FAQ
  1. Pertama anda masuk ke Klikhotel.com/tiket-pesawat
  2. Anda diminta mengisi data kota keberangkatan & tujuan , jenis kepergian (one way atau pulang pergi), tanggal berangkat & kembali , serta jumlah penumpang.
  3. Sistem akan menampilkan hasil pencarian sesuai data yang anda masukkan. Untuk membantu memilih penerbangan, Anda dapat memfilter hasil pencarian berdasarkan waktu dan maskapai.
  4. Anda dipersilahkan untuk memilih, kemudian klik tombol pesan pada penerbangan pilihan Anda.
  5. Pada tahap ini, Anda diminta memasukkan data diri pemesan. Berikutnya, pelanggan diminta untuk mengisikan data Penumpang dengan benar dan lengkap. Bila pemesan juga penumpang, pelanggan dapat melakukan check list pada bagian "Saya termasuk penumpang".
  6. Anda dapat memilih metode pembayaran yang Anda inginkan, kemudian silahkan tekan tombol "lanjutkan pembayaran".
  7. Proses reservasi selesai. Anda dipersilahkan melakukan pembayaran dan jangan lupa lakukan konfirmasi pembayaran!
Selain anda dapat menghemat waktu karena pembelian secara online, Klikhotel.com menggunakan teknologi SSL (Secure Socket Layer) sehingga proses reservasi anda berlangsung aman dan terpercaya selain itu harga di klikhotel.com adalah harga yang apa adanya. Semua harga yang ditampilkan sudah termasuk pajak , IWJR (Iuran Wajib Jasa Raharja dan bagasi.
Dalam satu kali order anda dapat membeli maksimal untuk 7 orang penumpang.
Penumpang bayi adalah mereka yang berusia kurang dari 2 tahun. Rata-rata maskapai penerbangan mengijinkan usia minimum bayi adalah dua minggu (bahkan ada juga yang usia dua hari), namun usia minimum tiga bulan akan lebih aman. Pada usia tiga bulan, daya tahan bayi sudah lebih kuat, termasuk dalam menghadapi perubahan suhu udara. Informasi lebih detil mengenai tips membawa bayi bisa dibaca di Tips Naik Bersama Balita
Penumpang anak adalah mereka yang berusia 2 – 11 tahun.
Kebijakan maskapai untuk penumpang ibu hamil berbeda-beda. Secara garis besar, Ibu hamil dengan usia kehamilan lebih dari 35 minggu sudah tidak diijinkan untuk bepergian menggunakan pesawat. Untuk usia kehamilan diatas 28 minggu sampai kurang dari 35 minggu, Ibu hamil harus membawa surat ijin dari dokter. Selain itu, penumpang juga diminta mengisi formulir pertanggungan risiko Form of Indemnity (FOI) yang membebaskan maskapai dari pertanggungjawaban terhadap hal-hal yang tidak diinginkan selama penerbangan.
Tidak semua maskapai menyediakan fasilitas web check in. Yang menyediakan fasilitas web check in antara lain AirAsia, Lion Air, Batik Air, Wing Air, Garuda Indonesia dan Citilink. Untuk maskapai lainnya, silahkan melakukan check-in langsung di counter maskapai yang ada di bandara. Kebijakan check in setiap maskapai bisa dilihat pada halaman profil maskapai pada link berikut AirAsia, Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, Kalstar, Lion Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Tigerair, Wings Air, Xpress Air, Trigana Air, dan Transnusa Air
Anda dapat menggunakan fitur cek pemesanan, yang dilengkapi dengan fasilitas untuk mencetak ulang voucher untuk order yang telah dibayar pada link berikut.
  1. Siapkan dokumen perjalanan anda, yaitu tiket sesuai tanggal keberangkatan, kartu Identitas dan passport (untuk penerbangan luar negeri).
  2. Antrilah pada check in counter yang sesuai dengan maskapai penerbangan Anda.
  3. Untuk keselamatan penerbangan, laporkan bagasi Anda yang beratnya lebih dari 7 Kg, dan hanya diperkenankan membawa 1 bagasi yang beratnya kurang dari 7 Kg ke dalam kabin pesawat.

Sebelum melakukan proses check in, penumpang terlebih dahulu harus melewati proses drop off dan security check. Beberapa airport menyediakan fasilitas drop off zone, yaitu area yang disediakan bagi kendaraan untuk menurunkan penumpang yang akan berangkat. Yang harus diperhatikan pada tahapan security check, yaitu:

  1. Siapkan dokumen perjalanan Anda, yaitu tiket sesuai tanggal keberangkatan, kartu identitas dan passport (untuk penerbangan luar negeri).
  2. Seluruh barang bawaan wajib diperiksa melalui mesin x-ray.
  3. Untuk kelancaran proses pemeriksaan, agar seluruh benda logam seperti telepon genggam, kunci, dan lain sebagaimnya dimasukkan ke dalam tas.
  4. Seluruh penumpang wajib melalui Walk Through Metal Detector (WTMD).
  5. Apabila diperlukan, penumpang dan barang bawaan dapat diperiksa secara manual oleh Petugas Sekuriti Bandara.
  6. Laporkan kepada Petugas Sekuriti Bandara apabila Anda menggunakan alat pacu jantung atau membawa senjata api.
  7. Tidak diperkenankan membawa serta benda tajam dan barang berbahaya, seperti pisau, pisau lipat, alat pemotong kuku, cutter, korek api, korek gas, dan sebagainya.
Tidak bisa. Untuk melakukan pembatalan dan refund, customer harus kontak langsung maskapai yang bersangkutan. Daftar kontak maskapai bisa dilihat pada link berikut. Untuk mendapatkan informasi lebih detil mengenai kebijakan cancelation dan refund, silahkan akses halaman profil maskapai pada link berikut AirAsia, Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, Kalstar, Lion Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Tigerair, Wings Air, Xpress Air, Trigana Air, dan Transnusa Air
Layanan perubahan nama, rute atau tanggal hanya dapat dilayani langsung oleh masing-masing maskapai. Petunjuk detil perubahan serta alamat kontak untuk masing-masing maskapai bisa dilihat di profil maskapai. Untuk mendapatkan informasi lebih detil, silahkan akses halaman profil maskapai pada link berikut AirAsia, Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, Kalstar, Lion Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Tigerair, Wings Air, Xpress Air, Trigana Air, dan Transnusa Air
AirAsia 021-29270999
Batik Air 021-63798000
Citilink 0804-1-08-08-08
Garuda Indonesia 0804-1-807-807 dan +62 21 2351-9999
Kalstar 021-2934-3400
Lion Air 0804-1-77-88-99
Sriwijaya Air 0804-1-777-777 dan 021-29279777
Nam Air 0804-1-777-777
Tigerair 021-29396688
Wings Air 0804-1-77-88-99
Xpress Air 500 890
Anda bisa melakukan penambahan berat bagasi lewat website maskapai yang bersangkutan atau lewat counter dari masing-masing maskapai. Selain bagasi, beberapa maskapai juga menyediakan penjualan servis tambahan seperti makanan dan selimut.
Untuk alasan keamanan dan keselamatan, benda berbahaya seperti yang disebutkan berikut ini tidak diperbolehkan untuk dibawa dalam bagasi penumpang (terdaftar maupun tidak):

  • Material korosif
  • Material radioaktif
  • Zat menular
  • Zat oksidasi
  • Gas bertekanan (mudah terbakar, beracun)
  • Bahan magnetik
  • Bahan peledak
  • Bahan Cair mudah terbakar
  • Bahan Padat mudah terbakar
  • Es kering dan bahan bakar
  • Senjata api dan amunisi
  • Senjata api antik, alat pengejut listrik, pedang pisau dan benda serupa
  • Obat-obatan dan perlengkapan mandi dalam jumlah terbatas yang dibutuhkan selama perjalanan anda dapat dibawa ke dalam pesawat; misalnya semprotan rambut, parfum, dan obat-obatan yang mengandung alkohol. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh berdasarkan permintaan.
  • Benda-benda yang dapat mengembang, termasuk bola tiup untuk olahraga seperti basket, tidak diperbolehkan dibawa ke dalam pesawat kecuali apabila telah sepenuhnya dikempiskan sebelum menaiki pesawat.

Informasi lebih detil bisa lihat di Benda Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Pesawat

Penggunaan perangkat elektronik portabel tertentu dilarang di dalam pesawat karena dapat mengakibatkan gangguan pada sistem navigasi pesawat dan harus dimatikan pada saat persiapan lepas landas, lepas landas dan pendaratan.

Perangkat elektronik portabel yang dilarang untuk digunakan adalah:

  • Radio & pemancar seperti televisi, radio AM atau FM atau radio digital, walkiet-alkie, radio amatir, radio CB dan mainan yang dikendalikan oleh remote control.
  • Perangkat yang terhubung dengan jaringan data seperti perangkat LAN.
  • Perangkat rumah tangga seperti pembersih udara; rokok dan pemijat elektrik; pemanas air, setrika, pengering rambut dan adaptor.

Perangkat elektronik portabel kecil seperti ponsel , tablet, eBook dalam kondisi “Mode Penerbangan” dengan tidak mengaktifkan fungsi Wi-FI dapat digunakan selama penerbangan. Perangkat seperti permainan elektronik, pemutar music, kamera digital, alat perekam video, kalkulator, alat cukur elektronik, pompa ASI dan termometer digital dapat digunakan selama penerbangan.

Alat elektronik yang lebih besar seperti laptop, alat pemutar DVD portabel hanya dapat digunakan selama boarding dan di dalam pesawat. Alat-alat tersebut harus disimpan pada saat persiapan lepas landas, lepas landas dan pendaratan. Pada saat digunakan alat harus dalam kondisi “Mode Penerbangan” dan semua fungsi transmisi seperti Bluetooth dan Wi-FI harus dimatikan.