GRATIS Voucher KlikHotel Rp 50.000!


Kalau gratis, saya tidak mau

Yuk! Mengenal 10 Jenis Soto Nusantara

Walaupun berbeda-beda tetapi tetap soto jua.

Ya! Itulah semboyan kekayaan kuliner soto nusantara. Walaupun berbeda tempat dan racikannya, tapi soto tetaplah soto. Bagi yang sedang menjalankan puasa Ramadhan, menu ini wajib Anda kenali. Apakah soto-soto ini sudah sesuai dengan kebutuhan berbuka atau sahur Anda. Tapi bagi traveler kuliner sejati, Anda wajib pernah mencoba kesepuluh soto nusantara ini. Berikut 10 soto nusantara yang harus anda kenali, sahabat klikers!

1. Soto Medan

Soto Medan
Soto Medan

Menu pembuka dari kuliner soto nusantara ini adalah Soto Medan. Soto ini cukup kental karena dimasak dengan kuah santan yang sekali perasan. Disajikan dengan perkedel kentang dan kaya akan rempah-rempah. Ada bumbu jintan untuk penyedap selera dan dilengkapi dengan emping, kentang, telur, tomat, dan bawang merah untuk penyajiannya. Biasanya ada dua pilihan antara soto daging atau soto ayam. Beberapa ada pula yang menambahkan tauge dan bihun sebagai pelengkap. Selera orang Medan yang suka dengan makanan berlemak membuat menu ini menjadi satu menu andalan di rumah-rumah makan di kota Medan.

2. Soto Padang

Soto Padang
Soto Padang

Sumatera Barat cukup dikenal sebagai daerah yang memiliki sajian kuliner lezat. Wajar saja kalo daftar deretan soto nusantara ini menempatkan Sumatera Barat dalam salah satu daftar. Soto Padang ini cukup bening dan tak sekental soto Medan. Terbuat dari kaldu sapi, kuah Soto Padang memiliki rasa kecut gurih yang khas karena adanya campuran cuka dalam racikannya. Soto Padang disajikan dengan irisan daging sapi yang telah digoreng kering serta bihun. Soto Padang biasanya ditemani perkedel kentang sebagai pelengkap. Aroma harum Soto Padang ini muncul dari campuran daun jeruk, serai, jahe, dan daun bawang. Padang tak melulu tentang rendang, sob!

3. Soto Betawi

Soto Betawi
Soto Betawi

Nah, ini adalah salah satu soto terfavorit saya sepanjang masa. Walau Soto Betawi ini memiliki kuah cukup berat dan kental tapi kenikmatannya tetap luar biasa. Kekentalan kuah Soto Betawi ini disebabkan penggunaan santan dan susu sehingga menimbulkan citarasa yang sangat gurih.

Soto yang populer di daerah ibu kota Jakarta ini semakin gurih dengan penggunaan jeroan sebagai salah satu bahan utama. Tidak jarang, organ-organ lainnya seperti hati dan mata juga dijadikan isi dari soto tersebut. Cita rasa soto nusantara yang satu ini pun bertambah dengan adanya taburan keripik emping dan acar timun sebagai pelengkap. Walau dara campuran susu dan santan, tapi aroma pala, cengkeh dan kapulaga cukup semerbak di sajian soto ini.

4. Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor
Soto Mie Bogor

Walau berada di kota tetangga Jakarta, namun soto yang satu ini punya cita rasa beda dari Soto Betawi. Soto yang berasal dari daerah Jawa Barat ini adalah Soto Mie Bogor. Sesuai dengan namanya, Soto Mie Bogor menggunakan mie sebagai salah satu bahan utama. Sehingga, sepintas hidangan khas Bogor ini tidak terlihat seperti soto melainkan seperti mie rebus.

Selain penggunaan mie kuning, bahan lainnya yang membuat soto ini cukup unik ialah urat dan kaki sapi, risoles, serta babat. Karena bahan-bahannya yang sudah cukup berat, Soto Mie Bogor seringkali disantap dengan sendirinya tanpa ada tambahan nasi atau ketupat.

5. Soto Bandung

Soto Bandung
Soto Bandung

Masih di provinsi yang sama, tetapi cita rasa dan tampilan soto yang satu ini sudah cukup berbeda. Berkunjunglah ke ibukota Jawa Barat dan Anda akan menemukan Soto Bandung. Bahan-bahan dasar yang digunakan dalam soto Bandung adalah daging sapi dan rempah-rempah khas soto nusantara lainnya. Yang membedakannya dari soto lainnya ialah penambahan tomat, lobak, dan kacang kedelai yang telah digoreng. Kuah soto terasa ringan dan segar karena tidak menggunakan santan. Tambahan lobak di dalam soto ini menjadikan Soto Bandung memiliki cita rasa yang khas dan beda.

6. Soto Lamongan

Soto Lamongan
Soto Lamongan

Terbang ke Jawa Timur dan Anda akan menemui satu soto nusantara yang fenomenal. Soto Lamongan! Soto Lamongan ini adalah satu-satunya soto yang menggunakan bumbu koya, yaitu bubuk gurih yang terbuat dari udang dan bawang dalam penyajiannya. Selain penggunaan koya, ciri khasan Soto Lamongan terletak pada penggunaan ayam kampung karena ayam jenis ini membuat kaldu soto menjadi lebih gurih dan tidak berbau.

Soto khas Jawa Timur ini merupakan jenis soto yang cukup ringan karena kuahnya yang bening dan tidak menggunakan susu maupun santan. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Lamongan untuk mencicipi masakan yang satu ini, karena soto Lamongan sudah tersedia di banyak warung makan di daerah lain.

7. Soto Kudus

Soto Kudus
Soto Kudus

Tak jauh dari Lamongan, kuliner soto nusantara lainnya akan Anda temui di daerah Kudus yang terkenal lewat Soto Kudus. Sama seperti soto nusantara lainnya, Soto Kudus terdiri dari dua jenis yaitu soto ayam dan soto sapi. Dua-duanya memiliki rasa manis gurih yang merupakan ciri khas dari soto Kudus. Selain rasanya yang unik, penyajian soto Kudus pun unik, yaitu di dalam mangkuk berukuran kecil dan dilengkapi dengan irisan ayam goreng, seledri, bawang goreng, bawang putih goreng, dan tauge.

8. Soto Madura

Soto Madura
Soto Madura

Lompat ke seberang pulau Jawa Anda akan menemui soto nusantara bernama Soto Madura. Ya, di Pulau Madura ini Soto Madura menjadi pilihan makanan yang sangat mengenyangkan. Dibandingkan jenis soto nusantara lainnya, Soto Madura merupakan salah satu jenis soto yang memiliki isi paling banyak. Soto Madura berisikan berbagai jeroan sapi seperti babat, paru-paru dan usus sehingga menghasilkan rasa gurih yang khas. Selain jeroan, soto Madura juga dilengkapi dengan berbagai bahan lainnya seperti bihun, kol, telur rebus, ayam dan tauge. Cukup mengenyangkan, bukan?

9. Soto Banjar

Soto Banjar
Soto Banjar

Sumatera, Jawa, Madura, dan saatnya menuju Kalimantan. Soto yang cukup fenomenal dari tanah Borneo ini adalah soto yang berasal dari Suku Banjar. Soto yang disebut Soto Banjar ini dikenal sebagai salah satu soto yang penuh citarasa dan kaya rempah. Soto Banjar menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Dibuat dengan menggunakan aneka jenis rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan biji pala sehingga menghasilkan aroma khas yang kuat dan sangat menggoda. Kuah soto Banjar cenderung pucat dibandingkan dengan soto nusantara lainnya karena tidak menggunakan kunyit dalam pembuatannya. Soto Banjar biasa disajikan dengan ketupat, telur, dan perkedel.

10. Soto Makassar

Coto Makassar
Coto Makassar

Daftar terakhir dari kuliner soto nusantara adalah Soto Makassar dari tanah celebes. Di Makassar, soto ini  disebut juga Coto Makassar. Menu ini merupakan kuliner wajib dicoba bagi siapapun yang berkunjung ke ibu kota Sulawesi Selatan. Jenis soto nusantara yang satu ini memiliki rasa gurih yang khas, karena isinya yang terbuat dari jeroan atau isi perut sapi. Potongan usus, hati dan daging sapi direbus dalam waktu yang cukup lama hingga menghasilkan kaldu yang kuat, lalu diiris tipis dan disajikan bersama ketupat. Memiliki rasa yang tidak familiar di lidah masyarakat Indonesia kebanyakan karena paduan rempah yang cukup banyak.

Nah, untuk menikmati kelezatan sepuluh soto nusantara di atas Anda tak perlu datang ke daerahnya langsung. Karena peminat dan citarasanya yang sudah mengindonesia, maka Anda bisa mencari kuliner soto nusantara di atas di kota-kota besar daerah Anda. Pasti Anda menemukan rumah makan yang menyediakan kuliner khas nusantara di atas. Selamat berwisata kuliner, klikers!

– Yassir Siregar –

Facebook Comment

Related Post

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
IncREDible Price Untuk Semua Hotel Red Planet

Hi, Klikers Survei kami mengatakan bahwa 2 faktor yang paling berpengaruh saat tamu memilih hotel adalah harga yang bersahabat dan review bagus...

Close