Yuk Main ke 7 Tempat Wisata di Ciwidey!

Hai, Klikers! Apakah kalian sudah pernah berwisata ke Ciwidey? Bagi yang baru pernah mendengar tentang Ciwidey, Ciwidey adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, berbatasan dengan Cianjur. Sebagai salah satu tempat penghasil produk-produk pertanian dan perkebunan, Ciwidey yang memiliki hawa sejuk ini pun menjadi salah satu tempat tujuan wisata. Beberapa tempat wisata di Ciwidey yang menarik untuk dikunjungi adalah:

1. Kawah Putih

kawah-putih

Salah satu tempat wisata di Ciwidey yang paling terkenal adalah Kawah Putih. Kawah Putih adalah sebuah danau kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang di sekitar kawah ini berwarna putih dan mengandung belerang. Salah satu hal yang unik dari Kawah Putih adalah airnya kerap berubah warna. Kawah Putih mulai menjadi lokasi wisata sejak tahun 1987. Anda akan dikenai tarif masuk sebesar Rp 18.000,00. Kawah Putih memiliki panorama danau dan tebing batu kapur yang sangat indah. Karena keindahannya, Kawah Putih sering menjadi lokasi untuk pemotretan pre-wedding. Kawah Putih dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga lima sore. Akan lebih baik bila Anda sampai di sana pada pagi hari.

2. Situ Patenggang

Situ Patenggang
Situ Patenggang
Batu Cinta Situ Patenggang
Batu Cinta Situ Patenggang

Situ Patenggang (atau Situ Patengan) adalah sebuah danau yang menjadi tempat wisata di Ciwidey. Situ Patenggang yang berada di ketinggian 1600 mdpl ini memiliki pemandangan yang indah dan dikelilingi hamparan kebun teh. Nama Situ Patenggang ini berasal dari bahasa sunda pateang-teang (saling menunggu). Legenda menceritakan kisah cinta antara Ki Santang dan Dewi Rengganis yang saling terpisah. Mereka kemudian saling mencari dan menjadi sangat gembira ketika akhirnya mereka saling menemukan. Mereka bertemu di tempat yang dikenal sebagai Batu Cinta. Dewi Rengganis lalu minta dibuatkan danau dan perahu untuk mereka berlayar bersama. Konon, perahu itu lalu menjelma menjadi pulau berbentuk hati (Pulau Asmara). Ada mitos yang mengatakan bahwa mereka yang singgah di Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka cintanya akan abadi seperti Ki Santang dan Dewi Rengganis. Di Situ Patenggang, Anda dapat berperahu mengelilingi danau sembari menikmati hawa sejuk Ciwidey.

3. Taman Wisata Alam Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu
Pemandian Air Panas Cimanggu

Tempat wisata di Ciwidey yang berikutnya adalah Taman Wisata Alam Cimanggu. Taman Wisata Alam Cimanggu ini memiliki suasana yang sangat asri dan menyegarkan berkat pepohonan yang rindang. Di sini juga terdapat pemandian air panas alami yang bersumber dari kaki Gunung Patuha. Air panas Cimanggu ini memiliki kandungan belerang yang dapat menyembuhkan penyakit kulit dan rematik. Ada beberapa jenis kolam air panas di mana Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Selain pemandian air panas, di Taman Wisata Alam Cimanggu juga terdapat playing ground, flying fox, kayak, hi-rope, mini off road dengan ATV, hiking track, dan berkuda. Anda dapat menginap di cottage bergaya rumah tradisional Indonesia.

4. Pemandian Air Panas Ciwalini (Rancawalini)

Perkebunan Teh Rancawalini
Perkebunan Teh Rancawalini
Pemandian Air Panas Ciwalini
Pemandian Air Panas Ciwalini

Selain Pemandian air panas Cimanggu, Ciwidey juga memiliki pemandian air panas Ciwalini. Pemandian air panas Ciwalini terletak di kaki perkebunan teh Walini. Air panasnya juga bersumber dari Gunung Patuha. Di sini terdapat dua buah kolam renang, di mana kolam yang satu memiliki fasilitas yang lebih lengkap dibanding kolam umum. Ada pula Walini Kolam Balita Selain berendam air panas, wisatawan juga dapat menikmati tea walk alias berjalan-jalan di kebun teh. Anda akan diberi welcome drink berupa teh Walini produksi PT Perkebunan Nusantara VIII. Fasilitas lain yang tersedia di Walini adalah flying fox, ATV, gokart, trampoline, dan motorcross.

5. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali (sumber www.rajatourbandung.com)
Perkebunan Teh Rancabali (sumber www.rajatourbandung.com)
Anda dapat menjumpai perkebunan teh Rancabali dalam perjalanan menuju Situ Patenggang. Nikmatilah pemandangan karpet hijau nan indah dari kebun teh Rancabali di tanah yang berkontur bergelombang. Anda juga dapat menjumpai beberapa buah air terjun kecil di tepian deretan pohon-pohon teh. Perkebunan teh Rancabali mengolah komoditi teh dan kina. Dengan ketinggian 1.628 mdpl, suhu di daerah perkebunan berkisar 16 – 26 derajat Celcius. Keindahan perkebunan teh Rancabali ini kerap membuatnya menjadi lokasi foto prewedding. Selain kebun teh, Anda juga dapat menjumpai makam dan rumah peninggalan Bosscha. Anda juga dapat mengunjungi pabrik teh untuk melihat proses pengolahan teh. Jangan lupa siapkan kamera bila Anda berkunjung ke perkebunan teh Rancabali.

 

6. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey
Kebun Strawberry Ciwidey

Selain menikmati pemandangan indah hamparan kebun strawberry, sudah pasti Anda bisa menikmati wisata petik strawberry. Buah-busah strawberry berwarna merah segar dengan ukuran segar membuat tangan ini tak akan tahan untuk tidak memetiknya. Anda dapat menemukan agrowisata petik strawberry ini dalam perjalanan menuju Kawah Putih atau Perkebunan Teh Rancabali. Beberapa kebun strawberry yang dapat Anda temukan adalah Perkebunan Strawberry sekitar Situ Patenggang, kebun strawberry sekitar Rancabali, dan kebun strawberry sekitar Pasir Jambu.

7. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Rancaupas
Rancaupas
Penangkaran Rusa
Penangkaran Rusa

Bumi Perkemahan Ranca Upas berdiri di lahan seluas 215 ha pada ketinggian 1700 mdpl, tepatnya di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey. Di sekitar area, terdapat hutan lindung dengan berbagai flora dan fauna. Di Bumi Perkemahan Ranca Upas, bukan hanya terdapat area perkemahan, namun juga kita dapat melakukan berbagai aktivitas menarik lainnya. Di sini terdapat penangkaran rusa, kolam renang air hangat, kolam renang waterboom, outbond, ATV, water games, dan war games. Bagi Anda yang ingin camping, Anda dapat menyewa peralatan camping di Ranca Upas. Tersedia juga berbagai paket wisata seperti Saba Leweung, Family Camp, Fans Game, Kid Adventure Recreation Education (KARE), Youth Outing, Outdor Training, Corporate Family Gathering, Camp teen, Camp Tour.

Klikers, itulah 7 tempat wisata di Ciwidey. Untuk mencapai Ciwidey, Anda dapat menggunakan angkutan umum. Dari Terminal Leuwi Panjang, naikilah mobil colt/ L300 menuju Terminal Ciwidey. Lalu dari Terminal Ciwidey, Anda bisa naik angkutan umum berwarna kuning jurusan Ciwidey – Situ Patenggang. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, ada empat jalur alternatif, yaitu:

  • Jakarta – Tol Purbaleunyi – Exit Tol Kopo – Gerbang Tol Kopo (belok kanan) – Jalan Kopo – Bihbul – Sayati – Katapang – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey
  • Jakarta – Tol Purbaleunyi – Exit Tol Mohamad Toha – Gerbang Tol Mohamad Toha (belok kanan) – Jalan Moh Toha – Dayeuh Kolot – Bale Endah – Pameungpeuk – Banjaran – Cimaung – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey
  • Jakarta – Tol Purbaleunyi – Exit Tol Buah Batu – Gerbang Tol Buah Batu (belok kanan) – Jalan Ters Buah Batu – Bojongsoang – Bale Endah – Pameungpeuk – Banjaran – Cimaung – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey
  • Jakarta – Tol Purbaleunyi – Arah Pasteur – Exit Baros – Cimahi (belok kanan) – Jl Akses Tol Baros – Belok kanan Jl Leuwigajah – Nanjung – Margaasih – Patrol – Stadion Jalak Harupat – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey.

 

Baca juga: Nikmati Indahnya Alam di 5 Hotel di Ciwidey

(marchaela)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *