. Air terjun ini mulai populer sejak tahun 2014 lalu. Untuk dapat mencapai air terjun Sumber Pitu ini, para pengunjung harus bersusah payah terlebih dahulu. Pasalnya, air terjun ini letaknya tersembunyi di balik rimbunnya hutan belantara. Bahkan, sebelum dapat tiba di air terjun Sumber Pitu, Anda bakalan harus memanjat tebing dengan kemiringan 45 derajat. Maka, ingatlah selalu untuk mengikuti instruksi pemandu. Walaupun namanya Sumber Pitu, tapi di kawasan ini terdapat sekitar 14 air terjun (coban) yang jaraknya saling berdekatan. Ada tujuh buah air terjun setinggi 70 meter di tengah hutan. Sungguh mempesona. Ada juga sebuah batang pohon raksasa yang telah tumbang. Batang pohon ini kerap menjadi spot foto favorit.

Lihat Peta

8. Air Terjun Sumber Pitu, Desa Duwet Krajan

Air Terjun Sumber Pitu, Tumpang
Air Terjun Sumber Pitu, Tumpang

Fyi, di Malang ada air terjun Sumber Pitu lainnya, yaitu yang berada di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Di obyek wisata Air Terjun Sumber Pitu di Desa Duwet Krajan ini, Anda juga dapat menemukan 7 sumber mata air berdekatan yang terletak di tebing sehingga memuncratkan air dan jadilah air terjun sumber pitu tersebut. Air terjun Sumber Pitu di Desa Duwet Krajan ini dipercaya sebagai air suci sehingga kawasan wisata ini memiliki nilai magis.

Lihat Peta

9. Sumber Air Krabyakan

Sumber Air Krabyakan
Sumber Air Krabyakan

Sumber Air Krabyakan terletak di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Malang. Wisata sumber air Krabyakan ini menawarkan suasana alam air yang jernih dengan kolam alami yang dikelilingi bebatuan. Anda bisa mencoba berendam di kolam ataupun di sungai yang mengalir. Ada juga kolam terapi ikan. Di sini Anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan hamparan sawah dengan batu-batu kali. Seusai berenang dan bermain air, Anda dapat menikmati lezatnya santapan khas desa yang dijual di warung-warung yang berada di kawasan tersebut.

Klikers, itulah 9 obyek wisata alam di Malang rekomendasi dari kami. Buat Anda yang tidak terlalu menggemari wisata alam, Malang masih menyimpan berbagai obyek wisata lainnya, terutama wisata edutainment. Simak di sini.

Lihat Peta

(marchaela)

Pilihan hotel murah meriah di Malang

PILIHAN HOTEL MURAH MERIAH DI MALANG
2-488
3-722 12-501
Lily Guest House Atria Hotel & Conference MaxOne Hotel Malang
Harga mulai Rp 250.000,- Harga mulai Rp 640.000,- Harga mulai Rp 400.000,-
 Jalan Pasar Besar No. 124 Jl. Letjen S. Parman No. 87 – 89 Jl. Jaksa Agung R. Soeprapto
Klikhotel.com Klikhotel.com Klikhotel.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *